IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB KENAKALAN SISWA KELAS XI DI SMA PGRI PURWOHARJO
Abstract
Fenomena kenakalan siswa yang terjadi di sekolah-sekolah memang tak pernah berakhir, begitu sering kita melihat dan mendengar berbagai bentuk sikap serta etika siswa yang melanggar aturan yang terjadi diberbagai sekolah di penjuru tanah air. Semua pelanggaran dan kenakalan yang dilakukan siswa mesti diselesaiakan secara maksimal oleh pihak sekolah, bahkan masyakatpun juga berkewajiban membantu agar setiap siswa dapat menjalankan perannya sebagai seorang pelajar yang baik. Sehingga terciptanya siswa yang berpendidikan, berkarakter, berprestasi serta terhindar dari bentuk kenakalan yang merugikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/ statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Terdapat faktor eksternal yang mempengaruhi kenakalan siswa kelas XI SMA PGRI Purwoharjo, penyebab eksternal yang utama atau mendeterminan yaitu lingkungan keluarga dengan 27.02% sebagai penyebab kenakalan siswa