IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE POSITIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA DI UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi model cooperative positive learning dengan pendekatan humanistik eksistensial dalam meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa. Metode penelitian menggunakan kualitatif, dimana subjek diberikan empat tahapan kegiatan dengan 16 kali pertemuan, empat kegiatan yaitu who am i? (siswa memahami diri sendiri dengan menuliskan kelebihan dan kekurangannya), i cant see it.(siswa menganalisa sebuah film), My Wonderfull Culture (siswa membuat video perjalanan tiga tahun lalu dan tiga tahun ke depan), Iam Promise (siswa membuat target capaian). Dari setiap selesai kegiatan subjek membuat refleksi diri. Tahap pelaksanaan pada penelitian ini antara lai :a) Perencanaan, b) Pelakasanaan, c) Pengamatan, wawancara, evaluasi interpreatasi dilakukan secara bersama. Secara keseluruhan model cooperatif positive learning dengan pendekatan humanistik eksistensial dapat meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa di Univesitas PGRI Banyuwangi secara bertahap. Kesimpulan pada hasil penelitian ini adalah metode cooperatif positive larning dengan pendekatan humanistik eksistensial dapat digunakan untuk membantu mahasiswa dalam meningkatkan kepercayaan diri. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah peneliti lakukan, metode cooperatif positive learning dengan pendekatan humanistik eksistensial dapat digunakan untuk membantu mahasiswa yang kurang percaya diri. Hal tersebut dibuktikan pada hasil pengamatan pada keempat tahap kegiatan yang secara keseluruhan dilakukan 16 kali pertemuan.
References
Assingkily. M. S, et.al (2019) Studi Ilmu Pendidikan Ditinjau dari Model, Pendekatan, Strategi, Kebijakan Pendidikan dan Studi Pemikiran Tokoh. Jogjakarta: K.- Media
Bahtiar. Alam. 2020. Obat Minder. Rahasia Menjadi Pribadi Percaya diri, Berani Tampil Beda dan Dikagumi. Jogjakarta: Araska
Cavendish, W., & Connor, D. (2018). Toward Authentic IEPs and Transition Plans: Student, Parent , and Teacher Perspectives. Learning Disability Quarterly, 41(1), 32–43. https://doi.org/10.1177/0731948716684680
Daley, S. G., & Rappolt-schlichtmann, G. (2018). Stigma Consciousness Among Adolescents With Learning Disabilities : Considering Individual Experiences of Being Stereotyped. Learning and Instruction, 41(4), 200–2012. https://doi.org/10.1177/0731948718785565
Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia, 53, 8292.
Engelis de Barbara, Percaya Diri Sumber Sukses dan Kemandirian, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2000) 10
Eriord.B.T. (2015). 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Erman Amti, Prayitno. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, (Jakarta: PT.Rineka Cipta, 1999), h. 99
Gerald Corey, Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi, diterjemahkan oleh: E. koswara, (Bandung: PT. Refika Aditama, 2013), h. 56,68
, Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri, (Jakarta: Puspa Swara, 2005)
Khairun Nisa, Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik Dana Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1). https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a163
Kristjánsson, K. (2012). Positive Psychology and Positive Education : Old Wine in New Bottles. Positive Psychology and Positive Education : Old Wine in New Bottles. Educational Psychologist, 47(2), 86–105. https://doi.org/10.1080/00461520.2011.610678
Lu, Y., Chen, H., Hong, Z., Yore, L. D., Chen, H., Hong, Z., & Yore, L. D. (2016). Students ’ awareness of science teachers ’ leadership , attitudes toward science , and positive thinking. International Journal of Science Education, 0(0), 1–23. https://doi.org/10.1080/09500693.2016.1230792
Mursidi, A., Kamal, M., Noviandari, H., Agustina, N., & Nasyafiallah, M. H. (2021). Virtual boarding school education management. Linguistics and Culture Review, 5(S3), 1054–1066. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5nS3.1790
Najib, M., & Mursidi, A. (2021). Effectiveness of offline and online learning during COVID-19 pandemic Two-factor analysis of variant approach in S-1 Students of FKIP University PGRI Banyuwangi, Indonesia. Linguistics and Culture Review, 6(S3), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.21744/lingcure.v6nS3.1890
Noviandari, H. (2017). KETERKAITAN KONSEP DIRI, PROBLEM SOLVING DAN PENYESUAIAN DIRI PADA REMAJA. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 5(2). https://doi.org/10.22219/jipt.v5i2.4559
O’Brien, M., & Blue, L. (2017). Towards a positive pedagogy: designing pedagogical practices that facilitate positivity within the classroom. Educational Action Research, 0792(June), 1–20. https://doi.org/10.1080/09650792.2017.1339620
Pawito, 2007. Pengantar Penelitian Komunikasi Kualitatif. Jogjakarta: LKiS
Prasetyo, E. (2018). Ciptakan positive learning dalam pembelajaran: Faizin, M.K (Ed). Mencipta pendidikan. pp. 65-71. Gresik: Cermedia Publising
Prasetyo,E. ( 2018 ). Ciptakan positive leraning dalam pembelajaran : Faizin,M.K (Er). Menciptakan pendidikan.
Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif. Malang: Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Scanlon, D., Saenz, L., & Kelly, M. P. (2018). The Effectiveness of Alternative IEP Dispute Resolution Practices. Learning Disability Quarterly, 41(2), 68–78. https://doi.org/10.1177/0731948717698827
Seligman, M. E. P., & Csikszentruihalyi, M. (2000). Positive psychology: an introduction. American Psychologist, 55(1), 5–14
Seligman, M. E. P., & Csikszentruihalyi, M. (2000). Positive psychology: an introduction. American Psychologist, 55(1), 5–14.
Seligman, M. E. P., Ernst, R. M., Gillham, J., Reivich, K., & Linkins, M. (2009). Positive education : positive psychology and classroom interventions. Oxford Review of Education, 35(3), 293–311. https://doi.org/10.1080/03054980902934563
Shankland, R., & Rosset, E. (2016). Review of brief school-based positive psychological interventions : a taster for teachers and educators. Education Psychology Review. https://doi.org/10.1007/s10648-016-9357-3
Shankland, R., & Rosset, E. (2016). Review of brief school-based positive psychological interventions : a taster for teachers and educators. Education Psychology Review. https://doi.org/10.1007/s10648-016-9357-3
Shoshani, A., & Slone, M. (2017). Positive education for young children : effects of a positive psychology intervention for preschool children on subjective well being and learning behaviors. Frontiers in Psychology, 8(1866), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.01866
Shoshani, A., & Slone, M. (2017). Positive education for young children : effects of a positive psychology intervention for preschool children on subjective
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
UU Nomer 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Walgito, B, Peran Psikologi Di Indonesia: Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Kepercayaan Diri, (Yogyakarta: pustaka pelajar: 2000)
Yusuf, Percaya Diri, Pasti, (Jakarta: Gema Insani,2005)183-186