THE CHARACTER VALUES OF THE BEJI ANTABOGA SITE COMPLEX AS A RELIGIOUS TOURISM DESTINATION IN BANYUWANGI REGENCY
DOI:
https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v14i4.5960Keywords:
Beji Antaboga Site, Religious Ecotourism, Character Values, Tolerance, Religious DiversityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejarah kompleks situs Beji Antaboga, arsitektur kompleks situs Beji Antaboga dan nilai-nilai karakter pada kompleks situs Beji Antaboga yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan sejarah kompleks situs Beji Antaboga yang diyakini sebagai candi Maha Rsi Markandeya dan penemuan mata air pada tahun 1991 yang disebut sebagai Tirta Tri Murti. Ada simbol atau bangunan dari enam agama dan satu kepercayaan, yaitu, Hindu, Islam, Kristen, Katolik, Budha, Konfusianisme dan Kejawen yang hidup berdampingan dalam satu daerah dengan karakteristik arsitektur bangunan yang mencerminkan masing-masing agama dan kepercayaan. Nilai-nilai karakter seperti toleransi, spiritualitas, gotong royong, kerukunan dapat ditemukan di kompleks situs Beji Antagoga, nilai-nilai tersebut perlu diterapkan sejak dini dalam kehidupan sehari-hari agar dapat meminimalisir perilaku intoleran yang dapat memecah belah Bangsa Indonesia.
References
Abdul, A. (2020). Teknik Analisis Data Analisis Data. Teknik Analisis Data Analisis Data, 1–15.
Abdullah, J., Hasim, R., & Khairun, U. (2025). The Role Of Ppkn Teachers In Instilling Religious Character Values In Students Of Sma Negeri 5 Ternate Universitas Khairun. 14(1), 441–446.
Agung, G., & Suryada, B. (2012). Konsepsi Tri Mandala Dan Sangamandala Dalam Tatanan Arsitektur Tradisional Bali. Simdos.Unud.Ac.Id, August, 1–10. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_riwayat_penelitian_1_dir/3d34586bfb9a13b1aa4c78e3bbe785e4.pdf
Amelia, Y. (2023). Peran Kebudayaan Dalam Pembentukan Kesadaran Sosial Dan Lingkungan. JUPSI: Jurnal Pendidikan Sosial Indonesia, 1(1), 41–48. https://doi.org/10.62238/jupsijurnalpendidikansosialindonesia.v1i1.10
Anatasya, ervina, Dewi, Anggraeni, D., & hayat, Saeful, R. (2024). Peran Literasi Budaya dan Kewargaan dalam Upaya Pelestarian Kebudayaan Lokal Nusantara di Era Revolusi Industri 4.0. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), 1–12.
Astrid, K., Gata, I. W., & Dewi, N. M. E. K. (2025). KAJIAN TEOLOGI HINDUDI PURA BUKIT KENCANA MAS DESA PENGLATAN KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG. SWARA WIDYA: Jurnal Agama Hindu, 5(1).
BPS Kabupaten Banyuwangi. (2024). Kabupaten Banyuwangi Dalam Angka 2024.
Durkheim, É. (1912). The Elementary Forms of Religious Life. New York: Free Press.
Heriawati, A., & Manik, Y. M. (2023). Pendidikan dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 167–172. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2382
Hero, H. (2021). Implementasi Kegiatan Keagamaan Dalam Rangka Pembentukan Karakter Toleransi Antar Umat Beragama Di Sdk Nangahaledoi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 10(1), 104.
Indrayasa, K. B. (2020). Patung Ganesa: Suatu Kajian Teologi Hindu. Genta Hredaya: Media Informasi Ilmiah Jurusan Brahma Widya STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 2(1).
M. Iqbal. (2020). Building Characters Through 3P Implemntation (Appearance-Service-Achievement). Sosioedukasi : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 9(2), 109–120. https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v9i2.1064
Made, N., & Kurnia, E. (2025). KAJIAN TEOLOGI HINDU DI PURA BUKIT KENCANA MAS DESA PENGLATAN. 5, 91–111.
Mariana, E., Mawaddah, S., & Yusuf, M. (2025). PUBLIC PERCEPTION OF THE TRADITION OF THE RITUAL OF REJECTING THE BALA BEFORE PLANTING RICE IN PASIR TINGGI VILLAGE , SOUTH TEUPAH DISTRICT , SIMEULUE REGENCY. 11(1), 131–144.
