ANALISIS KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI

  • Arika Musawan Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi
  • Sri Sedar Marhaeni Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi
  • Kartini Ayu Trisnawati Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi. (2) Untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan akademik Universitas PGRI Banyuwangi. dan (3) Untuk mengetahui korelasi antara kualitas pelayanan akademik  terhadap tingkat kepuasan mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi.  Jenis penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 105 mahasiswa program studi BK. Sampel penelitian ini adalah 61 mahasiswa program studi BK. Hasil penelitian yang dpat disimpulkan yaitu: (1) Tingkat kualitas pelayanan akademik Universitas PGRI Banyuwangi baik. (2) Mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi puas terhadap pelayanan akademik yang diperoleh. (3) Terdapat korelasi antara kualitas pelayanan akademik terhadap tingkat kepuasan mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi. (4) Secara simultan setelah diuji dengan uji-F ditemukan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa BK terhadap pelayanan akademik Universitas PGRI Banyuwangi.

Published
2019-11-29
How to Cite
Arika Musawan, Sri Sedar Marhaeni, & Kartini Ayu Trisnawati. (2019). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI. SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 8(2), 180-186. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/1116