PENGARUH WAKTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN SISWA KELAS V MI BAHRUL ULUM SUKODONO SIDOARJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian waktu pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan 1 x 140 menit dan 2 x 70 menit terhadap tingkat kebugaran dan efektifitas waktu pembelajaran siswa di kelas V MI Bahrul Ulum Sukodono Sidoarjo.Subyek dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas V yang berjumlah 44 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh waktu pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan terhadap tingkat kebugaran siswa di kelas V MI Bahrul Ulum Sukodono Sidoarjo yang dibuktikan dengan nilaithitung dan nilaittabel, atau nilaithitung 2,181 >nilaittabel 2,021 dengan kata lain terdapat terdapat perbedaan penerapan waktu dan efektifitas pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa di Kelas V MI Bahrul Ulum Sukodono Sidoarjo. Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak jadi terdapat terdapat perbedaan penerapan waktu dan efektifitas pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa di Kelas V MI Bahrul Ulum Sukodono Sidoarjo.
References
Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004; Standar Kompetensi Matapelajaran Pendidikan Jasmani SD dan MI. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Fikri, A. (2018). Studi Tentang Tingkat Kesegaran Jasmani Mahasiswa Penjaskes STKIP PGRI Lubuklinggau. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 74–83. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.135
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2016). Dokumen Kurikulum 2013. In Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Issue Desember).
Kusuma, R. A., & Winarno, M. E. (2018). Efektivitas Waktu Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 11 Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 2(2), 135. https://doi.org/10.17977/um040v2i2p135-141
Mahardika, I. M. S. (2018). Pengantar Evaluasi Pengajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitihan Dalam Olahraga. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press.
Nurfadli, R. R., Jayanti, S., & Suroto. (2015). Hubungan Indeks Massa Tubuh Dan Frekuensi Olahraga Terhadap Kebugaran Jasmani Pekerja Konstruksi Di PT. PP (PERSERO) TBK TBK Proyek Apartemen Pinnacle Semarang Pinnacle Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 3(1), 445–453.
Santoso, D. A. (2016). Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Atlet Bolavoli Putri Universitas Pgri Banyuwangi. Kejaora, 1(1), 37–46.
Saputra, Y. M. (2011). Supervisi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 17(5), 417–424.
Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803
Sugiarto, B. G. (2015). Pengaruh Distribusi Alokasi Waktu Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Perilaku Hidup Aktif Dan Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Motion, VI(1), 93–108.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.