STUDI KORELASI ANTARA KOMPETENSI GURU DENGAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMKN 1 TEGALSARI

  • HABIB ROMLI PendidikanSejarah Fakultas Keguruan dendidikan Universitas PGRI Banyuwangi
  • DIAJENG EKA PERTIWI PendidikanSejarah Fakultas Keguruan dendidikan Universitas PGRI Banyuwangi
  • AGUS MURSIDI PendidikanSejarah Fakultas Keguruan dendidikan Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Tujuan penelitian adalah secara mayor untuk mengetahui ada tidaknya korelasi motivasi kompetensi siswa dengan disiplin belajar siswa pada siswa kelas XI  semester genap SMKN 1 Tegalsari Tahun Pelajaran 2014/2015 dan secara minor terbagi menjadi dua yaitu minor I adalah ada tidaknya korelasi motivasi kompetensi siswa dengan disiplin belajar siswa di sekolah pada siswa kelas XI  semester genap SMKN 1 Tegalsari Tahun Pelajaran 2014/2015 dan minor II adalah ada tidaknya korelasi motivasi kompetensi siswa dengan disiplin belajar siswa di rumah pada siswa kelas XI  semester genap SMKN 1 Tegalsari Tahun Pelajaran 2014/2015. Hipotesa yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: hipotesa mayor adalah ada hubungan antara motivasi kompetensi siswa dengan disiplin belajar siswa pada kelas XI semester genap SMKN 1 Tegalsari tahun pelajaran 2014/2015. Sedangkan hipotesis minor terbagi menjadi dua yaitu minor I adalah ada hubungan antara motivasi kompetensi siswa dengan disiplin belajar siswa di sekolah pada kelas XI semester genap SMKN 1 Tegalsari tahun pelajaran 2014/2015, dan minor II adalah ada hubungan antara motivasi kompetensi siswa dengan disiplin belajar siswa di rumah pada kelas XI semester genap SMKN 1 Tegalsari tahunpelajaran 2014/2015. Interprestasi hipotesa kerja minor I dapat dilihat dari koefisien korelasi hasil hitung rXYI adalah 0,789 terletak antara 0,600 – 0,800 berarti tergolong korelasi cukup. Interprestasi hipotesa kerja minor II dapat dilihat dari koefisien korelasi hasil hitung rXY2 adalah 0,440 terletak antara 0,400 – 0,600 berarti tergolong korelasi sedang. Interprestasi hipotesa kerja mayor dapat dilihat dari koefisien korelasi hasil hitung rXY adalah 0,791 terletak antara 0,800 – 1,000 berarti tergolong korelasi tinggi.

References

Arikunto, Suharsini. 1985.Prosedur Penelitian, suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

BimoWalgito. 1983. BimbingandanPenyuluhan di Sekolah. Jember: FKIP Unej.

Depdiknas. 2006. Kurikulum 2006 StandarKompetensi Mata Pelajaran. Jakarta: Pendidikan Nasional Indonesia.

DjahiriKosasih. 2007. KapitaSelektaPembelajaran. Bandung. Lab PMPKN FPIPS UPI Bandung.

Hamalik. 1994. Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya Bakti.

Hafidz, Hasan. 1989. Dasar-DasarGuruandanIlmuJiwa. Solo: Ramadhani.

Imron R. 2006. Studikorelasiantaraprestasibelajardengankenakalanremajapada MTs MiftahulUlumNgingitTumpang Malang. Malang: UIN.

Kartini Kartono. 1986. Pengertian Metoded Research. Bandung: Alumni.

Nana Sudjana. 1989. Dasar-Dasar Proses BelajarMengajar. Bandung: PT. SinarBaruAlgensindo.

Published
2017-05-24
How to Cite
ROMLIH., PERTIWID. E., & MURSIDIA. (2017). STUDI KORELASI ANTARA KOMPETENSI GURU DENGAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMKN 1 TEGALSARI. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 1(1). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/65