Pengembangan Permainan Firedorr Games dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada Siswa Sekolah Dasar

  • Arnol Firmantomo Prodi Pendidikan Jasmani Program Magister Fakultas Keguruan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Harwanto Prodi Pendidikan Jasmani Program Magister Fakultas Keguruan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Suharti Prodi Pendidikan Jasmani Program Magister Fakultas Keguruan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Firedorr Games; Pendidikan Jasmani; Sekolah Dasar; Model ADDIE; Pembelajaran Interaktif; Keterampilan Motorik

Abstract

Penelitian ini mengembangkan dan menguji efektivitas "Firedorr Games" sebagai media pembelajaran PJOK untuk siswa SD, bertujuan meningkatkan aktivitas fisik, motivasi belajar, dan membuat pembelajaran lebih menarik. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Validasi dilakukan oleh ahli materi (85.33%), ahli desain (100%), ahli media (84%), teman sejawat (100%), serta uji coba kecil (89%) dan besar (90.7%) menunjukkan hasil "Sangat Baik" atau "Sangat Layak." Permainan ini efektif meningkatkan keterampilan motorik, motivasi, dan nilai kerja sama tim, berkontribusi pada inovasi pembelajaran PJOK yang interaktif dan menyenangkan.

 

References

Andriani, R. (2019). PENGEMBANGAN ELEKTRONIK MODUL (E-MODUL) BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PEMBELAJARAN KELOMPOK DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA JAMBI. UNIVERSITAS JAMBI.

Arrasyih, F., & Rasyid, W. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kuranji Kota Padang.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Herminayu, H., & Sulasmono, B. S. (2020). Pengembangan Modul Pelatihan Model Pembelajaran BCCT Bagi Guru dan Kepala Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1112. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.512

Hidayat, N. A., Harwanto, & Rufi’i. (2024). Pengembangan E-Modul Pembelajaran dengan Model SAVI pada Materi Senam Lantai Kelas 5 Fase C Kurikulum Merdeka. Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga, 9(November), 221–228. https://doi.org/https://doi.org/10.36526/kejaora.v9i2.4328

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Profil Kesehatan Indonesia.

Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.33365/.v1i1.622

Muhajir, & Raushanfikri, Z. (2022). Buku Panduan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD/MI. . Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Kompleks Kemdikbudristek. https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/PJOK-BG-KLS-I.pdf.

Nopiana, N., Nurarida, I., & Suryadi, S. (2020). Peningkatan Spatial Visual Intelligence Melalui Kegiatan Bermain Engklek. Tunas Cendekia Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 139–150. https://doi.org/10.24256/cendekia.v3i2.1293

Pitriani, P., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Poluakan, C. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Materi Taksiran Operasi Hitung dan Manfaat Energi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 7189–7197. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.4036

Pranowo, A. A., Rufii, & Hakim, L. (2021). Pengembangan Model Permainan Kaspale Sebagai Alternatif Variasi Permainan Bola Kecil Dalam Pembelajaran Pjok Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 121–128. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1223

Pratiwi, A. G. (2015). Model pengembangan permainan kasti melalui permainan kasti HARLIT dalam PENJASORKES bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Wirasaba Kecamatan Bukateja Kabupaten Prubalingga.

Qomarullah, R. (2015). Model Aktivitas Belajar Gerak Berbasis Permainan Sebagai Materi Ajar Pendidikan Jasmani. Journal of Physical Education, Health and Sport, 2(2), 76–88.

Rejeki, H. S., Purwanto, D., & Mentara, H. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Journal of S.P.O.R.T, 620–631. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/sport

Rezki, Islami, F., & Br Siagian, E. A. (2023). Manfaat Permainan Olahraga Tradisional Terhadap Perkembangan Motorik Anak Sd 020 Muhammadiyah Kec. Kuok. Community Education Engagement Journal, 4(2), 10–16. https://doi.org/10.25299/ceej.v4i2.11290

Samuel, D. (2015). Antusiasme Guru Dalam Program Pengembangan Kompetensi Pedagogik Dan Determinannya *). Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 221. https://doi.org/10.24246/j.jk.2015.v2.i2.p221-231

Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Umami, A., Kurniah, N., & Delrefi. (2016). PENINGKATAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK MELALUI PERMAINAN ESTAFET. 1(1), 15–20.

Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891

Published
2025-04-11
How to Cite
Firmantomo, A., Harwanto, & Suharti. (2025). Pengembangan Permainan Firedorr Games dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 10(1), 6-13. https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i1.4902