https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/issue/feed Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora) 2025-03-28T12:55:40+00:00 Agus Mursidi ejournal@unibabwi.ac.id Open Journal Systems <p>Santhet Journal (e-ISSN: 2541-6130 Print ISSN 2541-2523) published by the Historical Education Study Program of the Teaching and Education Faculty of PGRI Banyuwangi University, published twice in (Desember-Juni) &amp; (Juli-November). The Santan Journal covers all fields and periods in historical education, Indonesian history and Humanities, which discuss all aspects of history including economic, social, cultural, and political. All who discuss history are also invited.</p> <p>This journal accepts a variety of formats including articles from scientific forums, review essays, and special issues. The editor also receives book reviews for publication in a special section of the publication. These articles can be written for submission in Indonesian and English</p> https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/5079 The Process of Empowering the Water User Farmers Association (P3A) in Purwodadi Village, Belitang Mulya District, Ogan Komering Regency, Ulu Timur 2025-03-20T09:06:55+00:00 Rizky Martha Amelia rizkymamelia@gmail.com Yunindyawati Yunindyawati yunindyawati@fisip.unsri.ac.id Yoyok Hendarso yoyok_hendarso60@yahoo.co.id <p>Pemberdayaan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) di Desa Purwodadi, Kecamatan Belitang Mulya, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur merupakan bagian dari Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI). Penelitian menggunakan Metode Kualitatif engan Penekatan Deskriptif. Penelitian ini mengkaji tahapan dalam proses pemberdayaan P3A, yang meliputi persiapan, assessment, perencanaan, implementasi, evaluasi, dan terminasi. Proses ini melibatkan berbagai kegiatan seperti pembentukan kelompok P3A, pelatihan teknis penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Detailed Engineering Design (DED), pengelolaan keuangan, serta pemanfaatan teknologi pertanian. Selain itu, dilakukan penguatan kapasitas petani melalui edukasi sistem irigasi, penggunaan pompa air dan sumur bor, serta penerapan inovasi pertanian seperti biosaka dan asap cair. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan berbasis partisipasi dalam pemberdayaan ini telah meningkatkan keterampilan teknis dan manajerial anggota P3A, serta memperkuat kemandirian dalam pengelolaan jaringan irigasi. Dengan adanya proses yang sistematis, P3A diharapkan mampu mempertahankan keberlanjutan sistem tata guna air secara mandiri.</p> 2025-03-20T09:04:48+00:00 Copyright (c) 2025 Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/4135 History History of the Great Mosque of Sidoarjo in Building the Character of Mosque Youth in Sidoarjo 2025-03-23T15:24:03+00:00 Dian Sadam Andrianto diansaddam82@gmail.com J. Priyanto Widodo prowidodo18@gmail.com Satrio Wibowo prowidodo18@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan menjelaskan Sejarah Berdirinya Masjid Agung Sidoarjo dan pembinaan karakter pada Remaja Masjid di Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan kajian sejarah dengan pendekatan: (1) Heuristik, menemukan informasi melalui studi pustaka, observasi, dan wawancara; (2) Kritik intern, memverifikasi akurasi informasi dengan membandingkannya dengan sumber yang sama; (3) Interpretasi, mengumpulkan fakta-fakta; dan (4) Historiografi, menyusun fakta secara kronologis untuk menghindari kebingungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Masjid Agung Sidoarjo dibangun secara sederhana pada tahun 1862 M, seiring dengan pemindahan rumah kabupaten dari Kampung Pandean ke Kampung Wates. Meskipun sederhana, masjid ini mulai menjadi pusat kegiatan keagamaan dan sosial bagi masyarakat setempat, dan dari tahun ke tahun, Masjid Agung Sidoarjo terus mengalami pemugaran. Dalam upaya meningkatkan dakwah di Sidoarjo, tidak cukup hanya mengandalkan rutinitas keagamaan lokal. Di era globalisasi ini, di mana teknologi dan informasi semakin maju, dakwah juga perlu disebarkan lebih luas dan dikembangkan. Mengandalkan hanya pemuka agama di suatu wilayah tidak akan mencukupi untuk menyampaikan dakwah secara efektif. Remaja Masjid dapat berperan sebagai platform untuk mengembangkan bakat-bakat keagamaan di komunitas tersebut. Selain itu, Remaja Masjid juga memiliki peran penting dalam mengembalikan fungsi masjid sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial di pedesaan. Dengan memanfaatkan teknologi dan media sosial, dakwah dapat menjangkau lebih banyak orang, sehingga peran masjid dan remaja masjid menjadi semakin penting dalam menyebarkan nilai-nilai keagamaan dan sosial secara lebih luas dan efektif.