https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/issue/feed Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) 2024-07-02T01:57:37+00:00 Jurnal Kejaora Universitas PGRI Banyuwangi ejournal@unibabwi.ac.id Open Journal Systems <div style="background-color: #85c1e9; border: 3px solid #4976fd; border-radius: 5px; text-align: justify; padding: 5px; font-family: sans-serif; font-size: 14px; margin-left: 0px;">Kejaora Journal is a collection of research results journals, literature studies and scientific works in the fields of sports education, sports coaching, sport tourism, and traditional sports. Published periodically twice per year in April and November by the Department (Study Program) of Physical Education Health and Recreation, Faculty of Sports and Health, PGRI Banyuwangi University.</div> https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/3510 EFEKTIVITAS HUBUNGAN PELATIH DAN ATLET DALAM PEMBENTUKAN KETANGGUHAN MENTAL UKM FUTSAL UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 2024-07-02T01:57:37+00:00 Try Utama Pasca Nugraha pascanugraha18@gmail.com Nurlan Kusmaedi nurlankusmaedi@upi.edu Ahmad Hamidi ahmadhamidi@upi.edu <p>Ketangguhan mental menjadi suatu komponen yang sangat penting untuk perkembangan atlet selain kemampuan teknik dan fisik yang dimiliki. Pelatih pun menjadi faktor yang sangat penting terhadap peran pembentukan ketangguhan mental atlet. Pelatih mempunyai tanggung jawab membimbing&nbsp; dalam membangun ketangguhan mental atlet di lapangan maupun di luar lapangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar ketangguhan mental dan seberapa besar kontribusi hubungan pelatih dan atlet terhadap pengembangan ketangguhan mental. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah atlet UKM Futsal Universitas Pendidikan Indonesia berjumlah 35 orang atlet. Teknik sampling yaitu <em>total sampling</em>. Kriteria sampling: (1) Atlet Futsal UKM Universitas Pendidikan Indonesia, (2) Mengisi instrumen yang diberikan peneliti secara penuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu <em>Mental Toughness Questionnaire</em> (MTQ) <em>dan Coach-Atlet Relationship</em> (CART-Q). Teknik Analisa data yang digunakan yaitu <em>Uji Korelasi Pearson. </em>(1) Hasil penelitian menunjukkan, ketangguhan mental atlet UKM Futsal Universitas Pendidikan Indonesia berada pada klasifikasi tangguh yaitu pada angka 30,66, Kategori nilai 28,01-42,00. (2) Tidak terdapat kontribusi yang signifikan hubungan pelatih dan atlet dalam pembentukan ketangguhan mental. Banyak faktor yang dapat berpengaruh terhadap ketangguhan mental, faktor sosial seperti rekanan atlet dan keluarga, tidak hanya itu faktor mindset yang diterapkan pun juga berpengaruh sangat terhadap pembentukan ketangguhan mental. Kesimpulannya adalah hasil penelitian menunjukkan ketangguhan mental berada pada tingkat tangguh yaitu sebesar 30,66, serta hubungan pelatih dan atlet memiliki kontribusi yang lemah terhadap pengembangan ketangguhan mental.</p> 2024-03-16T07:12:48+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/3449 PENGARUH MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK BOLA MAHASISWA FIKK UNESA 2024-07-02T01:57:19+00:00 Mochamad Ridwan mochamadridwan@unesa.ac.id Dwi Lorry Juniarisca dwilorry@unesa.ac.id Irma Febriyanti irmafebriyanti@unesa.ac.id Fajar Eka Samudra fajarsamudra@unesa.ac.id Made Pramono madepramono@unesa.ac.id <p>Multimedia memiliki peran untuk meningkatkan hasil belajar sepakbola yang meliputi aspek pengetahuan maupun keterampilan. Penting bagi dosen untuk menerapkannya agar pembelajaran menjadi lebih variasi dan bermakna sehingga tidak menimbulkan kejenuhan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh multimedia pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar sepakbola. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu kuantitatif dalam bentuk eksperimen semu dengan desain penelitian menggunakan <em>one group pretest-posttest</em>. Sampel ini sebanyak 87 mahasiswa dengan penelitian dilakukan selama 4 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen tes hasil belajar pengetahuan dan keterampilan. