Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Melalui Senam Irama Pelajar Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i2.5847Keywords:
Model Latihan; Kebugaran Jasmani; Senam Irama Pelajar PancasilaAbstract
Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan memiliki peran penting dalam meningkatkan kebugaran jasmani peserta didik di sekolah dasar. Namun, hasil pengamatan menunjukkan bahwa latihan kebugaran jasmani melalui materi senam irama pada peserta didik kelas V belum optimal, karena kurangnya model latihan yang menyenangkan dan menarik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model latihan kebugaran jasmani berbasis Senam Irama Pelajar Pancasila yang dilengkapi dengan musik dan video interaktif berdurasi maksimal tiga menit. Model ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas latihan, partisipasi, dan antusiasme peserta didik serta mendukung pengembangan karakter, kreativitas, dan kesehatan fisik secara menyeluruh. Pengembangan model latihan ini juga disesuaikan dengan Kurikulum Merdeka dan prinsip pembelajaran yang interaktif, sehingga mampu mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam pembelajaran PJOK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian model pengembangan, dengan menggunakan penelitian pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sasaran penelitian ini diujikan pada siswa kelas V SDN Sidodadi, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Teknik pengumpulan data berupa validasi angket. Analisis hasil penelitian menunjukkan kelayakan meliputi: (1) Dapat dibuktikan dari hasil angket validator materi, dengan persentase 96,05%. (2) Dari hasil angket validator media dengan persentase 81,70%, maka produk dapat digunakan. Saran dalam memanfaatkan model pengembangan ini, bisa dimasukkan materi latihan kebugaran jasmani pada mata pelajaran PJOK.
References
Alamsyah, D. A. N., Hestiningsih, R., & Saraswati, L. D. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kebugaran jasmani pada remaja siswa kelas XI SMK Negeri 11 Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(3), 77–86. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/17169
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis, 5(2), 146–150.
Arifin, Z. (2018). Pengaruh latihan senam kebugaran jasmani (SKJ) terhadap tingkat kebugaran siswa kelas V di MIN Donomulyo Kabupaten Malang. Journal AL-MUDARRIS, 1(1), 22. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i1.96
Baresi, M. R., Permadi, A. A., & Hermawan, I. (2023). Pengaruh aktivitas fisik terhadap kebugaran jasmani resimen mahasiswa batalyon VIII/Tarumanagara. Bima Loka: Journal of Physical Education, 2(2), 71–79. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v2i2.21365
Depdiknas. (2007). Pedoman Senam Irama Pelajar Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Fajar, M. K., & Iswahyudi, N. (2018). Pengaruh latihan polymetric terhadap kebugaran jasmani mahasiswa Universitas Kahuripan Kediri 2017/2018. Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan, 1(2), 120–139.
Ferry, A., & Muspawi, M. (n.d.). Analisis rapor pendidikan dalam perencanaan berbasis data pada RKAS SMPN 4 Betara. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 6(2), 2715–1913. https://doi.org/10.31539/joeai.v6i2.8193
Harsono. (2016). Coaching dan aspek-aspek psikologis dalam coaching. CV. Tambak Kusuma.
Hidayat, A. (2018). Keseimbangan dalam senam irama: Prinsip dasar dan pengaruhnya terhadap koordinasi motorik.
Junaidi, A. (2015). Pentingnya aktivitas fisik dalam pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan Jasmani, 3(2), 45–56.
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, elemen, dan sub elemen profil pelajar Pancasila pada kurikulum Merdeka.
Lumintuarso, W. (2013). Frekuensi latihan dalam pendidikan jasmani. Jurnal Olahraga, 5(1), 55–60.
Metzler, M. (2017). Instructional Models for Physical Education. New York: Routledge.
Muhyi, A., et al. (2023). Peran guru dalam pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan, 14(4), 75–85.
Prasetyanto, D., & Suherman, W.S. (2022). Pengembangan model latihan kebugaran. Jurnal Pendidikan Jasmani, 10(3), 201–210.
Rina Amelia, & Slamet Triyadi, U. M. (2023). Judul artikel. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(23), 656–664.
Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat kebugaran jasmani dan aktivitas fisik siswa sekolah. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 9(1).
Satriawan, F. R., Pratama, B. A., Yuliawan, D., & Kurniawan, W. P. (2024). Hubungan aktivitas fisik terhadap kebugaran jasmani dan keterampilan motorik peserta didik sekolah dasar. Jambura Journal of Sports Coaching, 6(1). https://doi.org/10.37311/jjsc.v6i1.23745
Supriyadi, B. (2020). Implementasi senam irama dalam kurikulum pendidikan fisik. Jurnal Pendidikan dan Kebugaran, 12(3), 78–85.
Winarno, M.E., Dwiyogo, W.D., & Pambudi, M.I. (2019). Pendidikan jasmani kesehatan dan olahraga. Jurnal Pendidikan, 12(2), 123–134.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anita Wanodiya Kurnia, Harwanto, Suharti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

.png)
.png)



.png)


.png)
