Pengembangan Media Pembelajaran Gerak Dasar Pencak Silat Berbasis Multimedia Interaktif di SDN 007 Sepaku Kalimantan Timur
Abstract
Keterbatasan media pembelajaran berakibat pada kurangnya pemahaman peserta didik terhadap keterampilan gerak dasar pencak silat. Selain media pembelajaran yang hanya menggunakan modul berdampak pada tingkat kejenuhan peserta didik. Tujuan mengembangkan produk media pembelajaran gerak dasar pencak silat berbasis multimedia interaktif. Langkah-langkah penelitian menggunakan ADDIE (Analysis, design, development, implementation, dan evaluasi). Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 007 Sepaku Kalimantan Timur Kelas V. Sampel penelitian diambil secara acak. Berikutnya dilakukan uji validitas dan uji coba produk. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa dari kegiatan analisis kebutuhan diperlukan pengembangan produk yaitu media pembelajaran gerak dasar pencak silat berbasis multimedia interaktif. Sedangkan hasil uji validitas diketahui persentase skor validasi ahli materi sebesar 94%, persentase skor ahli media 98%, dan persentase skor validasi ahli desain 91%. Rata-rata persentase skor penilaian uji validitas ahli masuk kriteria sangat baik. Sedangkan hasil uji tingkat kepraktisan pengguna diketahu memperoleh persentase skor sebesa 90,8% masuk pada kriteria sangat praktis. Berdasarkan paparan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil media pembelajaran gerak dasar pencak silat berbasis multimedia interaktif dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah karena telah melalui uji validitas ahli dan uji tingkat kepraktisan dalam penggunaan.
References
Aldoobie, N. (2015). ADDIE model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68–72.
Angga, P. D., Hariyanto, E., & Tomi, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Pencak Silat Berbasis CourseLab 2.4. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 9–17.
Asrul, A. H. S., & Mukhtar. (2022). EVALUASI PEMBELAJARAN (1st ed., Vol. 1). PERDANA PUBLISHING.
Erfayliana, Y., Kusumawati, O., & Juniarta, T. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas IV SD/MI. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 107–118. https://doi.org/10.24042/terampil.v9i1.12167
Handayani, H. Y., Purwoto, S. P., & Nurul Jahsy, A. V. (2022). Sosialisasi Pembelajaran Pencak Silat Pada Anak Sekolah Dasar. Abdi Masyarakat, 4(2), 2030–2034. https://doi.org/10.58258/abdi.v4i2.4548
Hasri, U. K., Samad, S., & Latif, S. (2023). Kejenuhan Belajar Siswa dan Penanganannya: Studi Kasus Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Sidrap. Pinisi Journal of Education, 3(3), 130–148.
Indriani, E. D., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Karakteristik Media Pembelajaran dalam Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11230–11235. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2802%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/2802/2402
Mislan, & Santoso, D. A. (2019). Peran Pengembangan Media Terhadap Keberhasilan Pembelajaran PJOK di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 12–16.
Muhajir, & Gunawan, A. (2022). Buku Panduan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas IV (4th ed.). Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Muhtar, T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Pencak Silat Berbasis Karakter. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 73. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5124
Muhyi, M., Utomo, G. M., Yasa, I. G. D. U., Verianti, G., Hakim, L., Prastyana, B. R., & Hanafi, M. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran PJOK AKTIF ( Asyik, Karakter, Terukur, Inovatif dan Fit) di Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada Fase B Kurikulum Merdeka Di Tingkat Sekolah Dasar. Jendela Olahraga, 8(1), 212–221. https://doi.org/10.26877/jo.v8i1.14382
Muhyi, M., Zaman, A. Q., Satianingsih, R., & Hakim, L. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdifferensiasi Mahasiswa Ppg Universitas Pgri Adi Buana Surabaya Angkatan I Dan Ii Tahun 2023. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 8(2), 171–176. https://doi.org/10.36526/kejaora.v8i2.2862
Mukhlis, N. A., Kurniawan, A. W., & Kurniawan, R. (2022). Pengembangan Media Kebugaran Jasmani Unsur Kekuatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 2(11), 566–581. https://doi.org/10.17977/um062v2i112020p566-581
Nugraha, A. T. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis animasi terhadap keaktifan belajar siswa sma dalam mata pelajaran ekonomi. [skripsi, universitas langlang buana].
Nurhaliza, S., Wahyuri, A. S., Sepriani, R., & Arnando, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Bulutangkis Sekolah Menengah Atas Kelas XI. Jurnal JPDO, 6(9), 59–67.
Pebriani, H. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap keaktifan belajar siswa (penelitian kuantitatif pada siswa kelas v sekolah dasar di desa mekarsari kecamatan pasirjambu) [[skripsi, universitas pasundan]]. https://repository.unpas.ac.id/45324/
Raibowo, S., Permadi, A., Prabowo, A., & Rizky, O. B. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Matakuliah Atletik di Universitas Bengkulu. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(1), 1–10. https://doi.org/10.37058/sport.v7i1.6448
Ramadhani, N. L., & Andaryani, E. T. (2023). Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa Melalui Pembelajaran Seni Budaya di Sekolah. KOMPASIANA. https://www.kompasiana.com/novalaurina1038/652f82b9ee794a454a30d2f2/mengembangkan-minat-dan-bakat-siswa-melalui-pembelajaran-seni-budaya-indonesia-di-sekolah
Ricky, E. N., Hudah, M., & Widiyatmoko, F. A. (2021). Pengembangan aplikasi pembelajaran pencak silat berbasis multimedia. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 10(1), 40–52.
Sapriyah, S. (2019). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaifuddin, N. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI DAN GAMBAR ILUSTRASI TERHADAP KETERAMPILAN PSIKOMOTOR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS XI SMK ANNURONIYAH. In Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR).
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015). Pengembangan buku ajar model penelitian pengembangan dengan model ADDIE. In Seminar Nasional Riset Inovatif IV, 208–216.
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645.
Widyalaksono, P., Mashuri, H., & Lusianti, S. (2020). Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Pola Langkah Pencak Silat Sekolah Dasar. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(1), 8–17. https://doi.org/10.20961/phduns.v14i1.50548
Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331
Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.