PROFIL PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMPN 1 TEGALDLIMO DITINJAU DARI KECERDASAN MAJEMUK
Abstract
Manusia merupakan mahkluk yang unik karena memiliki kombinasi kemampuan yang berbeda dalam mengatasi permasalahan dalam kehidupannya, yang disebut sebagai kecerdasan majemuk. Salah satu permasalahan yang dihadapi manusia ada dalam proses pembelajaran, salah satunya matematika. Pembelajaran matematika membutuhkan pemahaman yang baik agar dapat diaplikasikan dalam hal-hal lain di kehidupan. Pemahaman itu dikenal sebagai pemahaman matematis.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan mengidentifikasi dan mendeskripsikan pemahaman matematis siswa ditinjau dari kecerdasan majemuk unggulannya. Responden penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Tegaldlimo sebanyak 137 siswa atau 50% dari jumlah siswa kelas VIII yang kemudian diambil 1 subyek dari tiap kecerdasan unggulan untuk dijadikan subyek penelitian. Penentuan subyek dengan metode purposive dan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, dan dokumentasi, dengan wawancara berfungsi sebagai triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) dapat diidentifikasi adanya 9 jenis kecerdasan majemuk diantara responden yang diteliti; 2) subyek penelitian dengan kecerdasan bahasa atau lingustik intelegency, logis-matematis, visual-spasial, kinestetik, intrapersonal, musikal, naturalis, dan eksisitensial memiliki pemahaman matematis yang baik, dan 3) subyek penelitian dengan kecerdasan interpersonal belum memiliki kecerdasan matematis yang baik.
Kata kunci: Kecerdasan Majemuk Unggulan, Pemahaman Matematis, Bangun Ruang Sisi Datar