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji t dengan taraf signifikan &lt; 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pemanfaatan multimedia mampu memudahkan mahasiswa dalam menerima materi, waktu belajar menjadi fleksibel, tidak terbatas ruang dan akses yang cepat. Oleh karena itu, dapat simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan multimedia pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar sepak bola mahasiswa FIKK Unesa. Diharapakan dosen dalam melaksanakan perkuliahan hendaknya menggunakan multimedia pembelajaran agar mahasiswa lebih semangat dan senang sehingga menimbulkan hasil belajar yang diharapkan.</p> 2024-03-19T08:58:18+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/3655 ANALISA LATIHAN RUNNING CIRCUIT TERHADAP DAYA TAHAN KARDIORESPIRASI PADA PEMAIN SEPAKBOLA PSCS CILACAP FC 2024-07-02T01:57:01+00:00 Dona Saputra donamesi1988@gmail.com Wiwik Kusmawati wiwikkusmawati@gmail.com Anangga Widya Pradipta ananggawidya@budiutomomalang.ac.id Hari Pamungkas haripamungkas@budiutomomalang.ac.id Muhammad Nidomuddin nidomdomy@gmail.com <p>Pemain sepak bola dituntut selalu bugar di setiap pertandingan. Latihan fisik perlu diprogramkan agar kualitas kebugaran jasmani dari pemain lebih baik lagi. Salah satu latihan yang dapat dilakukan adalah <em>running circuit.</em> Meningkatkan daya tahan kardiorespirasi merupakan tujuan umum dalam latihan fisik, karena peningkatan daya tahan kardiorespirasi berhubungan dengan kinerja atlet secara keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa latihan <em>running circuit</em> terhadap daya tahan kardiorespirasi pada pemain sepakbola. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dan metode yang digunakan adalah <em>One Group Posttest Only Design</em>. Seluruh 22 pemain PSCS Cilacap FC menjadi sampel dari penelitian ini. Peneliti menggunakan instrumen tes berupa <em>Beep Test</em> untuk mengetahui prediksi kadar konsumsi oksigen maksimal (VO2maks). Latihan <em>running</em> <em>circuit</em> yang diprogramkan menggunakan 3 pos yaitu shuttle run, lari 2,4 km, lari fartlek dengan interval. Hasil data menyatakan bahwa nilai signifikansi &gt;0,05 menunjukkan latihan <em>running circuit</em> efektif dalam mencapai hasil optimal untuk daya tahan kardiorespirasi ditinjau dari VO2maks. Signifikansi ditunjukkan dengan angka 0.261. Test value di angka 51 (ml/kg/menit) sebagai ambang batas kriteria atas rata-rata pada norma VO2maks. Kesimpulannya adalah latihan <em>running circuit</em> efektif dalam mencapai hasil optimal untuk daya tahan kardiorespirasi ditinjau dari segi VO2maks-nya.</p> 2024-03-30T16:58:42+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/3642 PENGGUNAAN BOLA MODIFIKASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SERVIS BAWAH BOLA VOLI 2024-07-02T01:56:43+00:00 Aditya Permana Putra adityapermanaputra@upi.edu Anin Rukmana aninrukmana@upi.edu Aam Ali Rahman alirahman@upi.edu <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar servis bawah bola voli pada siswa kelas V SDN Cilumping melalui penggunaan bola modifikasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siwa kelas V SDN Cilumping tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 18 siswa yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan menggunakan lembar format observasi penilaian motivasi belajar siswa dan format penilaian keterampilan siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (<em>mixed method</em>) yang didalamnya mencakup data kuantitaif dan kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I untuk rata-rata motivasi belajar seluruh siswa sebesar 64,2% menjadi 85% pada siklus II, untuk hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 40% pada siklus 1 menjadi 80% pada siklus II. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu modifikasi bola dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar servis bawah bola voli pada siswa kelas V SDN Cilumping tahun ajaran 2023/2024.