PRAKTIK KERJA LAPANG PENANGANAN PASCA PANEN DI UNIT PELAYANAN TEKNIS PELABUHAN PERIKANAN PANTAI MUNCAR

  • Ike Kartika Anggraini
Keywords: Penanganan Pasca Panen, Sistem Rantai Dingin, UPT PPP Muncar

Abstract

Pada bidang perikanan istilah pasca panen diartikan sebagai berbagai tindakan atau perlakuan yang diberikan pada hasil perikanan setelah panen hingga komoditas berada di tangan konsumen. Istilah tersebut secara lebih tepat disebut pasca produksi (postproduction) yang dapat dibagi dalam dua bagian atau tahapan, yaitu pasca panen (postharvest) dan pengolahan (processing).  Penanganan pasca panen (postharvest) sering disebut juga sebagai pengolahan primer (primary processing) merupakan istilah yang digunakan untuk semua perlakuan dari mulai panen sampai komoditas dapat dikonsumsi “segar” atau untuk persiapan pengolahan berikutnya. Umumnya perlakuan tersebut tidak mengubah bentuk penampilan atau penampakan, kedalamnya termasuk berbagai aspek dari pemasaran dan distribusi. Pengolahan (secondary processing) merupakan tindakan yang mengubah hasil tanaman ke kondisi lain atau bentuk lain dengan tujuan dapat tahan lebih lama pengawetan, mencegah perubahan yang tidak dikehendaki atau  untuk  penggunaan lain. Ke dalamnya termasuk pengolahan pangan dan pengolahan industri.

References

Adawyah, R. (2008). Pengolahan dan Pengawetan Ikan. Bumi Aksara Jakarta. Hal. 19.

Afrianto, E. dan E. Liviawaty. (1992). Pengawetan dan Pengolahan Ikan. 1992. Universitas Padjajaran: Bandung.

Arismunandar, W. dan H. Saito. (2005). Penyegaran Udara. PT. Pradnya Paramitha, Jakarta.

Estianisih T. dan Ahmadi. (2009). Teknologi Pengolahan Pangan. Jakarta. Bumi Aksara. Hal. 130-140.

Murtono. A, Kalangi. P.N.I dan Kaparang. F.E. (2015) Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap. Vol. 2(2): 89-93

Murdiyanto, Bambang. (2004). Pelabuhan Perikanan. Edisi Pertama. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut pertanian Bogor. Bogor. 142 hlm
Murniyati,A. S dan Sunarman. (2000). Pendinginan, Pembekuan dan Pengawetan Ikan. Kanisius: Jogjakarta.

Nugraheni. H, Rosyid. A dan Boesono. H (2013) Jurnal Fisheries Resources Utilization Management and Technology. Vol. 2(1): 85-94

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER.8/MEN/2012 Tentang Kepelabuhan Perikanan.

Quang A. (2005). Kualitas Ikan Layang Deles (Decapterus macrosoma) Segar Pasca Pendaratan Sampai Pemasaran Akhir di Kota Makassar. Universitas Hasanuddin: Makassar.
Published
2021-03-31
How to Cite
Anggraini, Ike Kartika. 2021. “PRAKTIK KERJA LAPANG PENANGANAN PASCA PANEN DI UNIT PELAYANAN TEKNIS PELABUHAN PERIKANAN PANTAI MUNCAR”. JURNAL LEMURU 3 (1), 8-14. https://doi.org/10.36526/lemuru.v3i1.1274.