TINGKAT SELF COMPASSION MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI PADA MASA SOCIAL DISTANCING PANDEMI COVID-19

  • Dhimas Ary Panca Prastya Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi
  • Miftahul Arifin Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi
  • Kartini ayu Trisnawati Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

COVID-19 dikatakan sebagai sebuah pandemi karena sudah menyebar luas secara global ke berbagai negara. Untuk itu salah satu cara mencegah penyebaran penyakit ini dengan cara social distancing. Pada saat social distancing mengakibatkan seseorang merasa dilema karena saat tubuh merasa tidak sehat seperti batuk, bersin ataupun flu jadi merasa takut kalau sudah tertular COVID-19, takut keluar rumah untuk membeli sesuatu atau melakukan kegiatan diluar rumah, ketika ada orang yang flu, batuk, dan bersin langsung takut apabila terkena COVID-19. Karenanya self compassion pada masa pandemi ini sangatlah penting. penelitian ini adalah data kuantitatif yang dinyatakan dalam angka dan dianalisis dengan teknik statistik. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa BK FKIP UNIBA yang masih aktif sedangkan objek dari penelitian ini adalah tingkat self compassion mahasiswa program studi bimbingan konseling pada saat social distancing masa pandemi COVID-19. Populasi wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Jadi populasi bukan hanya orang tetapi juga obyek dan benda-benda alam lainnya. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa BK FKIP UNIBA yang masih aktif berjumlah 105 orang.

Published
2021-05-30
How to Cite
Dhimas Ary Panca Prastya, Miftahul Arifin, & Kartini ayu Trisnawati. (2021). TINGKAT SELF COMPASSION MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI PADA MASA SOCIAL DISTANCING PANDEMI COVID-19. SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 9(1), 90-103. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/1121