IDENTIFIKASI KANDUNGAN FORMALIN DAN BORAKS PADA IKAN ASIN DI PASAR TRADISIONAL KARANGREJO KECAMATAN BANYUWANGI

  • Siti Tsaniyatul Miratis Sulthoniyah Universitas PGRI Banyuwangi
  • Nandya Fitri Rachmawati Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: Ikan Asin, Formalin, Boraks

Abstract

Ikan asin merupakan salah satu produk olahan hasil perikanan yang mudah ditemukan pada hampir seluruh Indonesia. Kemudahan dalam pembuatan dan penyimpanan membuat banyak nelayan memilih cara tersebut guna mengawetkan ikan. Namun, karena ikan merupakan salah satu pangan yang mudah rusak membuatnya menjadi tidak memiliki daya tahan yang lama sehingga membuat produsen mencari cara untuk mengawetkan dengan harga yang murah. Salah satunya dengan menggunakan bahan tambahan pangan yang dilarang penggunaannya, yaitu formalin dan boraks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui ada dan tidaknya kandungan formalin dan boraks di ikan asin yang dijual di Pasar Karangrejo Kecamatan Banyuwangi. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode simple random sampling dengan mengambil ikan asin berbagai jenis di Pasar Tradisional Karangrejo. Sampel kemudian dilakukan uji formalin dengan Kit Formalin dan larutan Kalium Permanganat (KMnO4), sedangkan uji boraks dilakukan dengan menggunakan Kertas Turmerik. Hasil uji Formalin menunjukkan bahwa masih ditemukan adanya penggunaan formalin dan boraks pada ikan asin yang dijual di pasar tradisional Karangrejo,  Kecamatan Banyuwangi.

Author Biographies

Siti Tsaniyatul Miratis Sulthoniyah, Universitas PGRI Banyuwangi

Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian

Nandya Fitri Rachmawati, Universitas PGRI Banyuwangi

Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian

References

Fatimah, S., Astuti, D. W., & Awalia, N. H. (2017). Analisis Formalin pada Ikan Asin di Pasar Giwangan dan Pasar Beringharjo Yogyakarta. Analit: Analytical and Environmental Chemistry, 2(1), 22-28.
Hartati, F. K. (2017). Analisis Boraks secara Cepat, Mudah dan Murah pada Kerupuk. Jurnal Teknologi Proses dan Inovasi Industri, 2(1), 34-37.
Hastuti, S. (2010). Analisis Kualitatif dan Kuantitatif Formaldehid pada Ikan Asin di Madura. Agrointek, 4(2), 132-137.
Junaini, Wibowo, M. A., & Riyanto, R. (2016). Uji Kualitatif Kandungan Formaldehid Alami pada Ikan patin Jambal (Pangasisus djambal) selama Penuimpanan Suhu Dingin Menggunakan Test Kit Antilin. Jurnal Kimia Khatulistiwa, 5(3), 8-12.
Manoppo, G., Abidjulu, J., & Wehantouw, F. (2014). Analisis Formalin pada Buah Impor di Kota Manado. Pharmacon Jurnal Ilmiah Farmasi, 3(3), 148-155.
Ma'ruf, H., Sangi, M. S., & Wuntu, A. D. (2017). Analisis Kandungan Formalin dan Boraks pada Ikan Asin dan Tahu dari Pasar Pinasungkulan Manado dan Pasar Beriman Tomohon. Jurnal MIPA Unsrat, 6(2), 24-28.
Pandie, T., Wuri, D. A., & Ndaong, N. A. (2014). Identifikasi Boraks, Formalin dan Kandungan Gizi serta Nilai Tipe pada Bakso yang Dijual di Lingkungan Perguruan Tinggi di Kota Kupang. Jurnal Kajian Veteriner, 2(2), 183-192.
Ratrinia, P. W., Sumartini, & Bonita, L. (2020). Kajian Kandungan Formalin dan Boraks pada Ikan Asin Pasar Tembilahan Indragiri Hilir. Jurnal Perikanan dan Kelautan, 10(2), 209-218.
Sari, A. N., Anggraeyani, D., Fautama, F. N., Dirayanthi, M., Misdal, Marfani, N. A., Usliana, U. (2017). Uji Kandungan Formalin pada Ikan Asin di Pasar Tradisional Kota Banda Aceh. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 5(1), 306-310
Published
2022-07-29
How to Cite
SulthoniyahSiti Tsaniyatul Miratis, and RachmawatiNandya Fitri. 2022. “IDENTIFIKASI KANDUNGAN FORMALIN DAN BORAKS PADA IKAN ASIN DI PASAR TRADISIONAL KARANGREJO KECAMATAN BANYUWANGI”. JURNAL LEMURU 4 (2), 78-83. https://doi.org/10.36526/lemuru.v4i2.2088.

Most read articles by the same author(s)