Clinical Supervision as a Strategy to Enhance Teacher Professionalism: A Qualitative Study at SDN 1 Kalipang, Rembang
DOI:
https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v14i1.5892Keywords:
Clinical supervision, Teacher professionalism, Learning, Elementary school, Quantitative studyAbstract
This study aims to describe and analyze the implementation of clinical supervision as a strategy to enhance teacher professionalism at Kalipang Elementary School, Rembang. A qualitative approach with a case study method was employed. Data were collected through in-depth interviews, observations, and document analysis. The research subjects included the school principal and teachers involved in the supervision process. The findings reveal that clinical supervision was systematically carried out through stages of planning, classroom observation, and reflection. This approach fostered professional communication between the principal and teachers, and encouraged improvements in pedagogical competence and teacher performance in the learning process. Teachers felt more valued, motivated to grow, and open to feedback. Clinical supervision also created a collaborative work environment and supported a culture of continuous learning. This study recommends the consistent implementation of clinical supervision as a strategic effort to improve teacher professionalism and the quality of education in elementary schools.
References
Abdullah, I., & Soegeng, S. (2020). Supervisi klinis dalam peningkatan mutu pembelajaran guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(2), 110–118.
Artha, A. Y., Kusumaningrum, D. E., & Subekti, M. (2021). Manajemen pelatihan guru dalam meningkatkan kompetensi profesional di sekolah dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, 6(2), 45–54.
Arikunto, S. (2020). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Revisi ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Asyifah, N., Suryaningsih, Y., & Nurman, M. (2022). Supervisi klinis berbasis kolaboratif dalam peningkatan kompetensi guru. Qazi: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 55–66. https://ejournal.hsnpublisher.id/index.php/qazi/article/view/107
Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif dan desain riset: Memilih di antara lima pendekatan (3rd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Emilia, S. (2020). Pengaruh supervisi klinis dan efikasi diri terhadap kompetensi pedagogik guru SMK. Improvement: Jurnal Ilmiah untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 7(2), 112–120. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/improvement/article/view/17270
Fauzi, F. (2020). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru melalui supervisi klinis. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 8(2), 121–127.
Febriana, R. (2021). Pengembangan kompetensi profesional guru sekolah dasar di era kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 14–21.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2018). SuperVision and instructional leadership: A developmental approach (10th ed.). Boston, MA: Pearson.
Imelda, I. (2020). Penerapan supervisi klinis untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran tematik terpadu. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3), 391–399. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25444
Kemendikbudristek. (2023). Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 2626/B/HK.04.01/2023 tentang Model Kompetensi Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Nurasiah, N. (2020). Peningkatan kompetensi pedagogik guru melalui supervisi klinis. Jurnal PGSD Universitas Bengkulu, 13(1), 45–52. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pgsd/article/view/12885
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Pratiwi, R. A. (2023). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru melalui supervisi akademik. Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 66–74.
Riduwan. (2020). Metode dan teknik menyusun tesis. Bandung: Alfabeta.
Rohmatika, R. V. (2018). Perbedaan karakteristik supervisi akademik dan klinis dalam peningkatan profesionalisme guru. Jurnal Supervisi Pendidikan, 6(1), 49–58.
Sari, N. M. (2022). Kompetensi profesional guru dalam mengelola pembelajaran pada kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 8(3), 179–187.
Sari, N. M., Pratama, R., & Astuti, Y. (2023). Teknik triangulasi dalam penelitian kualitatif pendidikan: Studi literatur. Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 125–134.
Shalihin, L. O. M., Mahmudah, S., & Yulianingsih, N. (2023). Supervisi klinis sebagai solusi dalam mengatasi kesenjangan praktik pembelajaran guru. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 5(1), 39–47.
Siswanto, E., Prasetya, E., & Arini, S. (2021). Penerapan supervisi klinis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 3(1), 9–15.
Subekti, S., & Sukmawan, D. (2021). Pengaruh kompetensi profesional terhadap efektivitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 25–33.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D (Edisi ke-2). Bandung: Alfabeta.
Sulistyorini, N., Haryanto, S., & Widodo, A. (2021). Implementasi supervisi klinis dalam pengembangan profesionalisme guru. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 8(1), 31–38.
Sunardi, R., & Satori, R. (2023). Supervisi klinis dalam peningkatan kompetensi profesionalisme guru. NGAOS: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–12. https://ejournal.pdtii.org/index.php/ngaos/article/view/47
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Utami, L. A., & Mahfud, M. (2020). Faktor-faktor yang memengaruhi rendahnya profesionalisme guru di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(3), 311–320.
Wahyuningsih, E. (2021). Tantangan supervisi klinis dalam pembelajaran daring masa pandemi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 87–94. https://ejournal.pgrikotasemarang.org/index.php/jips/article/view/28
Wijayanti, D., & Gunawan, H. (2022). Supervisi kepala sekolah dan dampaknya terhadap peningkatan mutu guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 55–64.
Wuisan, P., Rante, Y., & Poluan, M. E. (2024). Kompetensi guru profesional dalam perspektif pembelajaran transformatif. Jurnal Pendidikan Profesional, 4(1), 1–10.
Yusriani, Y. (2022). Studi kasus sebagai pendekatan dalam penelitian kualitatif pendidikan. Jurnal Pendidikan Nusantara, 5(1), 45–52.