Pengembangan Media Pembelajaran PJOK Berbasis Powtoon dengan Bercirikan Mini Project di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian pengembangan media pembelajaran PJOK berbasis powtoon dengan bercirikan mini project ini didasari dari hasil observasi terkait dengan karakteristik siswa dalam pada saat mengikuti kegiatan belajar. Fokus dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran PJOK Sekolah Dasar kelas IV pada materi gerak lokomotor dengan menggunakan powtoon yang bercirikan mini project. Desain menggunakan model Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Pelaksanaan penelitian ini di SDN 007 Waru Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur kelas IV dengan jumlah siswa 12 yang dipilih secara acak. Uji validitas dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli desain. Sedangkan uji coba dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan dari produk yang dikembangkan. Selanjutnya, instrumen penelitian menggunakan angket terdiri dari angket uji validitas ahli media, ahli materi, dan ahli desain. Data dari angket dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan produk penelitian diketahui penilaian validasi ahli keseluruhan memberikan penilaian bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan dengan nilai oprasional tiap validator yaitu 3,75. Hasil uji coba penilaian pendidik diketahui produk media pembelajaran berbasis powtoon denga bercirikan mini project pada pembelajaran gerak lokomotor diketahui nilai kelayakan sebesar 3,70 dengan kriteria Layak Digunakan. Nilai uji tiap siswa 3.5 dengan kriteria Baik. Nilai rata-rata uji operasional tiap siswa tersebut jika dimaukkan pada interval kelayakan maka masuk pada kriteria Baik. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu produk yang dikembangkan Layak digunakan tanpa revisi dan dapat dimanfaatkan oleh guru di sekolah.
References
Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya bagi pengembanagan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.
Akmalia, R., Fajriana, F., Rohantizani, R., Nufus, H., & Wulandari, W. (2021). Development of powtoon animation learning media in improving understanding of mathematical concept. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(2), 105. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i2.5710
Aldoobie, N. (2015). ADDIE model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68–72.
Anggraeni, N. K. P., & Sari, R. K. (2022). Pandangan Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Research and Development Journal of Education, 8(2), 762. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14066
Ardianti, D., Hartono, R., & Wibowo, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Berbasis Android Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 144–154.
Audia, L. W., & Sutaryono, S. (2021). Development of Motion Graphic Animation Media to Improve Rhythmic Gymnastics Skills. Elementary School Teacher, 5(1).
Garsinia, D., Kusumawati, R., & Wahyuni, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powtoon Pada Materi SPLDV. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 3(2), 44. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v3n2.p44-51
Harianja, W., & Anwar, M. (2021). Perancangan Modul Pembelajaran Berbasis HOTS dengan Mini Project Design pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 218. https://doi.org/10.29210/30031172000
Honggowiyono, P. (2015). Pertumbuhan dan perkembangan Peserta didik untuk Guru dan Calon Guru. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.
Indonesia, M. (2019). Merdeka Belajar Menuju Pendidikan Ideal. Media Indonesia.Com. Https://Mediaindonesia.Com/Humaniora/278427/Merdeka-Belajar-Menuju-Pendidikan-Ideal.
Muhajir, & Gunawan, A. (2022). Buku Panduan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas IV (4th ed.). . Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/PJOK-BG-KLS-IV.pdf.
Muhajir, & Raushanfikri, Z. (2022). Buku Panduan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD/MI. . Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Kompleks Kemdikbudristek. https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/PJOK-BG-KLS-I.pdf.
Nazir. (2014). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Nugroho, Y. D., Mintarto, E., & Khamidi, A. (2021). Kondisi Kebugaran Jasmani Siswa Overweight Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Penjaskesrek, 8(1), 69–82. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v8i1.1390
Nurdiansyah, E., Faisal, E. El, & Sulkipani, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis PowToon pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.16875
Nurfadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Pamungkas, S. W., & Jamirullah, R. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Poster Pada Materi “Perubahan Wujud Zat Benda” Kelas V Di Sdn Sarakan Ii Tangerang. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 117–134. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN. Badan Penerbit UNM. http://eprints.unm.ac.id/25438/1/Buku Media Pembelajaran.pdf
Puspitarini, Y. D., Akhyar, M., & Djono. (2019). Development of Video Media Based on Powtoon in Social Sciences. International Journal of Educational Research Review, 4(2), 198–205. https://doi.org/10.24331/ijere.518054
Ratnaningrum, I., Nurharini, A., Supriyanto, T., Yulianto, S., & Andrijati, N. (2021). The use of “powtoon” online animation video-based education media in dance learning in primary schools during the COVID-19 pandemic. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 3701–3707. https://doi.org/10.46254/an11.20210670
Sugiyono. (2017a). Metode KuantitatiSugiyono. (2017). Metode Kuantitatif. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (pp. 13–19).f. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.