TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR SISWA AKIBAT PEMBELAJARAN ONLINE PADA SISWA KELAS XI SMKN 1 KALIPURO TAHUN 2019/2020

  • Siti Lailatul Hikmah Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi
  • Hariberthus Wicaksono Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

tujuan dari penelitian ini  adalah sebagai berikut, untuk mengetahui tingkat kejenuhan belajar dengan  pembelajaran online di SMKN 1 Kalipuro. Penelitian ini melibatkan banyak  responden yaitu kejenuhan belajar siswa Kelas XI SMKN 1 KALIPURO serta  mencakup wilayah yang cukup luas, daninformasi yang dikumpulkan berasal  langsung dari responden. Oleh karena itujenis penelitian yang digunakan  pada penelitian ini adalah jenis penelitian survai dengan metode deskriptif  pendekatan kuantitatif. Survai digunakan untuk mengumpulkan data atau  informasi tentang populasi yang besar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya maka  dapat diambil kesimpulan yaitu kejenuhan belajar terhadap pembelajaran online pada remaja, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Secara umum  tingkat pembelajaran online pada remaja memiliki rerata hipotetik yang lebih  rendah dibandingkan dengan rerata empirik. Hal ini menunjukkan bahwa subjek  penelitian yang merupakan remaja memiliki pembelajaran online yang lebih  positif dari pada populasi pada umumnya. Selain itu, didapatkan bahwa subjek  penelitian memiliki kategori skor dalam tingkat yang juga tinggi.

Published
2019-05-28
How to Cite
Siti Lailatul Hikmah, & Hariberthus Wicaksono. (2019). TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR SISWA AKIBAT PEMBELAJARAN ONLINE PADA SISWA KELAS XI SMKN 1 KALIPURO TAHUN 2019/2020 . SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 8(1), 82-84. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/1111