</p> 2025-03-23T15:24:02+00:00 Copyright (c) 2025 Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/5108 THE TRADITIONAL CULINARY TOURISM PROGRAM IN BOGOR CITY, WEST JAVA BASED ON TOURIST PREFERENCES 2025-03-23T16:32:28+00:00 Kania Sofiantina Rahayu kaniasofia@apps.ipb.ac.id Dyah Prabandari kaniasofia@apps.ipb.ac.id Annisa Rizkiriani kaniasofia@apps.ipb.ac.id <p>Bogor is a city that represents a blend of traditional Sundanese culture, colonial culture, and the modernity of a metropolitan city. A variety of dishes are offered, ranging from traditional regional specialties to modern fast food. Bogor City is worthy of being a Culinary Destination Area because culinary tourism in Bogor City offers various types of modern and traditional food. Culinary tourism in Bogor City is dominated by modern culinary tourism. This condition is one of the factors that make traditional food rarely found. The culinary distribution of Bogor City is dominant in the city center and the distance between culinary tourism locations is close together, making it easier for tourists to find various culinary delights. This condition has the potential to plan a culinary tourism program. This study aims to identify the motivations, perceptions, and preferences of tourists and Bogor traditional food producers/traders regarding planning traditional culinary tourism programs, identify the readiness of producers/traders in planning traditional culinary tourism programs, and plan Bogor City traditional culinary tourism programs. The output of this research is tourism programs and promotional media. The research respondents were as many as this research. The data were analyzed using the Principal Component Analysis statistical test. Based on the results of the analysis, the indicators with the highest Reflective Interrelation Value are indoor events (0.866), Daily Tour programs (0.844), and Deposit financing.</p> 2025-03-23T16:05:43+00:00 Copyright (c) 2025 Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/4136 Planning, Implementation, and Evaluation of Problem-Based Learning in Improving Students' Critical Thinking Skills on History Subjects 2025-03-23T16:31:34+00:00 Nuruz Tri Wilujeng nuruztriwilujeng@gmail.com J. Priyanto Widodo prowidodo18@gmail.com Satrio Wibowo sugali.satrio@gmail.com <table style="font-weight: 400;" width="536"> <tbody> <tr> <td width="369"> <p>This research explores the implementation of Problem-Based Learning (PBL) model in history learning at SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong and evaluates its effectiveness in improving students' critical thinking skills. Qualitative research method was used with data from observation, interview, and document analysis in class XI 5. The result of this study shows that the lesson planning involves ATP and interesting Teaching Module, with PBL that encourages students to think critically through group discussion and presentation. Evaluation was conducted comprehensively. PBL effectively improves students' critical thinking skills and makes history learning more relevant and interesting. The implementation of Merdeka Curriculum with PBL creates a dynamic and student-centred learning atmosphere.</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2025-03-23T16:31:34+00:00 Copyright (c) 2025 Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/4767 Analysis of the Implementation of Independent Learning on Student Learning Motivation at SMK N 4 Denpasar 2025-03-23T16:52:20+00:00 I Gusti Ayu Ika Monika Prastyandhari ayumonika@undhirabali.ac.id I Putu Pranatha Sentosa ayumonika@undhirabali.ac.id Ni Made Erpia Ordani Astuti ayumonika@undhirabali.ac.id <p>Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, siswa akan lebih termotivasi karena diberikan keleluasaan untuk lebih memahami materi yang disampaikan guru, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih mendalam. Dalam hal ini guru harus berperan sebagai fasilitator, mediator, dan motivator bagi siswa, sementara sekolah harus memperbaiki kualitas sumber daya manusia dan fasilitas pembelajaran yang terbatas. Kondisi lingkungan sekolah, seperti fasilitas dan infrastruktur, juga mempengaruhi motivasi belajar siswa. Sekolah yang memiliki fasilitas yang lengkap dan baik dapat menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan menyenangkan bagi siswa, yang memungkinkan mereka untuk lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Tujuan: Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana kurikulum ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, serta untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh guru dan sekolah dalam proses implementasi kurikulum.