ANALISIS TINGKAT KESUKARAN DAN DAYA PEMBEDA SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA (OMI) TINGKAT SMP TAHUN 2018

  • Sukma Sacita Dewi Universitas PGRI Banyuwangi
  • Rachmaniah Mirza Hariastuti Universitas PGRI Banyuwangi
  • Arfiati Ulfa Utami Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan analisis tingkat kesukaran dan daya pembeda pada soal OMI(Olimpiade Matematika Integral) tingkat SMP khususnya pada soal pilihan ganda.Analisis soal dilakukan untuk mengetahui apakah soal yang dibuat sudah tergolong layak dan baik, serta memberikan hasil terbaik dalam mengukur kemampuan siswa.Penentuan subyek dilakukan dengan metode purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan wawancara.Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan hasilnya dijabarkan secara deskriptif dengan metode kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan tingkat kesukaran soal dari 20 soal OMI tingkat SMP terdapat 11  kategori sukar, 8 kategori sedang, 1 kategori mudah. Sedangkan berdasarkan daya pembeda maka soal tersebut termasuk 10  kategori sangat baik, 5 kategori cukup baik, 2 kategori sedang, 3 kategori buruk. Berdasarkan analisis data yang diperole dapat disimpulkan bahwa soal pilihan ganda pada OMI tingkat SMP masih membutuhkan perbaikan.Hal ini dilakukan karena masih ada daya pembeda yang masuk kategori buruk dan sedang, itu artinya daya pembeda pada soal tersebut memerlukan perbaikan, bahkan ada beberapa yang harus dibuang dan digantikan dengan pilihan jawaban yang baru.

References

Azis. (2016). Analisis Tes Buatan Guru Bidang Studi Matematika Kelas V SD 1 Katobengke. ISSN:2008-2157 Vol. 6 No. 1, 18.

Hariyanto, I. B. (2017). Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kadir, A. (2015). Menyusun dan Menganalisis Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta'dib Vol. 8, No. 2, Juli-Desember, 72.

Mardapi, D. (2017). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Badung: Alfabeta.

Suwarto. (2016). Karakteristik Tes Biologi Kela 7 Semester Gasal. Jurnal Penelitian Humaniora Vol. 17, No. 1, 3.

Syamsudin. (2012). Pegukuran Daya Pembeda, Taraf Kesukaran, dan Pola Jawaban Tes (Analisis Butir Soal). Jurnal Ilmu Tarbiyah "At-Tajid" vol. 1, No. 2, 189-190.

Published
2019-07-29
How to Cite
DewiS. S., HariastutiR. M., & UtamiA. U. (2019). ANALISIS TINGKAT KESUKARAN DAN DAYA PEMBEDA SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA (OMI) TINGKAT SMP TAHUN 2018. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 15-26. https://doi.org/10.36526/tr.v3i1.388