PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI BUDIKDAMBER UPAYA PEMENUHAN GIZI IKAN DIMASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN TAMAN BARU KECAMATAN BANYUWANGI

  • Nadya Adharani
Keywords: Budikdamber, Gizi Ikan, Covid-19, Banyuwangi

Abstract

Bulan Maret 2020 Indonesia dilanda wabah penyakit membahayakan yakni adanya virus corona disease atau yang sering disebut pandemic covid-19. Meningkatnya masyarakat Indonesia yang terkonfirmasi positif corona menyebabkan pemberlakukan social distancing sangat ketat di seluruh wilayah atau yang dikenal dengan peraturan PSBB. Tentu pandemic Covid-19 berdampak buruk disemua sektor, terutama pada sektor ekonomi dan pangan.  Salah satu daerah yang berdampak dari pandemic Covid-19 adalah Desa Tamanbaru Kecamatan Banyuwangi, sebagai langkah awal untuk penguatan ekonomi dan pangan di Desa Tamanbaru Banyuwangi maka dilakukan pelatihan dan penyuluhan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat Program Studi Teknologi Hasil Perikanan UNIBA melalui program Budikdamber (Budidaya Ikan dan Tanaman Dalam Ember), budikdamber merupakan perpaduan teknik pertanian dan perikanan yang membutuhkan modal cukup murah dan mudah. Komoditas ikan yang di budidaya adalah ikan lele dan menggunakan tanaman kangkung. Kelompok masyarakat di Desa Tamanbaru Kabupaten Banyuwangi telah berhasil dengan program budikdamber sehingga mampu menciptakan peluang usaha dan mempertahankan gizi pangan ditengah masa pandemic Covid-19.

References

Febri, S.P., Alham, F., Afriani, A. 2019. Pelatihan BUDIKDAMBER (Budidaya Ikan Dalam Ember) Di Desa Tanah Terban Kecamatan Karang Baru.
Saputri., Sherina A.D., Dessy R. 2020. Budidaya Ikan Dalam Ember: Strategi Keluarga Dalam Rangka Mempertahankan Ketahanan Pangan Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Perikanan Tirtayasa. Vol. 2(1): 103.
Supendi., Maulana, M.R., Fajar, S. 2015. Teknik Budidaya Yumina sistem Aliran Atas di Bak Terpal. Buletin Teknik Literatur Akuakultur. Vol. 13(1): 101-106.
Susetya., I.E., Zulham A.H. 2020. Aplikasi Budikdamber (Budidaya Ikan Dalam Ember) Untuk keterbatasan Lahan Budidaya Di Kota Medan. ADIMAS TALENTA. Vol. 3(2): 416-420
Published
2021-03-31
How to Cite
Adharani, Nadya. 2021. “PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI BUDIKDAMBER UPAYA PEMENUHAN GIZI IKAN DIMASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN TAMAN BARU KECAMATAN BANYUWANGI”. JURNAL LEMURU 3 (1), 1-7. https://doi.org/10.36526/lemuru.v3i1.1272.