https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/issue/feed Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) 2025-04-23T23:18:42+00:00 Jurnal Kejaora Universitas PGRI Banyuwangi ejournal@unibabwi.ac.id Open Journal Systems <div style="background-color: #85c1e9; border: 3px solid #4976fd; border-radius: 5px; text-align: justify; padding: 5px; font-family: sans-serif; font-size: 14px; margin-left: 0px;">Kejaora Journal is a collection of research results journals, literature studies and scientific works in the fields of sports education, sports coaching, sport tourism, and traditional sports. Published periodically twice per year in April and November by the Department (Study Program) of Physical Education Health and Recreation, Faculty of Sports and Health, PGRI Banyuwangi University.</div> https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/4609 Eksplosif Power Otot Tungkai dan Kekuatan Otot Perut Siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga Bola Voli 2025-04-23T23:18:42+00:00 Abdulloh Sarmadan Fittaqi abdullloh.sarmadan.1906116@student.um.ac.id Mashuri Eko Winarno m.e.winarno.fik@um.ac.id <p>Eksplosif power otot tungkai dan kekuatan otot perut menjadi salah satu komponen fisik dominan bagi atlet cabang olahraga bola voli. Tujuan dari penelitian ini adalah menelisik kondisi fisik komponen daya ledak otot tungkai dan kekuatan otot perut siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler olahraga bola voli. Metode yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian siswa laki-laki yang tergabung dalam ekstrakurikuler olahraga bola voli di sekolah menengah kejuruan yang berjumlah 15 siswa. Instrumen yang digunakan diantaranya tes loncat tegak dan tes baring duduk selama 30 detik. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa tingkat daya ledak otot siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli berada pada kategori cukup (70%) dan tingkat kekuatan otot perut berada pada kategori baik (93%). Kesimpulan dari penelitian ini daya ledak otot tungkai dan kekuatan otot perut siswa smk yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga bola voli sudah cukup baik, sehingga seperti kondisi ini penting untuk dipahami dalam upaya pengembangan program latihan yang lebih spesifik guna meningkatkan performa atlet dilapangan</p> 2025-02-06T03:10:50+00:00 Copyright (c) 2025 Abdulloh Sarmadan Fittaqi, Mashuri Eko Winarno https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/4902 Pengembangan Permainan Firedorr Games dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada Siswa Sekolah Dasar 2025-04-23T23:18:19+00:00 Arnol Firmantomo arnolfirmantomo95@guru.sd.belajar.id Harwanto harwanto@unipasby.ac.id Suharti suharti@unipasby.ac.id <p>Penelitian ini mengembangkan dan menguji efektivitas "<em>Firedorr Games</em>" sebagai media pembelajaran PJOK untuk siswa SD, bertujuan meningkatkan aktivitas fisik, motivasi belajar, dan membuat pembelajaran lebih menarik. Metode yang digunakan adalah <em>Research and Development</em> (R&amp;D) dengan model ADDIE: <em>Analysis</em>, <em>Design</em>, <em>Development</em>, <em>Implementation</em>, dan <em>Evaluation</em>. Validasi dilakukan oleh ahli materi (85.33%), ahli desain (100%), ahli media (84%), teman sejawat (100%), serta uji coba kecil (89%) dan besar (90.7%) menunjukkan hasil "Sangat Baik" atau "Sangat Layak." Permainan ini efektif meningkatkan keterampilan motorik, motivasi, dan nilai kerja sama tim, berkontribusi pada inovasi pembelajaran PJOK yang interaktif dan menyenangkan.</p> <p>&nbsp;</p> 2025-04-11T03:33:11+00:00 Copyright (c) 2025 Arnol Firmantomo, Harwanto, Suharti https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/4928 Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Sirkuit TrainingTerhadap Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK 2025-04-23T23:17:52+00:00 Rina Eva Rina Marpaung rinaevarina23@gmail.com Suharti Suharti suharti@unipasby.ac.id Muhammad Muhyi muhyi@unipasby.ac.id <p>Hasil pegembangan penelitian ini untuk mengevaluasi dampak model pembelajaran sirkuit permainan terhadap kebugaran jasmani dan motivasi belajar siswa dalam konteks pembelajaran PJOK. Penelitian ini merupakan penelitian pegembangan, mengadopsi pada pendekatan pengembangan ADDIE, yang melibatkan tahapan antara lain analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil Penelitian untuk&nbsp; pengembangkan permainan sirkuit training untuk meningkatkan kebugaran dan motivasi siswa. Pada penelitian pengembangan ini terdapat&nbsp; 33 siswa kelas 8&nbsp; di SMP Negeri 2 Sedati. Selama penelitian ada 12 kali pertemuan. Pengambilan data kebugaran jasmani pada penelitian ini mengunakan Tes Kebugaran Jasmani&nbsp; PJOK dengan (TKJI) sedangkan untuk megetahui motivasi siswa mengunakan angket motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Pembelajaran berbasis permain sirkuit training mendapatkan hasil sebagai berikut, terdapat 4 siswa mendapat klasifikasi sangat baik dengan&nbsp; jumlah nilai&nbsp; 22-25, selanjutya 17 siswa mendapat klasifikasi baik dengan jumlah nilai&nbsp; 18-21, serta 12 siswa mendapat klasifikasi sedang dengan jumlah nilai 14-17, untuk klasifikasi kurang dan sangat kurang tidak ada. Sedangkan motivasi belajar mendapatkan nilai sebesar 86,55% . Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motovasi belajar dan model pembelajaran permainan sirkuit dalam pembelajaran PJOK meningkat.</p> 2025-04-16T01:45:07+00:00 Copyright (c) 2025 Rina Eva Rina Marpaung, Suharti Suharti, Muhammad Muhyi https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/5121 Analisis Match Report Pemain Persik Kediri Berdasarkan Hasil Polar Assisted-GPS 2025-04-23T23:17:27+00:00 Havid Yusuf havidyusuf@gmail.com Riyatno Abiyoso riyatnoabi3@gmail.com Hari Pamungkas haray.mpd@gmail.com Muhammad Nidomuddin nidomdomy@gmail.com Sudari Sudari sudarielyusufi@gmail.com <p>Sepak bola merupakan olahraga kompetitif yang mengandalkan kekuatan fisik, teknik dan taktik serta daya jelajah yang tinggi. Hasil dari sebuah pertandingan dalam bentuk kemenangan maupun kekalahan, bisa dikaji dalam bentuk evaluasi. Salah satu cara atau metode yang digunakan dalam mengambil data pemain dalam pertandingan maupun latihan adalah dengan penggunaan alat <em>Assisted-GPS</em>. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui performa pemain Persik Kediri setelah pertandingan menggunakan <em>Assisted-GPS</em>. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemain Persik Kediri yang diberi menit bermain saat melawan Persita Tangerang pada tanggal 7 Februari 2025. Jumlah pemain yang terlibat sebanyak 16 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan alat <em>Assisted-GPS</em> berupa Polar FT7. Variabel yang diteliti adalah jarak total, jarak per menit, jarak total lari pendek, kecepatan maksimal. Hasil penelitian yang diperoleh adalah jarak total dengan kategori persentase 44% sangat rendah, jarak per menit dengan kategori persentase 50% sangat rendah, total lari jarak pendek dengan kategori persentase 56% sangat rendah, kecepatan maksimal dengan kategori persentase 50% sangat tinggi. Penyesuaian latihan dilakukan agar sesuai dengan kebutuhan fisik dan taktis individu maupun tim, seperti perubahan kecepatan mendadak, lompatan, dan tabrakan, memungkinkan tim untuk mengevaluasi tingkat stres pada tubuh pemain. Kesimpulannya, data pergerakan yang diperoleh&nbsp; dapat dipergunakan untuk memahami bagaimana pemain bergerak di lapangan dan menyesuaikan formasi atau strategi permainan.</p> 2025-04-20T14:48:10+00:00 Copyright (c) 2025 Havid Yusuf, Riyatno Abiyoso, Hari Pamungkas, Muhammad Nidomuddin, Sudari Sudari https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/5069 Survei Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Futsal di SMA Negeri 1 Karangdowo 2025-04-23T23:16:59+00:00 Asa Mey Astuti a810210019@student.ums.ac.id Gatot Jariono gj969@ums.ac.id Anugrah Nur Warthadi anw217@ums.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMA Negeri 1 Karangdowo serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik survei kuesioner sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa yang dipilih untuk mewakili populasi. Faktor yang dianalisis dalam penelitian ini mencakup dua aspek utama, yaitu faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik meliputi motivasi pribadi, tingkat kepercayaan diri, serta ketertarikan individu terhadap futsal. Sementara itu, faktor ekstrinsik mencakup dukungan keluarga, pengaruh teman sebaya, serta ketersediaan fasilitas di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa terhadap ekstrakurikuler futsal berada pada kategori tinggi, dengan faktor intrinsik sebagai pendorong utama. Namun, masih terdapat kendala seperti keterbatasan fasilitas dan kurangnya dukungan orang tua yang dapat memengaruhi partisipasi siswa. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang lebih efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa, seperti penyediaan fasilitas yang lebih memadai serta sosialisasi kepada orang tua mengenai pentingnya kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan karakter siswa.</p> 2025-04-23T05:34:24+00:00 Copyright (c) 2025 Asa Mey Astuti, Gatot Jariono, Anugrah Nur Warthadi