</p> 2024-03-31T18:18:14+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/2480 PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI VARIASI PERMAINAN GERAK LOKOMOTOR LOMPAT BERBASIS BLENDED LEARNING SEKOLAH DASAR 2024-07-02T01:56:24+00:00 Yuspita Kusmilasari Retno Wulandari Indah Pratiwi yyuspitamila@gmail.com Khusnul Khotimah khusnulkhotimah225544@gmail.com Ammar Rozaan Izzulhaq ammarrozaanizzulhaq@gmail.com <p>Dalam perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat dalam pendidikan dan pembelajaran saat ini. Peran guru sangat penting terhadap kebaruan yang terjadi dengan perkembangan pembelajaran dalam berbagai metode-metode pembelajaran khususnya dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pembelajaran pendidikan jasmani variasi permainan gerak lokomotor lompat dapat berkembang dengan <em>blended learning</em>. Metode dalam penelitian ini menggunakan kajian pustaka dengan cara menyimpulkan berbagai artikel terdahulu. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani variasi permainan gerak lokomotor lompat pada sekolah dasar dengan <em>blended learning</em> memberikan sejumlah keuntungan bagi pendidik dan siswa dengan cara membantu pendidik untuk berkembang lebih baik dalam proses pembelajaran sesuai dengan gaya belajar dalam pembelajaran.</p> 2024-04-03T03:47:35+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/3643 ANALISIS TINGKAT KECEMASAN PEMAIN SEPAKBOLA PUTRA RICE CAKE FC PADA SAAT PERTANDINGAN 2024-07-02T01:56:06+00:00 Iksan Muhamad Lukman iksanlukman220@upi.edu Encep Sudirjo encepsudirjo@upi.edu Aam Ali Rahman alirahman@upi.edu <p>Kecemasan tampak nyata sebelum, selama, dan setelah pertandingan, dan seringkali menjadi penyebab buruknya performa atlet, seperti yang terjadi pada tim sepakbola Rice Cake FC. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kecemasan pemain saat bertanding, faktor apa saja yang menyebabkan munculnya kecemasan. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah studi kasus kualitatif. Subjek berjumlah 5 orang pemain Rice Cake Fc Sesuai dengan peran dalam pertandingan sepakbola, yaitu sebagai , Penjaga Gawang, Pemain Belakang, Pemain Tengah, Pemain Penyerang dan juga Pemain Cadangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan analisis menggunakan bantuan aplikasi Nvivo 12. Dari analisis hasil yang telah dibahas, penelitian ini menyimpulkan bahwa bahwa terdapat enam indikator kecemasan dan yang dominan ialah gelisan dengan prsentase 38,49% serta terdapat tiga faktor penyebab kecemasan diantaranya tekanan manajemen, tekanan pelatih, tekanan penonton dan yang lebih dominan ialah tekanan penonton dengan presentase 45,25%.</p> 2024-04-05T16:57:02+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/3645 ANALISIS TINGKAT MOTIVASI SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA DI KECAMATAN SITURAJA 2024-07-02T01:55:48+00:00 Rizal Rustandi rizalrustandi732@gmail.com Adang Sudrazat adang.sudrazat@upi.edu Aam Ali Rahman alirahman@upi.edu <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat motivasi siswa sekolah dasar untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler sepak bola di kecamatan Situraja. Penelitian ini termasuk penelitian survei dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler sepak bola di kecamatan Situraja. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Adapun yang menjadi variabel dalam penelitian ini adalah motivasi siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler sepak bola di kecamatan Situraja. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner; sampelnya terdiri dari seratus siswa dari berbagai sekolah dasar di kecamatan Situraja yang berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler sepak bola. Untuk mengumpulkan data untuk penelitian ini, penulis menggunakan angket atau kuesioner. Penggunaan angket sangat penting untuk pengumpulan data dalam penelitian ini, dan hasil angket akan dipresentasikan sebagai persentase.