Pengembangan Permainan Firedorr Games dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini mengembangkan dan menguji efektivitas "Firedorr Games" sebagai media pembelajaran PJOK untuk siswa SD, bertujuan meningkatkan aktivitas fisik, motivasi belajar, dan membuat pembelajaran lebih menarik. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Validasi dilakukan oleh ahli materi (85.33%), ahli desain (100%), ahli media (84%), teman sejawat (100%), serta uji coba kecil (89%) dan besar (90.7%) menunjukkan hasil "Sangat Baik" atau "Sangat Layak." Permainan ini efektif meningkatkan keterampilan motorik, motivasi, dan nilai kerja sama tim, berkontribusi pada inovasi pembelajaran PJOK yang interaktif dan menyenangkan.
References
Andriani, R. (2019). PENGEMBANGAN ELEKTRONIK MODUL (E-MODUL) BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PEMBELAJARAN KELOMPOK DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA JAMBI. UNIVERSITAS JAMBI.
Arrasyih, F., & Rasyid, W. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kuranji Kota Padang.
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Herminayu, H., & Sulasmono, B. S. (2020). Pengembangan Modul Pelatihan Model Pembelajaran BCCT Bagi Guru dan Kepala Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1112. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.512
Hidayat, N. A., Harwanto, & Rufi’i. (2024). Pengembangan E-Modul Pembelajaran dengan Model SAVI pada Materi Senam Lantai Kelas 5 Fase C Kurikulum Merdeka. Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga, 9(November), 221–228. https://doi.org/https://doi.org/10.36526/kejaora.v9i2.4328
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Profil Kesehatan Indonesia.
Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.33365/.v1i1.622
Muhajir, & Raushanfikri, Z. (2022). Buku Panduan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD/MI. . Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Kompleks Kemdikbudristek. https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/PJOK-BG-KLS-I.pdf.
Nopiana, N., Nurarida, I., & Suryadi, S. (2020). Peningkatan Spatial Visual Intelligence Melalui Kegiatan Bermain Engklek. Tunas Cendekia Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 139–150. https://doi.org/10.24256/cendekia.v3i2.1293
Pitriani, P., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Poluakan, C. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Materi Taksiran Operasi Hitung dan Manfaat Energi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 7189–7197. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.4036
Pranowo, A. A., Rufii, & Hakim, L. (2021). Pengembangan Model Permainan Kaspale Sebagai Alternatif Variasi Permainan Bola Kecil Dalam Pembelajaran Pjok Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 121–128. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1223
Pratiwi, A. G. (2015). Model pengembangan permainan kasti melalui permainan kasti HARLIT dalam PENJASORKES bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Wirasaba Kecamatan Bukateja Kabupaten Prubalingga.
Qomarullah, R. (2015). Model Aktivitas Belajar Gerak Berbasis Permainan Sebagai Materi Ajar Pendidikan Jasmani. Journal of Physical Education, Health and Sport, 2(2), 76–88.
Rejeki, H. S., Purwanto, D., & Mentara, H. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Journal of S.P.O.R.T, 620–631. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/sport
Rezki, Islami, F., & Br Siagian, E. A. (2023). Manfaat Permainan Olahraga Tradisional Terhadap Perkembangan Motorik Anak Sd 020 Muhammadiyah Kec. Kuok. Community Education Engagement Journal, 4(2), 10–16. https://doi.org/10.25299/ceej.v4i2.11290
Samuel, D. (2015). Antusiasme Guru Dalam Program Pengembangan Kompetensi Pedagogik Dan Determinannya *). Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 221. https://doi.org/10.24246/j.jk.2015.v2.i2.p221-231
Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Umami, A., Kurniah, N., & Delrefi. (2016). PENINGKATAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK MELALUI PERMAINAN ESTAFET. 1(1), 15–20.
Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891
Copyright (c) 2025 Arnol Firmantomo, Harwanto, Suharti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.