Pengembangan Main Game Bareng Olahraga (Mabor) Berbasis Canva untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik dan Kreativitas Siswa SMP Negeri 1 Pamekasan
DOI:
https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i2.5998Keywords:
MABOR; Canva; Keterampilan Motorik; Kreativitas; Pembelajaran PJOKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif berupa permainan edukatif berjudul “Main Game Bareng Olahraga” (MABOR) berbasis Canva, yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan motorik dan kreativitas siswa di SMP Negeri 1 Pamekasan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan akan media pembelajaran interaktif dan menyenangkan yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas VII. Alat yang digunakan meliputi observasi, kuesioner, dan tes keterampilan. Hasil menunjukkan bahwa pengembangan media MABOR berbasis Canva dianggap sangat layak berdasarkan validasi oleh ahli materi pelajaran dan ahli media. Implementasi produk menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan motorik (33,8%) dan kreativitas siswa (31,8%) setelah menggunakan media ini. Permainan yang dikembangkan melalui platform Canva mampu menciptakan suasana belajar yang aktif, kolaboratif, dan menyenangkan. Oleh karena itu, media MABOR berbasis Canva dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PJOK di tingkat sekolah menengah pertama (SMP).
References
Ashillah, S., Adventino Gulo, S., Rahmi, Y., & Yandra Niska, D. (2025). Implementasi Algoritma Pengolahan Citra Digital untuk Perbaikan Kualitas Gambar. Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer Dan Kecerdasan Buatan), 8(3), 274–280. https://doi.org/10.47970/siskom-kb.v8i3.823
Budiman, A. (2017). Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan Global. Andi Publisher.
Dewi, A. K., Ahmad, H. A., & Syarief, A. (2017). Persepsi Audiens Terhadap Penerapan Ciri Gerak Pada Iklan Cetak. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 2(02), 129–147. https://doi.org/10.25124/demandia.v2i02.931
Fadil, K., Amran, A., & Alfaien, N. I. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mewujudkan Suistanable Developments Goal’s. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(2).
Hakim, L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran. Deepublish.
Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Hasnawiyah, H., & Maslena, M. (2024). Dampak Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Prestasi Belajar Sains Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(2), 167–172. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p167-172
Kusrianto, A. (2013). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Andi.
Letek, M. R., & Permana, N. S. (2023). Penggunaan Media Presentasi Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa/Siswi Sekolah Dasar. CREDENDUM: Jurnal Pendidikan Agama, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.34150/credendum.v5i2.764
Munib. (2004). Pendidikan: Upaya Sistematis dalam Pembentukan Karakter. Unnes Press.
Maharani, R. R., & Saputri, Y. D. (2024). Analisis Peran dan Pengaruh Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(3), 83-90.
Nurlita, R. F., & Aziz, M. I. M. (2024). Active Learning Through Movement: Exploring Motor-Cognitive Relationships In The Context Of Physical Education. Journal Physical Health Recreation (JPHR), Volume 4 N, 494–504. https://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JP
Nurulita, R. F., Arfanda, P. E., & Rahmi, S. (2025). Efektivitas Senam Aerobik untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Remaja di Kota Makassar. Jurnal Dunia Pendidikan, 5(6), 2394-2401.Rani Simanjuntak, Cindy Aritonang, Aman Simaremare, & Elya Siska Angraini. (2024). Peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Interaksi Efektif Dalam Pembelajaran. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 2(3), 47–53. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v2i3.874
Rts Rista Maharani, & Yupita Dwi Saputri. (2024). Analisis Peran dan Pengaruh Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(3), 83–90. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i3.614
Rohmiasih, C., & Sartika, S. (2023, December). Pemanfaatan media pembelajaran Canva sebagai upaya mewujudkan transformasi pendidikan. In Prosiding Seminar Nasional Kemahasiswaan (Vol. 1, No. 1, pp. 69-73).
Rambe, R. N., Lubis, A. A., Suaimah, N., & Siregar, P. S. (2023). Aplikasi Canva Sebagai Media Ajar Poster Pada Siswa Smp, Mengunakan Metode Systematic Literature Review. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3), 198-211.
Safa’at, A. H., Firdaus, R., & Herpratiwi, H. (2024). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Didaktika, 4(4), 358–367. https://doi.org/10.17509/didaktika.v4i4.76609
Simanjuntak, R., Aritonang, C., Simaremare, A., & Angraini, E. S. (2024). Peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Interaksi Efektif Dalam Pembelajaran. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 2 (3), 47–53.
Syahid, I. M., Istiqomah, N. A., & Azwary, K. (2022). Model Addie dan Assure dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 258–268. https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr
Zulhilmi, F., & Suneki, S. (2024). Implemantasi Aplikasi Canva Dalam Mendukung Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa SMPN 6 Semarang. Jurnal Kewarganegaraan, 8(1), 340-348.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dila Febrio Mirdianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

.png)
.png)



.png)


.png)