</p> 2024-04-05T18:37:41+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/3625 ANALISIS LATIHAN INTENSITAS DENGAN INTERVAL TERHADAP PENINGKATAN VO2MAX PADA PEMAIN SEPAKBOLA BHAYANGKARA FC 2024-07-02T01:55:30+00:00 Muhammad Irfan Attamimi Irfandefi7@gmail.com Muhammad Nidomuddin nidomdomy@gmail.com Yuskhil Mushofi yuskhilgalbuna@gmail.com Hari Pamungkas haripamungkas@budiutomomalang.ac.id Havid Yusuf havidyusuf@budiutomomalang.ac.id <p>Sepak bola merupakan olahraga dengan intensitas tinggi. Atlet sepak bola mempertahankan kemampuan fisik dan fisiologisnya dengan intensitas tinggi untuk waktu yang lama (dalam waktu normal selama 90 menit). Latihan rutin memiliki efek terbatas pada peningkatan kapasitas paru, sehingga metode latihan tertentu sangat bisa meningkatkan kapasitas paru dalam diri seorang atlet. Umumnya, semakin tinggi <em>VO<sub>2</sub>max</em> (kapasitas maksimal paru dalam mengkonsumsi oksigen), maka aerobik dan daya tahan kardiorespirasinya semakin baik. Latihan yang berhubungan dengan <em>VO<sub>2</sub>max</em> berprinsip pada intensitas yang dilakukan atlet dan lamanya masa pemulihan <em>intermitten</em> (jarak istirahat antara per set nya), dan intensitas <em>intermiten</em>). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran pemain sepak bola tim Bhayangkara FC melalui parameter <em>VO<sub>2</sub>max</em>. Sampel yang digunakan adalah 25 pemain Bhayangkara FC. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah MFT (<em>Multistage Fitness Test</em>) dengan metode <em>Yo-yo Test</em>. Dari hasil data di atas menyatakan bahwa nilai signifikansi &lt;0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara <em>pre-test</em> dengan <em>post-test</em>. Kesimpulannya adalah ada peningkatan <em>VO<sub>2</sub>max</em> secara signifikan pada pemain Bhayangkara FC. Latihan dengan intensitas – interval mempengaruhi daya kerja kardiorespirasi di dalam tubuh sehingga konsumsi oksigen di dalam paru-paru menjadi maksimal.</p> 2024-04-06T11:40:16+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/3448 PENINGKATAN TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA VOLI SISWA KELAS VIII SMPN 3 SUKAWATI 2024-07-02T01:55:13+00:00 I Made Bagia made.bagia123@gmail.com Komang Ayu Tri Widhiyanti ayufpok17@yahoo.com Ni Luh Gde Widiantari odewidi24@gmail.com Ni Luh Putu Indrawathi indrawathi88@gmail.com I Komang Adi Palgunadi palgunadi.mahadewa@gmail.com Ni Wayan Ariawati wayanariawati@gmail.com Ni Wayan Ary Rusitayanti aryrusita22@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil pembelajaran passing atas siswa kelas VIII SMPN 3 Sukawati dalam permainan bola voli dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tournaments Games Tipe Teams pada tahun akademik 2022/2023. Penelitian ini adalah tindakan kelas. Ada lima tahap: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Refleksi, dan Penilaian. Siswa yang terdaftar di kelas VIII SMPN 3 Sukawati pada tahun pelajaran 2022/2023 adalah subjek penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe turnamen permainan tim pada Kelas VIII SMPN 3 Sukawati meningkatkan hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli, ini ditunjukkan oleh fakta bahwa selama penelitian siklus I, 16 siswa mencapai nilai KKM sebesar 53%, dan ketika penelitian siklus II dilakukan, 24 siswa mencapai nilai KKM sebesar 80%.</p> 2024-04-15T20:03:30+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/3633 PENGEMBANGAN MATERI AJAR PERMAINAN BOLAVOLI FASE E DI MADRASAH ALIYAH NEGERI I BAUBAU DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF (Asyik, Karakter, Terukur, Inovatif dan Fit) PADA MATA PELAJARAN PJOK BERBASIS KURIKULUM MERDEKA 2024-07-02T01:54:55+00:00 Rihuddin Rihuddin rihuddin88@gmail.com Muhammad Muhyi Muhyi muhyi@unipasby.ac.id Yoso Wiyarno Wiyarno yosowiyarno@unipasby.ac.id <p>Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan materi ajar pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dengan strategi pembelajaran AKTIF (Asyik, karakter, Terukur, Inovatif dan&nbsp; Fit) yang berbasis kurikulum merdeka pada fase E di Madrasah Aliyah Negeri 1 Baubau fokus pada permainan bola besar khusus di permianan bolavoli. Metode penelitian diarahkan pada peneltiian pengembangan yang merujuk pada tahapan peneltiian Borg dan Gall. Tahapan penelitian pengembangan meliputi identifikasi masalah, mendesain produk, validasi produk, ujicoba produk kelompok kecil, revisi, ujicoba kelompok sedang, revisi, ujicoba kelompok besar, revisi dan final produk materi ajar. Populasi adalah seluruh siswa MAN Baubau sedankgan sampel adalah 168 siswa kelas XII, instrumen pengumpulan data&nbsp; dan instrumen penelitian adalah angket yang dikembangkan untuk menilai materi ajar. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan sudah divalidasi oleh ahli dengan tingkat kelayakan 83,8% dan 91.3%. Hasil ujicoba kelompok kecil adalah 83.3% , hasil ujicoba kelompok sedang adalah 84.3% dan hasil uji kelompok besar adalah 91,3% sehingga dikatakan hasil penelitian menunjukkan produk materi ajar PJOK Fase E sudah selesai dan berhasil dikembangkan untuk siswa&nbsp; di MAN Baubau Pelajaran PJOK. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan materi ajar PJOK di MAN Baubau fase E dapat dikembangkan dan diterapkan untuk siswa pada pembelajaran dengan strategi PJOK AKTIF.</p> 2024-04-18T18:36:04+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/3457 ANALISIS ANTROPOMETRI DAN KONDISI FISIK PEMAIN BOLABASKET PORPROV 2022 KOTA BATU DAN KABUPATEN MALANG 2024-07-02T01:54:37+00:00 Abiyyu Taqy Taqy abiyyutaqy8@gmail.com Siti Nurrochmah Nurrochmah siti.nurrochmah@fik.um.ac.id Raditya Pratama Pratama pratama110891@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi fisik pemain bolabasket PORPROV Kota Batu dan Kabupaten Malang. Sampel pada penelitian ini yaitu atlet bolabasket PORPROV Kota Batu dan Kabupaten Malang tahun 2022. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data berupa instrumen tes kebugaran jasmani/versi TKJI. Pelaksanaan tes untuk mengetahui antropometri <em>Body Mass Index</em> (BMI), dan kondisi fisik berupa pengukuran tes <em>push up</em>, tes <em>sit up</em>, tes <em>vertical jump</em>, tes lari 20 meter, tes <em>shuttle run</em>, dan <em>bleep test</em> sesuai jadwal yang telah dibuat peneliti. Analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif bentuk tendensi sentral. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa antropometri pemain putra PORPROV Kota Batu dan Kabupaten Malang berkategori normal (70,83%) begitupun juga pemain putri (68,18%). Sedangkan untuk kondisi fisik, pemain putra berkategori sedang (37,50%) dan pemain putri berkategori baik (45,45%).</p> 2024-04-22T18:06:40+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/3652 PENGARUH LATIHAN ISOMETRIC SQUAT TERHADAP DAYA LEDAK OTOT GASTROCNEMIUS PADA PEMAIN SEPAKBOLA LIGA 2 INDONESIA 2024-07-02T01:54:18+00:00 Bima Dwi Tama Tama Bimadwitama204@gmail.com Anangga Widya Pradipta Pradipta ananggawidya@budiutomomalang.ac.id Nurcholis Istiawan Istiawan nurwancn@gmail.com Hari Pamungkas Pamungkas haripamungkas@budiutomomalang.ac.id Muhammad Nidomuddin Nidomuddin nidomdomy@gmail.com <p>Pemain sepak bola harus memiliki teknik yang benar dalam bermain sepak bola, salah satunya menendang bola. Dengan demikian, tendangan yang dihasilkan oleh seorang pemain sepak bola harus keras, kencang dan tepat sasaran (terarah). Daya ledak otot tungkai dapat dilatih dnegan menggunakan latihan <em>isometric squat</em> sehingga latihan tersebut dapat meningkatkan kualitas otot tungkai. Dengan kekuatan otot yang meningkat, pemain sepak bola dapat memiliki dasar yang lebih kuat untuk melakukan gerakan-gerakan seperti tendangan, berlari, dan menggiring bola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui&nbsp; pengaruh latihan isometric squat terhadap daya ledak otot gastrocnemius&nbsp; pada pemain sepakbola Liga 2 Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, melalui pendekatan deskriptif kuantitatif. Seluruh populasi tim kesebelasan PSCS Cilacap sejumlah 22 orang. Peneliti menggunakan instrumen tes berupa <em>Standing Broad Jump Test</em> untuk mengetahui kekuatan dan kecepatan otot tungkai (<em>gastrocnemius</em>). Dari hasil data menyatakan bahwa nilai signifikansi &gt;0,05 ditunjukkan dengan angka 0.709. Test value di angka 240 cm sebagai ambang batas nilai minimal dari norma <em>Standing Broad Jump Test </em>bagi seorang pemain sepak bola. Kesimpulannya adalah latihan <em>isometric squat</em> efektif dalam mencapai hasil maksimal ditinjau dari daya ledak otot <em>gastrocnemius</em>.