IDENTIFIKASI KEMAMPUAN METAKOGNITIF CALON GURU MATEMATIKA DALAM PENYELESAIAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

  • Nia Dwi Aprilia Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas PGRI Banyuwangi
  • Eko Listiwikono Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas PGRI Banyuwangi
  • Rachmaniah Mirza Hariastuti Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognitif mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Banyuwangi angkatan 2014 dan 2015 berdasarkan gaya belajar. Dengan mengetahui kemampuan metakognitif mahasiswa sesuai gaya belajarnya diharapkan mahasiswa mampu merancang, memantau, dan merefleksikan proses belajar secara sadar, sehingga akan menjadi lebih percaya diri dan lebih mandiri dalam belajar. Penentuan subyek dilakukan dengan metode purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif berdasarkan indikator yang telah ditentukan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kemampuan metakognitif subyek dengan gaya belajar visual sudah memenuhi kriteria M1 (mampu menuliskan rencana penyelesaian), tetapi belum memenuhi kriteria M2 (mampu menyelesaikan soal dengan langkah yang tepat) dan M3 (mengevaluasi hasil pekerjaan). Kemampuan metakognitif subyek dengan gaya belajar auditori sudah memenuhi kriteria M1 dan M2, tetapi belum memenuhi kriteria M3. Kemampuan metakognitif subyek dengan gaya belajar kinestetik sudah memenuhi kriteria M1 dan M2, tetapi belum memenuhi kriteria M3.

Published
2018-06-30
How to Cite
ApriliaN. D., ListiwikonoE., & HariastutiR. M. (2018). IDENTIFIKASI KEMAMPUAN METAKOGNITIF CALON GURU MATEMATIKA DALAM PENYELESAIAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 23-36. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/transformasi/article/view/247