Komponen Bioaktif dari Euchema cottonii, Ulva lactuca, Halimeda opuntia, dan Padina australis

  • Ilmiyah Hudaifah Universitas PGRI Banyuwangi
  • Dewi Mutamimah Universitas PGRI Banyuwangi
  • Arfiati Ulfa Utami Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: Ekstrak rumput laut, Bioaktif, Antioksidan

Abstract

Senyawa bioaktif merupakan senyawa yang terdapat pada tumbuhan dan hewan. Rumput laut diketahui memiliki senyawa bioaktif seperti alkaloid, flavonoid, steroid, triterpenoid, saponin dan tanin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kandungan bioaktif dan aktivitas antioksidan pada Euchema cottonii, Ulva lactuca, Halimeda opuntia dan Padina australis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terkandung komponen aktif pada rumput laut Euchema cottonii antara lain alkaloid, flavonoid, dan saponin. Pada jenis Padina australis terkandung komponen aktif alkaloid, triterpenoid, saponin, dan tanin. Pada jenis Halimeda opuntia mengandung komponen aktif alkaloid, flavonoid, dan triterpenoid. Pada jenis Ulva lactuca terkandung komponen aktif alkaloid, flavonoid, triterpenoid, saponin dan tanin. Data yang diperoleh pada uji antioksidan pada rumput laut Ulva lactuca mengandung aktivitas antioksidan sebesar 54,4%, Euchema cottonii 49,6%, Halimeda opuntia 51,6% dan Padina australis 52,3%.

Author Biographies

Ilmiyah Hudaifah, Universitas PGRI Banyuwangi

Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian

Dewi Mutamimah, Universitas PGRI Banyuwangi

Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian

Arfiati Ulfa Utami, Universitas PGRI Banyuwangi

Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian

References

Ananda, S.M. 2019. Aktivitas Antioksidan dari Ekstrak Etanol Rumput Laut Merah (Eucheuma cottonii) di Perairan Kabupaten Aceh Jaya. (Skripsi). Aceh: Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Firdiyani. F., Agustini. W.T., & Ma’ruf. F.W. 2015. Ekstraksi Senyawa Bioaktif sebagai Antioksidan Alami Spirulina platensis Segar dengan Pelarut yang Berbeda. JPHPI Vol. 18(1)

Gazali, M., Nurjanah & Zamani, N. P. 2019. The Screening of Green Algae Halimeda opuntia (Linnaeus) as an Antioxidant from the Coast of West Aceh. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, Vol. 24(3): 267–272.
Haryani TS, Sari BL, & Triasti nurmiati ningsih. 2014. Efektivitas Ekstrak Padina australis sebagai Antibakteri Escherichia coli Penyebab Diare. Prosiding Seminar Nasional Biodiversitas V.
Hidayati, R.J., Ridlo, A., dan Pramesti, R. 2017. Aktivitas Antioksidan Ekstrak Rumput Laut Padina sp. dari Perairan Bandengan Jepara dengan Metode Transfer Elektron. Jurnal Buletin Oseanografi Marina. Vol. 6 (1): 46–52
Maharany, F., Nurjanah., Suwandi, R., Anwar, E. T., dan Hidayat. 2017. Kandungan Senyawa Bioaktif Rumput Laut Padina australis dan Eucheuma cottonii sebagai Bahan Baku Krim Tabir Surya. Jphpi, Vol. 20. Hal. 10–17.
Margaretta, S., Handayani, S. D., Indraswati, N., dan Hendarso, H. 2011. Ekstraksi Senyawa Phenolic Pandanus amaryllifolius roxb. sebagai Antioksidan Alami. Jurnal Teknik. Vol. 10(1): 21–30.
Prabowo, A.Y,T. Estiasih, I. dan Purwatiningrum. 2014. Umbi gembili (Dioscorea esculenta L.) sebagai bahan pangan mengandung senyawa bioaktif: kajian pustaka. Jurnal Pangan dan Agroindustri. Vol. 2(3): 129-135.
Puji L., Lantah., Lita A,D,Y., Montolalu., Albert R., dan Reo 2017. Kandungan Fitokimia dan Aktivitas Antioksidan Ekstrak Metanol Rumput Laut Kappaphycus alvarezii. Jurnal Media Teknologi Hasil Perikanan. Vol. (5)3.
Trisniawati, D., 2015. Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat Pesisir Desa Sumber Kencono Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun 2008-2014. [Skripsi]. Fakultas Sastra, Universitas Jember:Jember (Hal:2)
Published
2020-10-31
How to Cite
Hudaifah, Ilmiyah, MutamimahDewi, and UtamiArfiati Ulfa. 2020. “Komponen Bioaktif Dari Euchema Cottonii, Ulva Lactuca, Halimeda Opuntia, Dan Padina Australis”. JURNAL LEMURU 2 (2), 63-70. https://doi.org/10.36526/lemuru.v2i2.1268.

Most read articles by the same author(s)