Musfiroh, M., Islamiah, K., & Jaya, B. P. M. (2021). the Philosophy of Garuda : “Mythological Animals From the Archipelago As State Symbols of Indonesia.” I-WIN Library Perpustakaan Internasional Waqaf Ilmu Nusantara, 1. http://lib.ui.ac.id/file?file-digital/129267-T
Nurhakim, N., Adriansyah, M. I., & Dewi, D. A. (2024). Intoleransi Antar Umat Beragama di Indonesia. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 50–61. https://doi.org/10.60126/maras.v2i1.126
Nuriz, M. A. F., Maulana, A. M. R., Pertiwi, S. R., Zulfa, A. K., Tarmidzi, N. N. S., & Nabilah, D. (2023). Membongkar Makna Keagamaan dalam Estetika Dekorasi: Gereja Katedral Santo Petrus di Bandung. Abrahamic Religions: Jurnal Studi Agama-Agama, 3(2), 239. https://doi.org/10.22373/arj.v3i2.16736
Pageh, I. M., & Rai, I. B. (2014). Identifikasi Pola Sosio-Kultural Nyegara Gunung Di Bali Utara (Dalam Perspektif Trihita Karana). Jurnal Kajian Budaya.
Pageh, I. M., & Yasa, I. W. P. (2020). The History of Taman Sari Temple in Sebudi Village, Selat, Karangasem, Bali and its Potential as a Tourist Attraction. 394(Icirad 2019), 165–170. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200115.027
Paramita, A. A. G. K. (2021). Filosofi Tirta Sebagai Air Suci Dalam. Widya Katambung:Jurnal Filsafat Agama Hindu, 12(2), 32–40.
Penawati, N. W., Supriyatini, S., & Mustika, I. K. (2019). Mitologi Ibu Pertiwi dalam Agama Hindu di Bali sebagai Sumber Ide Penciptaan Karya Seni Lukis. 1–4. http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/3541
Puger, I. G. N. (2022). Tumpek Landep Sebagai Hari Raya Pasupati Senjata. Daiwi Widya, 9(1), 1–17. https://doi.org/10.37637/dw.v9i1.1003
Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.
Rahman, F. S. (2024). Tradisi Arisan Manakib Abdul Qadir Al-Jilani sebagai Basis Penguatan Moderasi Beragama Remaja Desa Sraten Banyuwangi. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 10(1), 55–72.
Rahman, M. F., Najah, S., Furtuna, N. D., & Anti, A. (2020). Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Benteng Terhadap Risiko Keberagaman Bangsa Indonesia. Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 6(2).
Rosidi, M. I., Disman, Komalasari, K., & Wiyanarti, E. (2023). Beji Antaboga As A Symbol of Diversity: Tolerance and Integration Embodiment to Social Studies Learning. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 6(3), 367–376. https://doi.org/10.37329/kamaya.v6i3.2714
Ruspawati, I. A. W. (2023). Konsep Tirtha Sebagai Inspirasi Dalam Penciptaan Tari Udhakanjali. Prosiding Bali Dwipantara Waskita …. https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/bdw/article/view/418%0Ahttps://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/bdw/article/download/418/225
Safarani, J. A., Adriyanto, A., & Saragih, H. J. R. (2023). Analysis of Conflict Potential in Religious Tourism Area: The Beji Antaboga Banyuwangi. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 2(5), 1617–1625. https://doi.org/10.55227/ijhess.v2i5.444
Saraswati, Niampe, L., & Wardani, A. K. (2019). Ritual Tumpek Landep Pada Masyarakat Suku Bali (Studi Di Desa Puudongi Kecamatan Polinggona Kabupaten Kolaka). Lisani: Jurnal Kelisanan Sastra Dan Budaya, 2(2), 47–58.
Sari, D. E. T., & Wibowo, A. (2019). TINJAUAN YURIDIS MENGENAI HAK ATAS KEBEBASAN BERAGAMA TERHADAP YENIMA SWANDINA ALFA YANG DITOLAK SMPN3 GENTENG, BANYUWANGI MENURUT INTERNATIONAL COVENANT ON CIVIL AND POLITICAL RIGHTS. Reformasi Hukum Trisakti, 1(1).
Subagyo, A. (2020). Implementasi Pancasila Dalam Menangkal Intoleransi, Radikalisme Dan Terorisme. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 6(1), 10–24. http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/734
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Utari, D. S., Arifinsyah, & Ekowati, E. (2024). Analisis Makna Simbolik Ornamen Kuil Buddha Dalam Konteks Keagamaan Studi Kasus Maha Vihara Maitreya. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 7(3), 145–158.
Wahyuni, S., Elby Guru, M., Ngawi, M., & Timur, J. (2019). Anthaboga Site As a Symbol of Tolerance Between Sumbergondo Villages Situs Anthaboga Sebagai Simbol Toleransi Antar Umat Beragama Desa Sumbergondo. Pendidikan Dan Humaniora, 3(1), 21–27.
Widianto, A. A., Perguna, L. A., Alam, M., Firmansyah, R., Akhsani, F., Huda, A. F., & Lestari, N. (2023). Miniature of Tolerance: Pluralism and Religious Tourism Development of Antaboga Banyuwangi. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-168-5_11
Zulhijrah. (2015). 1040-Article Text-2265-1-10-20170103. Impementasi Pendidikan Karakter.




.png)













