Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Sirkuit TrainingTerhadap Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK
Abstract
Hasil pegembangan penelitian ini untuk mengevaluasi dampak model pembelajaran sirkuit permainan terhadap kebugaran jasmani dan motivasi belajar siswa dalam konteks pembelajaran PJOK. Penelitian ini merupakan penelitian pegembangan, mengadopsi pada pendekatan pengembangan ADDIE, yang melibatkan tahapan antara lain analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil Penelitian untuk pengembangkan permainan sirkuit training untuk meningkatkan kebugaran dan motivasi siswa. Pada penelitian pengembangan ini terdapat 33 siswa kelas 8 di SMP Negeri 2 Sedati. Selama penelitian ada 12 kali pertemuan. Pengambilan data kebugaran jasmani pada penelitian ini mengunakan Tes Kebugaran Jasmani PJOK dengan (TKJI) sedangkan untuk megetahui motivasi siswa mengunakan angket motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Pembelajaran berbasis permain sirkuit training mendapatkan hasil sebagai berikut, terdapat 4 siswa mendapat klasifikasi sangat baik dengan jumlah nilai 22-25, selanjutya 17 siswa mendapat klasifikasi baik dengan jumlah nilai 18-21, serta 12 siswa mendapat klasifikasi sedang dengan jumlah nilai 14-17, untuk klasifikasi kurang dan sangat kurang tidak ada. Sedangkan motivasi belajar mendapatkan nilai sebesar 86,55% . Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motovasi belajar dan model pembelajaran permainan sirkuit dalam pembelajaran PJOK meningkat.
References
Aldoobie, N. (2015). ADDIE model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68–72.
Aljuklan, M. R. (2023). Pengaruh Circuit Training dan Interval Training terhadap Kebugaran Kardiorespirasi Siswa SMA Ditinjau dari Indeks Massa Tubuh. Universitas Negeri Yogyakarta.
Beauty, T. R. C., Nurhasan, N., & Tuasikal, A. R. S. (2020). Pengaruh model pembelajaran permainan sirkuit terhadap peningkatan kebugaran jasmani dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 499–507.
Cahayani, I. G., Destriana, D., & Aryanti, S. (2023). Latihan lari zig-zag terhadap hasil kelincahan pemain futsal academy women bigreds palembang. . . Journal of Sport Science and Fitness, 9(1), 27–33. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jssf.v9i1.68740
Darmawan, A. D., Putra, R. T., Lisdiantoro, G., & Susanto, L. (2023). Circuit Training Training Assistance for Madiun City Science Society Tutoring Students. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 654–664. https://doi.org/10.36526/gandrung.v4i1.2414
Dhuha, A. A. (2020). Pengaruh Metode Latihan Daya Tahan dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Peningkatan Vo2max Pada Atlet PDBI Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Ginting, S. D. (2022). Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Di Desa Bayat Kecamatan Belantikan Raya. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(2), 172–183. https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i2.2155
Hakim, A. L., Subandowo, M., & Rohman, U. (2020). Pengaruh Circuit Training Dan Interval Training Dalam Tes Kebugaran Jasmani Pada Ektrakurikuler Futsal Siswa Smp. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(1), 86–95. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i1.847
Hasibuan, D. A., Adi, S., Wahyudi, N. T., & Raharjo, S. (2023). Pengaruh Variasi Latihan Ladder Drill Terhadap Kelincahan Pemain Ekstrakurikuler Futsal SMA Negeri 6 Malang. NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Keolahragaan, 1(04), 166–176.
Muhyi, M., & Hakim, L. (2024). Mitigasi Bencana Dengan PJOK Aktif. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Muhyi, M., Utomo, G. M., Yasa, I. G. D. U., Verianti, G., Hakim, L., Prastyana, B. R., & Hanafi, M. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran PJOK AKTIF ( Asyik, Karakter, Terukur, Inovatif dan Fit) di Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada Fase B Kurikulum Merdeka Di Tingkat Sekolah Dasar. Jendela Olahraga, 8(1), 212–221. https://doi.org/10.26877/jo.v8i1.14382
Munte, B., & Samosir, D. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Belajar Siswa (Kasus SMP Swasta HKBP Pematangsiantar). Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(3), 165–178.
Pambudi, M. I., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 110. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11906
Suharjana. (2018). Latihan Beban untuk Kebugaran Kesehatan dan Performa Atlet. Pohon Cahaya.
Utomo, S. (2022). Hubungan Kebugaran Jasmani, Motivasi Belajar, Kecerdasan Intelektual, dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Peserta Didik Kelas Khusus Olahraga Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Wulandari, & Jariono, G. (2022). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Porkes, 5(1), 245–259. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5493
Copyright (c) 2025 Rina Eva Rina Marpaung, Suharti Suharti, Muhammad Muhyi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.