</p> 2024-04-30T11:31:30+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/3634 PENGARUH MODEL LATIHAN MULTIBALL TERHADAP PENINGKATAN TEKNIK FOREHAND DAN BACKHAND TENIS MEJA PADA PEMAIN JUNIOR USIA 16 TAHUN DI SMANOR 2024-07-02T01:54:01+00:00 Santi Fibriyani Fibriyani Santifibriyani79@gmail.com Ujang Rohman Rohman ujang_roh64@unipasby.ac.id Muhammad Muhyi Muhyi muhyi@unipasby.ac.id 2024-05-07T17:14:15+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/3568 KEMAMPUAN CALON GURU PENJAS MENGEMBANGKAN PERMAINAN KREATIF DAN EDUKATIF 2024-07-02T01:53:43+00:00 Bayu Akbar Harmono Harmono bayuakbar@unipasby.ac.id Achmad Nuryadi Nuryadi caknur@unipasby.ac.id Shandy Pieter Pelamonia Pelamonia shandypieter@unipasby.ac.id Febriyan Dwi Cahyo Cahyo febriyandwicahyo@gmail.com <p>LPTK berperan dalam mencetak calon guru penjas yang cakap, kreatif, dan adaptif dalam menghadapi perkembangan yang ada. Pengajaran pendidikan jasmani di sekolah tentunya memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menguasai aspek fisik, intelektual, sosial, dan moral selama pembelajaran berlangsung. Penelitian deskripstif kuantitatif ini dilakukan untuk mengidentifikasi kemampuan 44 calon guru penjas Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dalam mengembangkan permainan kreatif dan edukatif bagi peserta didik. Peneliti mendokumentasikan permainan kreatif dan edukatif yang dikembangkan oleh calon guru penjas selama satu semester dengan memperhatikan komponen jenjang pendidikan (usia), edukasi, psikologi, motorik, komponen biomotor, dan kognitif. Hasil penelitian ini menunjukkan calon guru penjas telah mampu mengembangkan keterampilan kreatif dan edukatif yang sesuai dengan perkembangan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan semua permainan edukasi, motorik, emosi, sosial, psikologis dan kognitif, serta biomotorik yang sesuai untuk jenjang pendidikan PAUD/TK dan SD.</p> 2024-05-09T02:59:08+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/3723 EVALUASI KONDISI FISIK PADA ATLET SELAM CLUB GALAXY AQUATIC PUTRA DALAM MENGHADAPI KEJURDA 2024 2024-07-02T01:53:24+00:00 Arika Umi Zar’in Zar’in arika.u.z@kahuripan.ac.id Imam Sugeng Sugeng imamsugeng@kahuripan.ac.id Reo Prasetiyo Herpandika Herpandika reoprasetiyo@unpkediri.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis daya tahan kondisi fisik dengan menggunakan metode riset sekunder. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa tingkat kondisi fisik atlet selam<em> Club Galaxy Aquatic</em> berjumlah 8 atlet, berada dalam kategori perlu ditingkatkan. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui tingkat kondisi fisik ada <em>wall squat</em> (dipertahankan), <em>sit up</em> (perlu ditingkatkan), <em>push up</em> (sangat perlu ditingkatkan), <em>upper body</em> (sangat perlu ditingkatkan), <em>VO<sup>2</sup>max</em> (sangat perlu ditingkatkan), <em>plank</em> (sangat perlu ditingkatkan). Oleh karena itu pelatih harus memperbaiki program latihan agar kondisi fisik atlet dapat meningkat.