Pembuatan Bakso Belut (Monopterus albus)

  • Dedi Irawan Universitas PGRI Banyuwangi
  • Megandhi Gusti Wardhana Universitas PGRI Banyuwangi
  • Siti Tsaniyatul M. Sulthoniyah Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: Belut, Bakso, Diversifikasi produk

Abstract

Belut merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang mengandung protein tinggi. Salah satu olahan belut dapat dimanfaatkan menjadi bakso. Kegiatan ini merupakan praktik kerja lapang yang dilakukan di Laboratorium Fakultas Pertanian, Universitas PGRI Banyuwangi. Bakso belut yang dibuat selanjutnya dilakukan uji kadar air dan uji kesukaan konsumen dengan menggunakan uji hedonic. Hasil dari uji kesukaan menunjukkan bahwa parameter rasa dan tekstur bakso belut disukai panelis. Parameter warna dan aroma agar disukai panelis. Sedangkan pada parameter penampakan netral. Kadar air bakso yaitu sebesar 80,92%.

Author Biographies

Dedi Irawan, Universitas PGRI Banyuwangi

Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian

Megandhi Gusti Wardhana, Universitas PGRI Banyuwangi

Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian

Siti Tsaniyatul M. Sulthoniyah, Universitas PGRI Banyuwangi

Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian

References

Affandi, R. Ernawati, Y., dan Wahyudi, S. (2003). Studi Bio-ekologi Belut Sawah (Monopterus albus)pada Berbagai Ketinggian Tempat di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Jurnal Ikhtiologi Indonesia Vol. 3(2): 49-55.
Nugroho, H. C., Amalia, U., dan Rianingsih, L. (2019). Karakteristik Fisiko Kimia Bakso Ikan Rucah dengan Penambahan Transglutaminase pada Konsentrasi yang Berbeda. Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan Vol 1(2): 47-55.
Pratama, R. Y. (2018). Pengaruh Perbandingan Jantung Pisang Kepok (Musa paradisiaca L.) dengan Daging Belut (Monopterus albus Zuieuw) dan Penambahan Tapioka terhadap Karakteristik Dendeng Sintesis. [Tugas Akhir]. Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Teknik, Universitas Pasundan Bandung.
Rahmawati, L. A., Marliyari, S. S., dan Briawan, D. (2013). Formula dan Mutu Produk Bakso Belut. Simposium Penelitian Terkini Pangan dan Gizi Bidang Inovasi Produk, Mutu dan Keamanan Pangan: 101-110
Shidqiyyah, S. (2016). Tak Melulu Dijadikan Keripik, 10 Olahan Belut ini Tak Kalah Lezat!. [Online]. Diakses dari https://brilicious.brilio.net/kuliner/tak-melulu-dijadikan-keripik-10-olahan-belut-ini-tak-kalah-lezat--160518g.html
Standar Nasional Indonesia. (2014). Bakso Ikan SNI 7266:2014. Badan Standardisasi Nasioanl. Jakarta.
Wahyunintias,. D,. (2010) Uji Organoleptik Hasil Jadi Kue Menggunakan Bahan Non Instant dan Instant Jurusan Hotel Management, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Nusantara BInus Business Review Vol.1 No.1 Mei 2010: 116-125
Published
2020-03-02
How to Cite
IrawanDedi, WardhanaMegandhi Gusti, and SulthoniyahSiti Tsaniyatul M. 2020. “Pembuatan Bakso Belut (Monopterus Albus)”. JURNAL LEMURU 2 (1). https://doi.org/10.36526/lemuru.v2i1.1230.