Pengembangan Buku Panduan Model Latihan Anaerobic Threshold pada Renang Gaya Bebas Usia 10-11 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i2.6353Keywords:
Pengembangan; Renang; ADDIE; Buku; Panduan; Gaya BebasAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku panduan model latihan anaerobic threshold pada renang gaya bebas usia 10-11 tahun untuk meningkatkan keterampilan renang dan daya tahan siswa. Pengembangan buku ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), yang memungkinkan setiap tahap dilakukan secara terstruktur dan terukur. Pada tahap pengembangan, buku ini diuji melalui beberapa uji coba yang melibatkan ahli isi, ahli desain, serta uji coba pada kelompok kecil dan perorangan. Instrumen penelitian adalah angket penilaian untuk mengukur kelayakan buku berdasarkan aspek isi, desain, media, dan kelayakan penggunaan dalam pembelajaran. Data dikumpulkan melalui angket yang diisi oleh ahli isi, ahli desain, pelatih, dan siswa setelah uji coba di berbagai tahap. Setelah pengumpulan data, analisis dilakukan dengan menghitung persentase kelayakan produk untuk menilai kualitas buku.Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan model latihan an aerobic threshold pada renang gaya bebas ini memperoleh penilaian sangat baik. Dari hasil uji coba, persentase penilaian oleh ahli isi mencapai 93%, ahli desain 94%, uji coba perorangan 92%, uji coba kelompok kecil 91,75%, uji coba lapangan 92,11%, dan penilaian teman sejawat 95%. Ini menunjukkan bahwa buku panduan ini memenuhi kriteria kelayakan yang tinggi dan dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk melatih keterampilan renang gaya bebas pada usia 10-11 tahun.
References
Azmi, A. U., Winaya, I. M. N., Ayu Antari, N. K. J., & Putri Thanaya, S. A. (2023). Kekuatan Otot Core Memengaruhi Kecepatan Renang Gaya Bebas 50 Meter Pada Atlet Renang Kota Denpasar. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, 11(1). Https://Doi.Org/10.24843/Mifi.2023.V11.I01.P14
Arif, E. D., Pudjijuniarto, Bawono, M. N. (2023). Kontribusi Kecemasan Dengan Prestasi Gaya Bebas 50 Meter Atlet Renang Club Surya Brantas Mojokerto. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 22(2).
Anita Adesti, & Siti Nurkholimah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Edutainment, 8(1), 27–38. Https://Doi.Org/10.35438/E.V8i1.221
Bangun, S.Y,, & Ananda, R.D., (2021). Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Untuk Atlet Usia Dini. Seminar Nasional LPTK Cup XX, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia. Tema Mewujudkan Insan Olahraga Inovatif, Unggul dan Berkarakter Menuju Persaingan Global. Halaman 258-261.
Fatchur Rohim, Asrori Yudha Prawira, Desy Tya Maya Ningrum, & Faridatul’ Ala. (2024). Model Latihan Teknik Renang Gaya Bebas Pada Atlet Pemula Di Klub Embun Pagi Jakarta Timur. Sprinter: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(3). Https://Doi.Org/10.46838/Spr.V4i3.386
Garitny, M.M., Ezra Bernadus Wijaya, & Wahyuni, D. T. (2023). Pengaruh Latihan Plyometric Double Leg Speed Hop Terhadap Peningkatan Kecepatan Berenang Gaya Bebas Pada Atlet Renang Usia 9 - 14 Tahun. Indonesian Journal Of Physiotherapy, 3(1). Https://Doi.Org/10.52019/Ijpt.V3i1.6202
Hasyim, M. Q., Sutriawan, A., Hasanuddin, M. I., Syafruddin, M. A., Farhana Nurulita, R., Asriadi, M., Program, ), Pendidikan, S., Kesehatan, J., Rekreasi, D., Keolahragaan, I., & Makassar, U. N. (2023). Coaching Clinik Gerakan Renang Gaya Bebas Bagi Pemula Di Kolam Renang Athira Bukit Baruga Antang. Communnity Development Journal, 4(1).
Munawaroh, R. ., Ricky, Z., & Burhan, M. A. (2023). Pengembangan Model Latihan Renang Gaya Bebas Pada Atlet Pemula Umur 6-12 Tahun Di HBSC Dharmasraya Berbasis Media. Dharmas Journal of Sport, 3(1), 33–41. https://doi.org/10.56667/djs.v3i1.667
Raditya Adriansyah, D., Herywansyah, & Umar, T. (2023). Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Side Kick Drill Dan Vertical Kick Drill Terhadap Kecepatan Renang 100 Meter Gaya Bebas Pada Atlet Renang Elite Swimming Club Solo. Jurnal Ilmiah Spirit, 23(2). Https://Doi.Org/10.36728/Jis.V23i2.2883
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Sutopo (Ed.); 1st Ed.). Alfabeta.
Subarkah, T. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Renang Dasar Gaya Bebas Melalui Permainan Pada Siswa Kelas Vi Sdn Widodaren 6. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1).
Van Phong, D., & Dung, D. N. P. (2024). Factors Affecting The Work Motivation Of Office Employees: Survey At Intracom Group. Revista De Gestao Social E Ambiental, 18(5). Https://Doi.Org/10.24857/Rgsa.V18n5-024
Ulum, M. K., S, E. E., & Ysh, A. S. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Addie Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 98. Https://Doi.Org/10.23887/Jppp.V4i1.24774
Vinetti, G., Rossi, H., Bruseghini, P., Corti, M., Ferretti, G., Piva, S., Taboni, A., & Fagoni, N. (2023). Functional Threshold Power Field Test Exceeds Laboratory Performance In Junior Road Cyclists. Journal Of Strength And Conditioning Research, 37(9). Https://Doi.Org/10.1519/Jsc.0000000000004471
Zaky, M. D. H., Gani, R. A., & Abduloh, A. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Renang Gaya Bebas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Smpn 1 Purwasari. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 12(2). Https://Doi.Org/10.31571/Jpo.V12i2.6289
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sri Heksi Indah Surjani, Suharti, Muhammad Muhyi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

.png)
.png)



.png)


.png)
