PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PROBLEM SOLVING SKILL SISWA KELAS VIII DI MTS MIFTAHUL ULUM LABANASEMTAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Arifah Ainil Izza Rosyadi Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi
  • Miftahul Arifin Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi
  • Kartini Ayu Trisnawati Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Berbagai masalah yang timbul disetiap remaja maupun siswa disekolah,  menjadikan salah satu alasan dari suatu kemampuan maupun soft skill sangat  dibutuhkan untuk dimiliki setiap inidividu ataupun siswa. Hal tersebut  dikarenakan bahwa setiap siswa tidak lepas dari suatu proses pembelajaran, baik  itu dilingkungan sekolah maupun dilingkungan yang lebih luas. Adapun dalam  menyelesaikan masalah, seorang siswa diharuskan memiliki soft skill yang dapat  membantunya untuk menghadapi segala apapun yang akan terjadi diedepan.  Sebagaimana kemampuan tersebut yakni Keterampilan berpikir kritis dan problem  solving skill. Karena dalam memiliki keterampilan berpikiri kritis akan membuat siswa menjadi lebih mudah untuk berpikir maju dan membantunya dalam  menyelesaikan masalah secara lebih mandiri. Pada penjelasan diatas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini  dengan tujuan untuk melihat pengaruh keterampilan berpikir kritis terhadap  problem solving skill siswa kelas VIII tahun pelajaran 2019/2020. Metode  penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu kuantitafi deksripsi, karena  tujuannya untuk menggambarkan dan menjelaskan tentang pengaruh keterampilan  berpikir kritis terhadap problem solving skill. Penelitian ini dilakukan dengan  langkah-langkah: menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian,  menentukan jenis dan sumber data, dan menganalisis data. Pengolahan data dalam  penelitian ini menggunakan bantuan SPSS For Windows 22.00. Adapun hasil penelitian setelah dilakukan perhitungan dengan SPSS  For Windows 22.00 yaitu terdapat pengaruh keterampilan berpikir kritis terhadap  prbloem solving skill. hal tersebut sesuai dengan hasil signifikansi 0,000 < 0,05,  sehingga hipotesis alternatif yang berbunyi “Terdapat pengaruh keterampilan  berpikir kritis terhadap prbloem solving skill siswa kelas VIII tahun pelajaran  2019/2020”. Begitupun faktor yang mendeterminasi pengaruh keterampilan  berpikir krtitis terhadap problem solving skill yakni dipengaruhi oleh faktor  kecemasan dengan jumlah presentase tertinggi yakni 1,269%.

Published
2019-05-29
How to Cite
Arifah Ainil Izza Rosyadi, Miftahul Arifin, & Kartini Ayu Trisnawati. (2019). PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PROBLEM SOLVING SKILL SISWA KELAS VIII DI MTS MIFTAHUL ULUM LABANASEMTAHUN PELAJARAN 2019/2020 . SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 8(1), 85-90. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/1112