</p> 2025-03-23T16:52:20+00:00 Copyright (c) 2025 Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/4723 IMPLEMENTATION OF THE PANCASILA STUDENT PROFILE STRENGTHENING PROJECT (P5) SUBTHEME OF PRESERVING ARCHIPELAGO CULTURE 2025-03-25T13:34:08+00:00 Nadia Oktaviani 2110111320002@mhs.ulm.ac.id Heri Susanto 2110111320002@mhs.ulm.ac.id Melisa Prawitasari 2110111320002@mhs.ulm.ac.id <p>Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu implementasi dari Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk membentuk karakter pelajar yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan P5 dengan subtema pelestarian budaya Nusantara dalam pembelajaran sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian dilakukan di salah satu SMA di Indonesia yang telah menerapkan P5 dalam pembelajaran.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan P5 subtema pelestarian budaya Nusantara memberikan dampak positif terhadap pemahaman siswa mengenai kekayaan budaya Indonesia sekaligus menumbuhkan kesadaran mereka untuk melestarikannya. Aktivitas projek seperti pembuatan karya seni tradisional, eksplorasi tradisi lokal, dan penyelenggaraan pameran budaya berhasil meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Selain itu, nilai-nilai kolaborasi, kreativitas, dan rasa tanggung jawab siswa terhadap budaya bangsa terlihat semakin berkembang. Namun, penelitian juga mengidentifikasi tantangan seperti keterbatasan sumber daya pendukung dan kebutuhan peningkatan kompetensi guru dalam memfasilitasi kegiatan projek berbasis budaya.</p> <p>Penelitian ini menyimpulkan bahwa P5 subtema pelestarian budaya Nusantara merupakan langkah strategis dalam penguatan karakter siswa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Rekomendasi diberikan kepada pihak sekolah dan pemangku kebijakan untuk memperluas akses sumber daya serta meningkatkan pelatihan guru agar implementasi P5 semakin optimal dan berkelanjutan.</p> 2025-03-25T13:34:07+00:00 Copyright (c) 2025 Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora) https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/5141 Keabsahan Pemberhentian Perangkat Desa dalam Putusan PTUN Medan No.180/G/2020/PTUN-MDN: Kajian Hukum Administrasi dan Fiqh Siyasah 2025-03-28T12:55:40+00:00 Intan Mustika Lestari intanmustika070@gmail.com Khalid Khalid khalid@uinsu.ac.id <p>This study explores the legitimacy of the dismissal of a village official as adjudicated in the Administrative Court Decision No. 180/G/2020/PTUN-MDN, analyzing the issue through the lens of Administrative Law and <em>Fiqh Siyasah</em> (Islamic political jurisprudence). The research addresses the central question: to what extent is the dismissal legally valid within the framework of state administrative law and Islamic governance principles? Employing a normative juridical method, this study examines statutory regulations, court documents, and relevant scholarly interpretations. The findings indicate that the dismissal violated procedural principles of good governance as stipulated in Indonesian administrative law, including principles of due process and legal certainty. Furthermore, from a <em>Fiqh Siyasah</em> perspective, the decision reflects a misuse of authority, contradicting the values of justice (<em>‘adl</em>) and public accountability (<em>maslahah</em>). The court's ruling to annul the dismissal reinforces the imperative of administrative justice and the ethical exercise of public power. This study concludes that harmonizing positive law with Islamic governance principles can enrich legal interpretations and strengthen the rule of law in village administration.</p> 2025-03-28T12:55:40+00:00 Copyright (c) 2025 Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora)