KONSELING TEMAN SEBAYA DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MUNCAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui efektivitas konseling teman sebaya dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Muncar dan (2) untuk mengetahui perbedaan efektivitas antara kelompok eksperimen yang memperoleh perlakuan dengan kelompok kontrol yang tidak memperoleh perlakuan dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa. Desain non equivalent pretest-posttest control group digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini sebanyak 228 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Muncar. Sampel penelitian ini adalah 20 siswa yang terbagi dalam dua kelompok. Penyesuain diri siswa diukur dengan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis paired sampel t-test dan independent sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konseling teman sebaya efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Muncar. (temuan empiris thitung > ttabel yaitu 29.761 > 2.262) dan (2) Terdapat perbedaan efektivitas antara kelompok eksperimen yang memperoleh perlakuan dengan kelompok kontrol yang tidak memperoleh perlakuan dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa. (temuan empiris thitung KE ≠ thitung KK yaitu 23.051≠18.077)