PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARCER (AUGMENTED REALITY CERPEN) BERBANTUAN ASSEMBLR EDU DAN CANVA PADA MATERI TEKS CERPEN SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN AJARAN 2023/2024

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARCER (AUGMENTED REALITY CERPEN) BERBANTUAN ASSEMBLR EDU DAN CANVA PADA MATERI TEKS CERPEN SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN AJARAN 2023/2024

  • ARIANSYAH UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI
  • Isnaini Leo Shanty Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Tety Kurmalasari Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Legi Elfitra Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Abdul Malik Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Dody Irawan Universitas Maritim Raja Ali Haji
Keywords: PENGEMBANGAN, MEDIA PEMBELAJARAN, SISWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran ARCER (Augmented Reality Short Story) pada materi teks cerita pendek untuk siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tanjungpinang tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah R&D dan Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D hingga tahap pengembangan. Produk yang dikembangkan pada penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis digital yang akan dirancang dengan bantuan Assemblr EDU dan Canva. Media pembelajaran ini dinilai berdasarkan penilaian dua orang ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Jumlah siswa pada uji coba media ini adalah 10 siswa untuk kelompok kecil dan 30 siswa untuk kelompok besar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, angket validasi media oleh ahli media dan ahli materi, serta angket kepraktisan media oleh siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan dua teknik yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata sebesar 98% dengan kualifikasi “sangat valid” untuk media, nilai rata-rata sebesar 80% dengan kualifikasi “valid” untuk materi. Selain itu penelitian ini menguji kepraktisan media kepada siswa yang memperoleh skor rata-rata 78% dengan kualifikasi “valid” oleh kelompok kecil dan skor rata-rata 82% dengan kualifikasi “sangat valid” oleh kelompok besar.

 

References

Alek A. dan H. Achmad H. P. (2010). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada
Batubara, Hamdan Husein. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.
Dewi, Putri Kemala dan Budiana, Nia. (2018). Media Pembelajaran Bahasa: Aplikasi Teori Belajar dan Strategi Pengoptimalan Pembelajaran. Malang: UB Press.
Devianty, Rina. (2017). Jurnal Tarbiyah (Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan). Medan : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara dan HS-PAI Sumatera Utara
Djumingin, Sulastriningsih. (2022). "Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia" Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar

Febrita, Yolanda., & Ulfah, Maria. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa. Universitas Indraprasta PGRI
Gunawan., dan Ritonga, A.A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. Medan: Rajawali
Pers.
Indriyani, Lemi. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prodi Pendidikan Sosiologi, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten, Indonesia
Jamaludin, U. & Rachmatullah, R. (2018). Pembelajaran Pendidikan IPS Teori Konsep dan Aplikasi
Bagi Guru dan Mahasiswa. Bekasi : CV. Nurani.
Kristanto, Andi. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Penerbit Bintang Surabaya.
Kustandi, Cecep dan Darmawan, Daddy. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. (ed.); Ke-1). Jakarta: Kencana.
Mais, Asrorul. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jawa Timur: CV. Pustaka Abadi.
Mulyaningtyas, Rahmawati. (2020). Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta Timur: Alim’s Publishing.
Muspirah, Novianti. 2013. “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat dan Islam”. Jurnal Scientiae Educatiae Educatia. Vol 2 (2): 6-7.
Noermanzah, N. (2015). Peran Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Mempertahankan Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia pada Era Globalisasi. Dalam Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, p. 274.
Nurgiyantoro. B. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. (Cetakan ke-12) Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Purba, E. K., & Rahmadi, P. (2021). Upaya Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Media Pembelajaran Quizizz Pada Proses Pembelajaran Daring. Kumpulan Artikel Ilmiah Rumpun Ekonomi dan Ilmu Sosial, 1(2), 146-163.
Romansyah, Khalimi. (2016).”Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia” Jurnal Logika, Vol XVII, No 2 Agustus 2016.
Sadjati, Ida M. (2012). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Tebuka.
Sanjaya, W. (2018). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.
Sari, Dian Retno, (2015). Makalah Bahan Ajar. Palngka Raya: Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.
Sudjana, N. (2015). Media Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, Cv.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhari, Yohanes., Diartono, D.A., Jananto, Arief. (2019) Kemudahan dan Kegunaan serta
Pengaruhnya Terhadap Niat Menggunakan E-Learning. Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Stikuban
Susanti, E, Juarni. (2018). Application Of Ict Based Contextual Approach To Improve Writing Short Story Skill and Learning Interest Of Senior High School Students. Jler (Journal Of Language Education Research), 1(3), 16.
Published
2024-05-09
How to Cite
ARIANSYAH, Isnaini Leo Shanty, Tety Kurmalasari, Legi Elfitra, Abdul Malik, & Dody Irawan. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARCER (AUGMENTED REALITY CERPEN) BERBANTUAN ASSEMBLR EDU DAN CANVA PADA MATERI TEKS CERPEN SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN AJARAN 2023/2024: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARCER (AUGMENTED REALITY CERPEN) BERBANTUAN ASSEMBLR EDU DAN CANVA PADA MATERI TEKS CERPEN SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 528-545. https://doi.org/10.36526/santhet.v8i1.3471