PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI PADA MAHASISWA PENJAS ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

  • Gatot Margisal Utomo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Harwanto Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Permainan Tradisional, Kebugaran Jasmani

Abstract

Tingkat kebugaran mahasiswa perlu mendapat perhatian, mengingat akan padatnya jadwal perkuliahan. Untuk menjaga kebugaran diperlukan alternatif aktifitas fisik, yaitu salah atunya dengan menggunakan permainan tradisional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kebugaran jasmani dengan menerapkan permainan tradisional pada mahasiswa Penjas Angkatan 2019 Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Adapun jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan kali ini yaitu penelitian kuantitatif karena data berupa nominal angka yang didapatkan dari hasil pretest dan posttest, dimana alat ukur yang akan diberikan kepada sampel yaitu dengan memberikan tes TKJI yang terdiri dari tes lari 60 meter, push-up dan sit-up 1 menit, dan lari sejauh 2400 meter. Dari hasil akhir yang didapatkan nilai paired sample test nya sebesar 0.12 < 0.05 sehingga ada pengaruh penerapan permainan tradisional dalam upaya meningkatkan kebugaran jasmani pada mahasiswa penjas angkatan 2019 Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Jadi kesimpulan dari hasil penelitian yaitu, permainan tradisional dapat digunakan sebagai salah satu upaya dalam rangka meningkatkan kebugaran jasmani mahasiswa Penjas angkatan 2019 Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

References

Irianto, D. P. (2002). Dasar Kepelatihan. Yogjakarta: FIK UNY.

Kusumawati, O. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. 4(2).

Maksum, A. (2012). Metodologi penelitian dalam olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Mashuri, A. (2018). PENGARUH PERMAINAN GOBAK SODOR TERHADAPPENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA KELAS VSDN PULO LOR 4 JOMBANG(Study Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri2018 Putra). Simki-Techsain, 2(4).

Montolalu, B. E. F. (2007). Bermain dan Permainan anak. Universitas Terbuka.

Muhyi, M. (2008). Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Permainan dan Olahraga Pencak Sila t. PT Gramedia Widi asaran a Indonesia.

Nurhasan. (2013). Tes dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. FPOK UPI.

Permadi, L. S. (2018). PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Simki-Techsain V, 2(5).

Prasetyo, Y. (2013). KESADARAN MASYARAKAT BEROLAHRAGA UNTUK PENINGKATAN KESEHATAN DAN PEMBANGUNAN NASIONAL. MEDIKORA, 11(2), 219–228.

Prastyana, B. R., & Putra, I. B. (2017). Efektivitas Latihan Bodyweight Training Dengan MetodeTabata Untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Mahasiswa Baru Tahun 2016-2017 Pendidikan Kepelatihan Olahraga FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Jurnal Olahraga Prestasi, 13(2).

Purba, J., Widowati, A., & Daya, W. J. (2020). Peningkatan Kebugaran Jasmani Melalui Variasi Latihan Sirkuit dan Olahraga Aerobik. Jurnal Ilmu Keolahraga, 3(1).

Setiawan, I., & Triyanto, H. (2014). Pengembagan Permainan Tradisonal Gobak Sodor Bola dalam Pembelajaran Penjas pada Siswa SD. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 4(1).

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Afabeta.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (VI). PT Rineka Cipta.

Sukadianto. (2011). Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Lubuk Agung.

Widiyatmoko, F., & Hudah, M. (2017). Evaluasi Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Penjas. Jurnal Ilmiah PENJAS, 3(2).

Published
2021-04-27
How to Cite
Gatot Margisal Utomo, & Harwanto. (2021). PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI PADA MAHASISWA PENJAS ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 197-202. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1153