ANALISIS KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi. (2) Untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan akademik Universitas PGRI Banyuwangi. dan (3) Untuk mengetahui korelasi antara kualitas pelayanan akademik terhadap tingkat kepuasan mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi. Jenis penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 105 mahasiswa program studi BK. Sampel penelitian ini adalah 61 mahasiswa program studi BK. Hasil penelitian yang dpat disimpulkan yaitu: (1) Tingkat kualitas pelayanan akademik Universitas PGRI Banyuwangi baik. (2) Mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi puas terhadap pelayanan akademik yang diperoleh. (3) Terdapat korelasi antara kualitas pelayanan akademik terhadap tingkat kepuasan mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi. (4) Secara simultan setelah diuji dengan uji-F ditemukan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa BK terhadap pelayanan akademik Universitas PGRI Banyuwangi.