IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB KENAKALAN SISWA KELAS XI DI SMA PGRI PURWOHARJO

  • Fadhilah Dwi Hani Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi
  • Hariberthus Wicaksono Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi
  • Siti Napisah Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Fenomena kenakalan siswa yang terjadi di sekolah-sekolah memang tak pernah berakhir, begitu sering kita melihat dan mendengar berbagai bentuk sikap serta  etika siswa yang melanggar aturan yang terjadi diberbagai sekolah di penjuru  tanah air. Semua pelanggaran dan kenakalan yang dilakukan siswa mesti diselesaiakan secara maksimal oleh pihak sekolah, bahkan masyakatpun juga  berkewajiban membantu agar setiap siswa dapat menjalankan perannya sebagai seorang pelajar yang baik. Sehingga terciptanya siswa yang berpendidikan,  berkarakter, berprestasi serta terhindar dari bentuk kenakalan yang merugikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode  penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti  pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya  dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian,  analisis data bersifat kuantitatif/ statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang  telah ditetapkan. Terdapat faktor eksternal yang mempengaruhi kenakalan siswa kelas XI SMA  PGRI Purwoharjo, penyebab eksternal yang utama atau mendeterminan yaitu  lingkungan keluarga dengan 27.02% sebagai penyebab kenakalan siswa 

Published
2019-05-28
How to Cite
Fadhilah Dwi Hani, Hariberthus Wicaksono, & Siti Napisah. (2019). IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB KENAKALAN SISWA KELAS XI DI SMA PGRI PURWOHARJO. SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 8(1), 76-81. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/1110