PENGARUH PEMBERIAN REINFORCEMENT DAN LATIHAN MENTAL IMAGERY TERHADAP HASIL BELAJAR ROLL DEPAN DI KELAS V SDN BUNAJIH 1 LABANG MADURA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reinforcement dan latihan mental Imagery terhadap hasil belajar roll depan pada siswa kelas V SDN Bunajih 1 Labang Madura. Subyek dalam penelitian ini yaitu dilakukan pada kelas V yang berjumlah 18 siswa. Selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok dengan cara ordinal pairing. Kelompok 1 sebanyak 9 siswa mendapat perlakuan pemberian reinforcement dan latihan mental Imagery Kelompok 2 sebanyak 9 siswa mendapat perlakuan pemberian reinforcement pada siswa kelas V di SDN Bunajih 1 Labang Madura. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian reinforcement terhadap keterampilan roll depan pada siswa kelas V SDN Bunajih 1 Labang Madura yang dibuktikan sebagai berikut thitung > ttabel atau nilai thitung 3,796 > nilai ttabel 1,860 atau 0,005 < 0,05. Untuk pengaruh latihan mental imagery terhadap keterampilan roll depan pada siswa kelas V SDN Bunajih 1 Labang Madura yaitu thitung > ttabel atau nilai thitung 1,915 > nilai ttabel 1,860 atau 0,042 < 0,05, maka ada pengeruh latihan mental imagery terhadap keterampilan roll. Pada perbedaan pemberian reinforcement dan latihan mental Imagery terhadap hasil belajar roll depan yaitu thitung > ttabel atau nilai thitung 2,195 > nilai ttabel 2,119 atau 0,043 < 0,05 maka, ada perbedaan pemberian reinforcement dan latihan mental Imagery terhadap hasil belajar roll.
References
Ade Nurcahya, & Hady Siti Hadijah. (2020). Pemberian penguatan (reinforcement) dan kreatifitas mengajar guru sebagai determinan motivasi belajar siswa. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN, 5(1), 83–96.
Anwar, M. H. (2005). Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Sebagai Wahana Kompensasi Gerak Anak. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1), 45–53.
Faridah, E. (2016). MENGAJAR PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PERMAINAN “IDE KREATIF MENGOPTIMALKAN ASPEK PEDAGOGIS.” Jurnal Unimed, 15(2), 38–53.
Fitriani, Abd. Samad, & Khaeruddin. (2014). Penerapan Teknik Pemberian Reinforcement (Penguatan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas VIII.A SMP PGRI Bajeng Kabupaten Gowa. JPF, 2(3), 192–202.
Herdiyana, A., & Prakoso, G. P. W. (2016). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI YANG MENGACU PADA PEMBIASAAN SIKAP FAIR PLAY DAN KEPERCAYAAN PADA PESERTA DIDIK. J U R N a L O L a H R a G a P R E S T a S I, 12(1), 77–85.
Iswana, B. (2019). MODEL OF EXERCISE IMAGERY FOR SUPPORTS THE SUCCESS OF KICK, BEARING AND SCISSOR TECHNIQUES. Jambura Journal of Sports Coaching, 1(1).
Junaedi, A., & Wisnu, H. (2015). SURVEI TINGKAT KEMAJUAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN DI SMA, SMK, DAN MA NEGERI SE-KABUPATEN GRESIK. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 834–842.
Margono. (2012). Peranan Pendidikan Jasmani Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 2(1), 59–63.
Prasetio, R. (2016). PENGARUH PEMBERIAN POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP KONDISI PSIKOLOGIS ATLET KARATE DI KABUPATEN JOMBANG. 4(2).
Prasetya, A. B. (2016). Pengembangan Media Alat Bantu Kayang Pembelajaran Senam Lantai. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 5(3), 114–116.
Safitri, T. (2018). PENINGKATAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI ROLL DEPAN MELALUI VARIASI PERMAINAN PADA SISWA KELAS VIIIA DI SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI. UNIVERSITAS JAMBI.
Copyright (c) 2021 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.