PENGARUH REINFORCEMENT DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 SIDOARJO

  • Muhammad Rahadian Irfandi PASCASARJANA Unipa Surabaya
  • Rufi‘i PASCASARJANA Unipa Surabaya
  • Luqmanul Hakim PASCASARJANA Unipa Surabaya
Keywords: Penguatan, Gaya Belajar, Servis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya reinforcement  dan gaya belajar terhadap hasil belajar servis bawah bola voli pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Penelitian ini termasuk jenis penelian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen, yaitu untuk mencari pengaruh pemberian reinforcement dan gaya belajar. Rancangan penelitian yang digunakan Pre-Experimental Designs yang jenisnya Pretest-Posttest Design, karena penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Hasil dari penelitian ini adanya pengaruh reinforcement dan konvensional terhadap hasil belajar servis bawah bola voli dapat dilihat dari  hasil Nilai Fhitung= 3,186 dan Ftabel= 3,15, maka Fhitung>Ftabel. Selanjutnya, terdapat perbedaan pemberian metode reinforcement dan gaya belajar terhadap pengetahuan awal tinggi dan rendah pada keterampilan servis bawah yang dilakukan menjukkan bahwa Nilai Fhitung= 7,357 dan Ftabel = 4,00. Fhitung > Ftabel, maka Ho diterima dan Ha ditolak maka 7,357>4,00, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penghitungan untuk mengetahui interaksi pemberian metode reinforcement dan gaya belajar pada keterampilan servis bawah yaitu Fhitung= 4,562 dan Ftabel= 3,15. Kesimpulanya ada interaksi pemberian reinforcement dan gaya belajar serta pengetahuan awal terhadap keterampilan servis bawah pada kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo.

References

Arifin, A. H. Al. (2012). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praksis Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 1(1), 72–82. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.785

Buchari, A. (2008). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung:Alfabeta.

Chairuna, Dlis, F., & Karrnawijaya, Y. S. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Lompat Jauh Gaya Jongkok. Jurnal Penjaskesrek, 5(2), 108–117.

Guntoro, T. S. (2017). Pengaruh Penguatan (Reinforcement) Terhadap Hasil Belajar Atletik Mahasiswa Olahraga. Jurnal Pendidikan Progresif, 7(2), 127–132. https://doi.org/10.23960/jpp.v7.i2.201716

Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1). https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9941

Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitihan Dalam Olahraga. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press.

Manurizal, L., & Fitriana, L. (2019). Metode series of play lebih efektif dalam memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan servis dibanding dengan metode guided discovery style. Jurnal Penjaskesrek, 6(2), 258–270.

Mutohir, T. C., Muhyi, M., Djunaidi, S., Ahmad, L., Ardiyanti, R., Rusdiyanto, & Primiatiningsih. (2013). Konsep, Teknik, Strategi, dan Modifikasi dalam Permainan Bolavoli. Surabaya:Java Pustaka.

Nasution. (2010). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, M. U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahidmurni. (2009). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Pada Satuan Pendidikan MI/SD dan MTs/SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(2).

Published
2020-11-30
How to Cite
Muhammad Rahadian Irfandi, Rufi‘i, & Luqmanul Hakim. (2020). PENGARUH REINFORCEMENT DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 SIDOARJO. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 97-101. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.1053