Pengembangan E-Modul Pembelajaran dengan Model SAVI pada Materi Senam Lantai Kelas 5 Fase C Kurikulum Merdeka

  • Noor Akhmad Hidayat Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Harwanto Harwanto Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rufi‘i Rufi‘i Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: E-Modul Pembelajaran; SAVI; Senam Lantai Fase C; Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian pengembangan e-modul pembelajaran dengan model SAVI pada materi senam lantai Kelas 5 Fase C Kurikulum Merdeka dimaksudkan untuk memberikan solusi atas kurangnya bahan ajar sesuai karakteristik siswa dan lingkungan sekolah. Fokus penelitian ini yaitu menghasilkan produk e-modul menggunakan model SAVI mata pelajaran PJOK materi senam lantai. Penelitian ini menggunakan langkah langkah model ADDIE dalam pengembangan produk. Dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 008 Waru Kalimantan Timur kelas 5 dengan jumlah siswa 15 dipilih secara acak sebagai sampel penelitian. Uji kelayakan produk oleh ahli media pembelajaran, ahli materi pembelajaran, dan ahli desain. Setelah dilakukan uji kelayakan, maka selanjutnya dilakukan uji coba pengguna produk hasil pengembangan. Instrumen penelitian dalam bentuk angket yang terdiri dari instrumen kelayakan oleh ahli dan instrumen tingkat ketertarikan peserta didik. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menggambarkan rata-rata skor persentase uji kelayakan sebesar 91,3% masuk pada kategori baik sekali. Hasi uji penilaian tingkat ketertarikan pengguna memperoleh skor 90% masuk pasuk kriteria sangat menarik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka kesimpulan akhir yaitu produk pengembangan yang berwujud e-modul pembelajaran dengan model SAVI pada materi senam lantai layak digunakan berdasarkan uji ahli. Selain itu, e-modul pembelajaran dengan model SAVI pada materi senam lantai berdasarkan hasil uji coba tingkat ketertarikan pengguna masuk pada kriteria Sangat Menarik.

References

Adli, M. R., Handayani, S. G., Pitnawati, P., & Zulbahri, Z. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis E-Modul Materi Senam Rolling Depan. Jurnal JPDO, 5(12), 153–159. http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1128%0Ahttp://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/download/1128/458

Arimadona, S., & Silvina, R. (2019). Pengembangan modul pembelajaran zat adiktif dan psikotropika berbasis scientific approach dengan crossword puzzle. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 63. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.661

Dewi, E. S. (2017). Model Pembelajaran SAVI Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Materi Menemukan Gagasan Utama Di MI Darwata Glempang Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap (Doctoral dissertation, IAIN).

Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2018). Pengaruh Konteks pada Ilustrasi Buku Pendidikan Karakter terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 41–50. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p41-50

Graham, G., Holt/Hale, S. A., Parker, M., Hall, T., & Patton, K. (2021). Buku Panduan Guru: Anak Aktif Bergerak—Pendekatan Reflektif untuk Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas V. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Habidah, M., & Sudarwanto, T. (2020). Pengembangan e-Modul berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran marketing kompetensi dasar menganalisis segmentasi pasar di Kelas x SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 972–978.

Hamzah, F. (2016). Studi pengembangan modul pembelajaran ipa berbasis integrasi islam–sains pada pokok bahasan sistem reproduksi kelas ix madrasah tsanawiyah. Adabiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 41–54.

Herwanto, A. N. M. (2019). Pertimbangan Guru Dalam Memberikan Penilaian Mata Pelajaran Pjok Berdasarkan Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Bagi Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 8(8), 1–10.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Höft, L., & Bernholt, S. (2019). Longitudinal couplings between interest and conceptual understanding in secondary school chemistry: an activity-based perspective. International Journal of Science Education, 41(5), 607–627.

Kesuma, I. N. A. A., Yoda, I. K., & Hidayat, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar PJOK pada Siswa SMP. Jurnal Penjakora, 8(1), 62–70. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.31091

Koderi, K. (2017). Pengembangan modul elektronik berbasis SAVI untuk pembelajaran bahasa Arab. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(3), 206–223.

Kurniawan, M. Y. (2023). Senam Ketangkasan (Pendidikan Jasmani Oalahraga dan Kesehatan). Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Lestari, N. F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intellectualy) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Mengembangkan Keterampilan 4C Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 86–91. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.601

Muanifah, M. T., & Sa’diyah, H. (2018). Pendekatan SAVI sebagai metode alteratif untuk memaksimalkan gaya belajar siswa sekolah dasar. Trihayu, 4(3), 259060.

Muhajir, & Prasetijo, T. A. (2022). Buku Panduan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SDMI Kelas V. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.

Nggaa, P. N. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Pada SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 32–38. http://ejournal.upg45ntt.ac.id/index.php/ciencias/index

Pratiwi, N. F., Jaya, W. S., & Noviyana, H. (2021). Pengaruh Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (Savi) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas Viii Semester Genap Smp Negeri 1 Banyumas Pringsewu Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (JMPM), 3(2), 1–11.

Priyanthi, K. A., Agustini, K., & Santyadiputra, G. S. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus : Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 40. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9267

Rayudisa, A. H., & Aman, D. (2018). Hubungan Antara Gaya Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X Ips Man 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/ 2018. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(3), 238–245.

Sari, W. P., & Montessori, M. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Modul Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(6), 5275–5279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1527

Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan e-modul mata kuliah strategi pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 221–230.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Published
2024-11-02
How to Cite
HidayatN. A., HarwantoH., & Rufi‘iR. (2024). Pengembangan E-Modul Pembelajaran dengan Model SAVI pada Materi Senam Lantai Kelas 5 Fase C Kurikulum Merdeka. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 9(2), 221-228. https://doi.org/10.36526/kejaora.v9i2.4328