ANALISIS TINGKAT KEPUASAN SISWA SMP AL AQSO CLURING KELAS VII TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Arif Ardinata Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi
  • Miftahul Arifin Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi
  • Siti Napisah Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi memang sudah  diberlakukan beberapa tahun terakhir dalam sistem pendidikan Indonesia. Namun,  pembelajaran daring yang berlangsung sebagai dampak dari pandemi Covid-19  menyebabkan proses pembelajaran sedikit terhambat karena secara teknis dan  sistem banyak sekolah yang belum siap.sejauh ini pembelajaran online hanya  sebatas daring, sebagai juknis, belum sebagai cara pembelajaran, sebagai  paradigma pembelajaran.  Metodologi mengandung makna yang  menyangkut prosedur dan cara melakukan pengujian data yang diperlukan untuk  memecahkan atau menjawab masalah penelitian.Penelitian ini menggunakan  metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala,  peristiwa dan kejadian yang terjadi pada saat sekarang dimana peneliti berusaha  memotret peristiwa dan kejadian yang menjadi pusat perhatian untuk kemudian  digambarkan sebagaimana adanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat  kepuasan siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling secara umum puas  dengan keberadaan BK, yakni sebesar 70%. Sedangkan hasil dari masing-masing  dimensi; (1) pelayanan bimbingan dan konseling sebesar 30%, (2) terhadap  fasilitas sarana pendukung BK sebesar 10%, serta (3) terhadap kapasitas dan  kemampuan guru BK sebesar 30%. Hal ini mengindikasikan bahwa secara  keseluruhan, siswa SMKN 1 Badegan merasa puas dengan keberadaan BK di  sekolahnya, karena prosentase jawaban yang menunjukkan tingkat kepuasan lebih  besar dari pada yang tidak puas.

Published
2021-05-31
How to Cite
Arif Ardinata, Miftahul Arifin, & Siti Napisah. (2021). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN SISWA SMP AL AQSO CLURING KELAS VII TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING PADA MASA PANDEMI COVID-19. SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 9(1), 81-89. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/1120

Most read articles by the same author(s)