Pengembangan Board Game Jumanji Physical Fitness sebagai Inovasi Pembelajaran PJOK
DOI:
https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i2.6260Keywords:
Media Pembelajaran; Board Game; PJOK; Tabata; Kebugaran Jasmani; ADDIEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif berupa Board Game Jumanji Physical Fitness untuk mendukung pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di tingkat SMP. Media ini dirancang sebagai solusi atas rendahnya motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran PJOK yang masih bersifat konvensional dan kurang variatif. Produk ini memadukan unsur permainan, latihan fisik berbasis tabata workout, dan musik ritmis untuk menciptakan pengalaman belajar yang aktif, menyenangkan, dan bermakna. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Kristen YSKI Semarang. Validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan kategori “sangat layak”, dan respons siswa menunjukkan penerimaan yang positif terhadap media ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Board Game Jumanji Physical Fitness layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam PJOK, terutama untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa.
References
Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Asman, A, and D.S Dewi. 2022. Pelatihan Media Board Game Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Cahaya Mandalika 4(2): 44–50.
Azis, Zainal. 2024. Development of Jumanji Mathematics Cultural Diversity-Based Board Game Learning Media. 5(1): 1–11. doi:10.55311/aioes.v5i1.277.
Branch, R.M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. Boston: Springer US.
Erlina, Erlina Erlina. 2017. “Inovasi Pembelajaran Melalui Penelitian Dan Pengembangan Bahan Ajar.” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 8(1): 121–48. doi:10.24042/albayan.v8i1.356.
Muhyi, A., et al. (2023). Peran Guru dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan, 14(4), 75-85
Mulyati, Evi, and Lilis Suryani. 2023. “Penggunaan Media Board Game Dan Aplikasi Quizziz Dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(11): 8718–29. doi:10.54371/jiip.v6i11.2690.
Sari, Fitri Febiyola, and Sisca Devy. 2022. “Tabata Workout Dan Peningkatan VO2Max Pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara.” Jik Jurnal Ilmu Kesehatan 6(1): 115. doi:10.33757/jik.v6i1.501.
Sari, Yayang Yulia, Dhitia Putri Ulfani, Muhammad Ramos, and Padli. 2024. “Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar.” Jurnal Tunas Pendidikan 6(2): 478–88. doi:10.52060/pgsd.v6i2.1657.
Winatha, Komang Redy, and I Made Dedy Setiawan. 2020. “Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 10(3): 198–206. doi:10.24246/j.js.2020.v10.i3.p198-206.
Wulandari, Agustina Dwi. 2020. “Game Edukatif Sejarah Komputer Menggunakan Role Playing Game (RPG) Maker Xp Sebagai Media Pembelajaran Di SMP Negeri 2 Kalibawang.” Eprints UNY 4(1): 1–18.
Yuliana, Afid, and Sugiharto. 2019. “Survei Tes Tingkat Kebugaran Jasmani Atlet SSB Putra Tugumuda Semarang Usia 14 Tahun.” Journal of Sport Sciences and Fitness 5(1): 14–18. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jssf.
Yuliatun, T., and E. Istiyono. 2017. “Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Media Permainan Jumanji Untuk Mengukur Penguasaan Materi Fisika Dan Pencapaian Minat Belajar Peserta Didik SMA.” Jurnal Pendidikan Fisika 6 (7).
Yuliatun, Tutik, Kristina Uskenat, and Selestina Kostaria Jua. 2023. “Pengembangan Tes IPA Dua Tingkat Berbasis Permainan Jumanji Untuk Mengukur Pemahaman Konsep.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 13(1): 39–47.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Martinus Ludira Imok Putra, Suharti, Muhammad Muhyi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

.png)
.png)



.png)


.png)
