Pengembangan Board Game Jumanji Physical Fitness sebagai Inovasi Pembelajaran PJOK

Authors

  • Martinus Ludira Imok Putra Prodi Pendidikan Jasmani, Program Magister FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Suharti Prodi Pendidikan Jasmani, Program Magister FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Muhammad Muhyi Prodi Pendidikan Jasmani, Program Magister FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i2.6260

Keywords:

Media Pembelajaran; Board Game; PJOK; Tabata; Kebugaran Jasmani; ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif berupa Board Game Jumanji Physical Fitness untuk mendukung pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di tingkat SMP. Media ini dirancang sebagai solusi atas rendahnya motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran PJOK yang masih bersifat konvensional dan kurang variatif. Produk ini memadukan unsur permainan, latihan fisik berbasis tabata workout, dan musik ritmis untuk menciptakan pengalaman belajar yang aktif, menyenangkan, dan bermakna. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Kristen YSKI Semarang. Validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan kategori “sangat layak”, dan respons siswa menunjukkan penerimaan yang positif terhadap media ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Board Game Jumanji Physical Fitness layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam PJOK, terutama untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa.

References

Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Asman, A, and D.S Dewi. 2022. Pelatihan Media Board Game Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Cahaya Mandalika 4(2): 44–50.

Azis, Zainal. 2024. Development of Jumanji Mathematics Cultural Diversity-Based Board Game Learning Media. 5(1): 1–11. doi:10.55311/aioes.v5i1.277.

Branch, R.M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. Boston: Springer US.

Erlina, Erlina Erlina. 2017. “Inovasi Pembelajaran Melalui Penelitian Dan Pengembangan Bahan Ajar.” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 8(1): 121–48. doi:10.24042/albayan.v8i1.356.

Muhyi, A., et al. (2023). Peran Guru dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan, 14(4), 75-85

Mulyati, Evi, and Lilis Suryani. 2023. “Penggunaan Media Board Game Dan Aplikasi Quizziz Dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(11): 8718–29. doi:10.54371/jiip.v6i11.2690.

Sari, Fitri Febiyola, and Sisca Devy. 2022. “Tabata Workout Dan Peningkatan VO2Max Pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara.” Jik Jurnal Ilmu Kesehatan 6(1): 115. doi:10.33757/jik.v6i1.501.

Sari, Yayang Yulia, Dhitia Putri Ulfani, Muhammad Ramos, and Padli. 2024. “Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar.” Jurnal Tunas Pendidikan 6(2): 478–88. doi:10.52060/pgsd.v6i2.1657.

Winatha, Komang Redy, and I Made Dedy Setiawan. 2020. “Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 10(3): 198–206. doi:10.24246/j.js.2020.v10.i3.p198-206.

Wulandari, Agustina Dwi. 2020. “Game Edukatif Sejarah Komputer Menggunakan Role Playing Game (RPG) Maker Xp Sebagai Media Pembelajaran Di SMP Negeri 2 Kalibawang.” Eprints UNY 4(1): 1–18.

Yuliana, Afid, and Sugiharto. 2019. “Survei Tes Tingkat Kebugaran Jasmani Atlet SSB Putra Tugumuda Semarang Usia 14 Tahun.” Journal of Sport Sciences and Fitness 5(1): 14–18. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jssf.

Yuliatun, T., and E. Istiyono. 2017. “Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Media Permainan Jumanji Untuk Mengukur Penguasaan Materi Fisika Dan Pencapaian Minat Belajar Peserta Didik SMA.” Jurnal Pendidikan Fisika 6 (7).

Yuliatun, Tutik, Kristina Uskenat, and Selestina Kostaria Jua. 2023. “Pengembangan Tes IPA Dua Tingkat Berbasis Permainan Jumanji Untuk Mengukur Pemahaman Konsep.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 13(1): 39–47.

Additional Files

Published

2025-11-03

How to Cite

Putra, M. L. I., Suharti, & Muhyi, M. (2025). Pengembangan Board Game Jumanji Physical Fitness sebagai Inovasi Pembelajaran PJOK. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 10(2), 269–273. https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i2.6260

Most read articles by the same author(s)