</p> 2024-05-28T05:01:48+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/3731 PENINGKATAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI AKTIVITAS GERAK BERIRAMA MELALUI PENERAPAN PROJECT BASES LEARNING (PJBL) 2024-07-02T01:53:06+00:00 Aulia Lita Pradina aulialitap@gmail.com Nuraida Mahmudatul Latifah nuraidalatifah7@gmail.com Yusuf Nanang Prianggi yusufanggi35@gmail.com Bayu Budi Prakoso bayuprakoso@unesa.ac.id Agung Purasara agungpurasara@gmail.com <p>Pembelajaran mampu mengembangkan pola pikir peserta didik dalam menggali potensi dirinya, serta meningkatkan kualitas diri peserta didik. Pendidikan menghasilkan beberapa aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dihasilkan dari proses pembelajaran. Perubahan setiap peserta didik akan mendapatkan pengalaman baru sebagai peningkatan wawasan dan kemampuannya. Oleh karena itu penilitian ini memiliki tujuan dapat menghasilkan peningkatan belajar pada peserta didik dalam pembelajaran PJOK melalui materi aktivitas gerak berirama pada penerapan PjBL. Menggunakan sampel sebanyak 35 peserta didik kelas VIII pada penelitian dengan model tindakan kelas. Hasil dari penelitian ini didapatkan pada siklus 1 sejumlah 11 peserta didik mendapatkan kriteria tuntas pada materi serangkaian gerak Langkah kaki pada aktivitas gerak berirama, pada siklus 2 sejumlah 11 peserta didik mendapatkan kriteria tuntas pada materi variasi dan kombinasi gerak Langkah kaki dan ayunan lengan, dan pada siklus 3 mengalami peningkatan yang signifikan sejumlah 29 peserta didik tuntas indicator skor 3, dan 14 peserta didik tuntas indicator skor 4&nbsp; pada kombinasi dan variasi gerak Langkah kaki dan ayunan lengan menggunakan musik pada serangkaian aktivitas gerak berirama. Dari penelitian ini dapat dsimpulkan bahwa penggunaan metode PjBL dapat meningkatkan hasil belajar aktivitas gerak berirama pada peserta didik.</p> 2024-05-28T06:56:40+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/3748 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS X-9 SMA NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO 2024-07-02T01:52:48+00:00 Maikristina Hardianti Hardianti ppg.maikristinahardianti35@program.belajar.id Gandi Wahyu Maulana Maulana Gandhiwahyu10@gmail.com Taslimatul Anna Anna taslimatulanna091@gmail.com Setiyo Hartoto Hartoto Setiyohartoto@unesa.ac.id Hikmawan Aldi Perdana Perdana pradanaputra519@gmail.com <p>Penelitian&nbsp; ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar&nbsp; keterampilan <em>passing </em>bawah bola voli pada siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Sooko Mojokerto melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) &nbsp;dengan penerapan model siklus yang setiap siklusnya terdiri dari observasi serta refleksi.&nbsp; Dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam proses pembelajaran keterampilan <em>passing </em>bawah bola voli dikatakan berhasil karena dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Sooko Mojokerto. Berdasarkan analisis pra siklus yang dilakukan saat observasi awal diketahui bahwa nilai ketuntasan siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Sooko Mojokerto adalah 10 siswa yang tuntas dengan persentase 29% dan 25 siswa yang tidak tuntas dengan persentase&nbsp; 71% dari total 35 siswa.&nbsp; Peningkatan hasil belajar <em>passing</em> bawah bola voli pada siklus 1 adalah&nbsp; 23 siswa yang tuntas dengan persentase 66% dan 12 siswa yang belum tuntas dengan presentase 34%. Pada siklus 2 juga terjadi peningkatanhasil belajar <em>passing</em> bawah bola voli yaitu 30 siswa dengan persentase 86% dan&nbsp; 5 orang yang masih belum tuntas dengan presentase 14%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan <em>passing </em>bawah bola voli pada siswa kelas X-9&nbsp; SMA Negeri 1 Sooko Mojokerto.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-06-03T05:49:58+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/3710 PENGEMBANGAN LATIHAN CIRCUIT TRAINING BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA CABANG OLAHRAGA SEPAK BOLA UNTUK USIA 9-12 TAHUN 2024-07-02T01:52:31+00:00 Teguh Arya Aditya Aditya teguharya750@gmail.com Imam Hariadi Hariadi imam.hariadi.fik@um.ac.id Prisca Widiawati Widiawati prisca.widiawati.fik@um.ac.id <p>Sepak bola cukup populer bagi kalangan anak usia 9-12 tahun. Namun, daya tahan pemain sepak bola pada usia ini masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan