TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR SISWA AKIBAT PEMBELAJARAN ONLINE PADA SISWA KELAS XI SMKN 1 KALIPURO TAHUN 2019/2020
Abstract
tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut, untuk mengetahui tingkat kejenuhan belajar dengan pembelajaran online di SMKN 1 Kalipuro. Penelitian ini melibatkan banyak responden yaitu kejenuhan belajar siswa Kelas XI SMKN 1 KALIPURO serta mencakup wilayah yang cukup luas, daninformasi yang dikumpulkan berasal langsung dari responden. Oleh karena itujenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian survai dengan metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Survai digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi tentang populasi yang besar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya maka dapat diambil kesimpulan yaitu kejenuhan belajar terhadap pembelajaran online pada remaja, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Secara umum tingkat pembelajaran online pada remaja memiliki rerata hipotetik yang lebih rendah dibandingkan dengan rerata empirik. Hal ini menunjukkan bahwa subjek penelitian yang merupakan remaja memiliki pembelajaran online yang lebih positif dari pada populasi pada umumnya. Selain itu, didapatkan bahwa subjek penelitian memiliki kategori skor dalam tingkat yang juga tinggi.