IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFFERENSIASI MAHASISWA PPG UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA ANGKATAN I DAN II TAHUN 2023
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan hasil implementasi pembelajaran berdifferensiasi mata pelajaran PJOK mahasiswa PPG Prodi Penjas Universitasi PGRI Adi Buana Surabaya di saat mahasiswa mengikuti program PPL, Materi pembelajaran berifferensiasi diajarkan di materi PPG Prodi Penjas. Jenis penelitian survei, dengan subjek penelitian pada mahasiswa PPG prodi penjas yang mengimplementasikan pembelajaran berdifferensiasi di mapel penjas, Lokasi penelitian di lakukan di 5 sekolah SMP yang ada di kota surabaya. Instrumen yang digunakan adalah angket yang dikembangkan oleh peneliti dan sudah dilvalidasi oleh ahli dan dinyatakan layak, teknik pengambilan data dengan mengunakan google form. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80% mahasiwa menguasai konsep pembelajaran berdifferensiasi dalam kategori sangat baik, 20% kategori sangat baik sekali. Implementasi di lapangan 75% mahasiswa mempraktikkan sangat baik sekali, dan 25% sangat baik. Penerapan pembelajaran dari toeri ke konsep melalui kegiatan implementasi pembelajaran differensiasi sudah dapat dipahami dan diimplementasikan dengan baik. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan implementasi pembelajaran differensiasi dapat diterapkan dengan sangat baik oleh mahasiswa PPL program PPG penjas Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
References
Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1913–1922.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Hadi, W., Prihasti Wuriyani, E., Yuhdi, A., & Agustina, R. (2022). Desain Pembelajaran Diferensiasi Bermuatan Problem Based Learning (Pbl) Mendukung Critical Thinking Skill Siswa Pada Era Kenormalan Baru Pascapandemi Covid-19. Basastra, 11(1), 56. https://doi.org/10.24114/bss.v11i1.33852
Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045
Isrotun, U. (2022). Upaya Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. 2 St Proceeding STEKOM, 2022(1).
Jenyana, I. M. R. (2022). Pembelajaran Yang Berdiferensiasi. Inovasi Jurnal Guru, 8(17), 31–37. http://www.jurnalinovasi.org/index.php/IJG/article/view/267
Kusadi, N. M. R. (2022). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Model Vak Dengan Multimoda Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa. Majalah Ilmiah Universitas Tabanan, 19(1), 55–60. https://ojs.universitastabanan.ac.id/index.php/majalah-ilmiah-untab/article/view/149
Laia, I. S. A., Sitorus, P., Surbakti, M., Simanullang, E. N., Tumanggor, R. M., & Silaban, B. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 314–321. https://doi.org/10.5281/zenodo.7242959.
Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81–91.
Pane, R. N., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 173–180.
Rahman, M. A., Nanik Indahwati, & Novilia Puspa Widiyanti. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pola Gerak Dominan. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 3(2), 192–201. https://doi.org/10.55081/jumper.v3i2.986
Sarie, F. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Tunas Nusantara, 4(2), 492–498. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3782
Setiyo, A. (2022). Penerapan pembelajaran diferensiasi kolaboratif dengan melibatkan orang tua dan masyarakat untuk mewujudkan student’s well-being di masa pandemi. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 61–78. https://doi.org/10.26877/bioma.v11i1.9797
Subhan. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Melalui Lokakarya Di Smpn 3 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospekti, 7(1), 48–54.
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.