daya tahan pemain sepak bola usia 9-12 tahun melalui produk pengembangan latihan <em>Circuit Training</em>. Produk pengembangan ini didesain secara digital menggunakan <em>Articulate Storyline</em> dengan pengembangan penelitian ADDIE. Penilaian ahli sepak bola (76%); ahli kepelatihan sepak bola (80%); dan ahli media (75%); serta uji coba kelompok kecil (93%) dan uji coba kelompok besar (95%) menunjukkan bahwa produk pengembangan latihan <em>Circuit Training</em> pada cabang olahraga sepak bola untuk usia 9-12 tahun berbasis <em>Articulate Storyline</em> ini sangat valid dan layak digunakan sebagai referensi latihan yang lebih interaktif dan menarik pada era digital.</p> 2024-06-06T08:03:26+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/3667 PENGARUH LATIHAN REBOUND PASS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING CONTROL SISWA SD NU HASYIM ASYARI 2024-07-02T01:52:13+00:00 Albert Ikhwan Azizi Azizi aziziikhwan19@gmail.com Supriatna Supriatna supriatna.fik@um.ac.id Prisca Widiawati Widiawati prisca.widiawati.fik@um.ac.id <p>Penelitian ini disusun guna mengetahui adanya pengaruh dari latihan <em>rebound pass </em>terhadap peningkatan kemampuan <em>passing </em>dan <em>control </em>siswa SD NU Hasyim Asyari Kota Malang dalam permainan sepak bola. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dikerjakan selama 1,5 bulan dengan total 18 pertemuan, setiap minggunya terdapat 3 pertemuan, dan termasuk di dalamnya 2 pertemuan untuk <em>pretest </em>dan <em>posttest</em>. Studi ini menerapkan desain one-group pretest-posttest. Populasi yang diteliti terdiri dari 13 siswa kelas 4 dan 5 di SD NU Hasyim Asyari Kota Malang. Sampel dipilih secara acak menggunakan metode random sampling. Instrumen tes yang digunakan adalah tes keterampilan <em>passing control</em>. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t, Hasil analisis dengan uji-t pada uji sampel berpasangan menunjukkan bahwa t hitung (7.517) melebihi t tabel (2.179), dan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 lebih rendah dari α (0,05). Dengan demikian, hipotesis nol (H0) dapat ditolak. Dari temuan ini, tergambar bahwa latihan rebound pass berperan penting dalam meningkatkan kemampuan mengendalikan passing para siswa di SD NU Hasyim Asyari.</p> 2024-06-22T23:34:44+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/3702 PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMPN 2 PONOROGO DAN SMPN 1 BADEGAN, PONOROGO 2024-07-02T01:51:54+00:00 Farah Nadiyah Yunivia Far’am Far’am farahnadiyah6@gmail.com Nanik Indahwati Indahwati farahnadiyah.20118@mhs.unesa.ac.id Sapto Wibowo Wibowo farahnadiyah.20118@mhs.unesa.ac.id Yuni Fitriyah Ningsih Ningsih farahnadiyah.20118@mhs.unesa.ac.id <p>Kebugaran jasmani merupakan kebutuhan tubuh yang harus dimiliki oleh setiap orang. Mereka dapat dapat melakukan kegiatan setiap hari tanpa merasa lelah yang berlebihan. Pentingnya kebugaran jasmani bagi pelajar agar tetap bugar dan pelajar diharapkan dapat menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan dalam tingkat kebugaran jasmani antara peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMPN 2 Ponorogo dan SMPN 1 Badegan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dalam bentuk non eksperimen dengan desain penelitian menggunakan komparatif. Sampel penelitian sebanyak 57 dan 54 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen <em>Multistage Fitness Test (MFT).</em> Teknik analisis yang digunakan yaitu uji t dengan taraf signifikan &lt; 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kebugaran jasmani peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMPN&nbsp; 2 Ponorogo dan SMPN 1 Badegan yang dilihat berdasarkan nilai <em>Asyimp. Sig. (2-tailed)</em> sebesar (0.926 &gt; 0.05). kesimpulan penelitin ini adalah tidak ada perbedaan tingkat kebugaran jasmani peserta didik yang mengikuti esktrakurikuler bolavoli di SMPN 2 Ponorogo dan SMPN 1 Badegan.</p> 2024-06-23T01:34:22+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)