Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Sirkuit TrainingTerhadap Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK

  • Rina Eva Rina Marpaung Prodi Pendidikan Jasmani Program Magister Fakultas Keguruan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Suharti Suharti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Muhammad Muhyi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Latihan Permainan Sirkuit; Kebugaran Jasmani; Motivasi Belajar

Abstract

Hasil pegembangan penelitian ini untuk mengevaluasi dampak model pembelajaran sirkuit permainan terhadap kebugaran jasmani dan motivasi belajar siswa dalam konteks pembelajaran PJOK. Penelitian ini merupakan penelitian pegembangan, mengadopsi pada pendekatan pengembangan ADDIE, yang melibatkan tahapan antara lain analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil Penelitian untuk  pengembangkan permainan sirkuit training untuk meningkatkan kebugaran dan motivasi siswa. Pada penelitian pengembangan ini terdapat  33 siswa kelas 8  di SMP Negeri 2 Sedati. Selama penelitian ada 12 kali pertemuan. Pengambilan data kebugaran jasmani pada penelitian ini mengunakan Tes Kebugaran Jasmani  PJOK dengan (TKJI) sedangkan untuk megetahui motivasi siswa mengunakan angket motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Pembelajaran berbasis permain sirkuit training mendapatkan hasil sebagai berikut, terdapat 4 siswa mendapat klasifikasi sangat baik dengan  jumlah nilai  22-25, selanjutya 17 siswa mendapat klasifikasi baik dengan jumlah nilai  18-21, serta 12 siswa mendapat klasifikasi sedang dengan jumlah nilai 14-17, untuk klasifikasi kurang dan sangat kurang tidak ada. Sedangkan motivasi belajar mendapatkan nilai sebesar 86,55% . Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motovasi belajar dan model pembelajaran permainan sirkuit dalam pembelajaran PJOK meningkat.

References

Aldoobie, N. (2015). ADDIE model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68–72.

Aljuklan, M. R. (2023). Pengaruh Circuit Training dan Interval Training terhadap Kebugaran Kardiorespirasi Siswa SMA Ditinjau dari Indeks Massa Tubuh. Universitas Negeri Yogyakarta.

Beauty, T. R. C., Nurhasan, N., & Tuasikal, A. R. S. (2020). Pengaruh model pembelajaran permainan sirkuit terhadap peningkatan kebugaran jasmani dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 499–507.

Cahayani, I. G., Destriana, D., & Aryanti, S. (2023). Latihan lari zig-zag terhadap hasil kelincahan pemain futsal academy women bigreds palembang. . . Journal of Sport Science and Fitness, 9(1), 27–33. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jssf.v9i1.68740

Darmawan, A. D., Putra, R. T., Lisdiantoro, G., & Susanto, L. (2023). Circuit Training Training Assistance for Madiun City Science Society Tutoring Students. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 654–664. https://doi.org/10.36526/gandrung.v4i1.2414

Dhuha, A. A. (2020). Pengaruh Metode Latihan Daya Tahan dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Peningkatan Vo2max Pada Atlet PDBI Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Ginting, S. D. (2022). Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Di Desa Bayat Kecamatan Belantikan Raya. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(2), 172–183. https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i2.2155

Hakim, A. L., Subandowo, M., & Rohman, U. (2020). Pengaruh Circuit Training Dan Interval Training Dalam Tes Kebugaran Jasmani Pada Ektrakurikuler Futsal Siswa Smp. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(1), 86–95. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i1.847

Hasibuan, D. A., Adi, S., Wahyudi, N. T., & Raharjo, S. (2023). Pengaruh Variasi Latihan Ladder Drill Terhadap Kelincahan Pemain Ekstrakurikuler Futsal SMA Negeri 6 Malang. NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Keolahragaan, 1(04), 166–176.

Muhyi, M., & Hakim, L. (2024). Mitigasi Bencana Dengan PJOK Aktif. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Muhyi, M., Utomo, G. M., Yasa, I. G. D. U., Verianti, G., Hakim, L., Prastyana, B. R., & Hanafi, M. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran PJOK AKTIF ( Asyik, Karakter, Terukur, Inovatif dan Fit) di Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada Fase B Kurikulum Merdeka Di Tingkat Sekolah Dasar. Jendela Olahraga, 8(1), 212–221. https://doi.org/10.26877/jo.v8i1.14382

Munte, B., & Samosir, D. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Belajar Siswa (Kasus SMP Swasta HKBP Pematangsiantar). Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(3), 165–178.

Pambudi, M. I., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 110. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11906

Suharjana. (2018). Latihan Beban untuk Kebugaran Kesehatan dan Performa Atlet. Pohon Cahaya.

Utomo, S. (2022). Hubungan Kebugaran Jasmani, Motivasi Belajar, Kecerdasan Intelektual, dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Peserta Didik Kelas Khusus Olahraga Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wulandari, & Jariono, G. (2022). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Porkes, 5(1), 245–259. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5493

Published
2025-04-16
How to Cite
Marpaung, R. E. R., Suharti, S., & Muhyi, M. (2025). Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Sirkuit TrainingTerhadap Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 10(1), 14-18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i1.4928