PENDEKATAN PEMBELAJARAN PJOK MELALUI MATIKA RAGA (MATEMATIKA OLAHRAGA) UNTUK NUMERASI SISWA
Abstract
Pembelajaran abad 21 bisa ditandai dengan perubahan paradigma teaching (root learning) menjadi learning (deep learning). Karena pengaruhnya yang signifikan itulah siswa diharap mampu beradaptasi dengan zaman sehingga nantinya mereka bisa berkompetisi dengan baik di masa yang akan datang. Setidaknya Indonesia mempunyai kurikulum 2013 yang nantinya bisa dipadukan dengan pembelajaran abad 21. Terdapat elemen yang mampu merepresentasikan apa itu pembelajaran abad 21, di antaranya adalah Creativity and Innovation, Collaboration, Communication, Critical Thinking and Problem Solving. Dikenal sebagai 4 elemen pembelajaran abad 21. Penelitian ini merupakan penelitian untuk memberikan gambaran tentang pembelajaran PJOK melalui model pembelajaran team base project dengan pendekatan Matematika Olahraga terhadap peningkatan kemampuan numerasi siswa. Penelitian eksperimental dengan pre test post test control grup design dengan jumlah sampel 50 siswa kelompok perlakuan dan 50 siswa kelompok kontrol. Perlakuan yang diberikan adalah pembelajaran PJOK dengan pendekatan matematika olahraga. Hasil penelitian meunjukan rata rata nilai numerasi pre test kelompok perlakuan 66.16 kelompok kontrol 66.76. Post test numerasi kelompok perlakuan 67.5 dan 68.2 untuk kelompok control. Hail uji t didapat dengan taraf signifikansi sebesar 0,002. Dengan demikian pendekatan pembelajaran dengan matematika olaharga berdampak pada numerasi siswa.
References
Campbell, L. (2006). 200 Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Intuisi Press.
Ferina, A., & Khusnul, F. (2017). Problematika Pengembangan HOTS (Higher Order Thinking Skill) Di Sekolah Dasar. Journal Inovasi Pendidikan, 139–145.
Gora & Sunarto. (2010). Pakematik strategy pembelajaran inovatif berbasis TIK. Flex Media Komputindo.
Hanafiah, N., & Suhana, C. (2010). Konsep strategi pembelajaran. Refika Aditama.
Haryati, A. P. (2014). Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar pada Siswa SMP Nergeri 5 Kota Jambi. Skripsi.
Hidayat, Y., Kanca, I. N., & Semarayasa, I. K. (2022). Model Pembelajaran Koperatif Tipe Number Head Together Berbantuan Media Video Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Dribling Sepakbola. Jurnal Kejaora, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i1.1890
Hosnan. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Ghalia Indonesia.
Ningsih, S., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Teachers’ Problems in Using Information and Communication Technology (Ict) and Its Implications in Elementary Schools. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(3), 518. https://doi.org/10.33578/pjr.v4i3.7964
Riadin, A., & Jailani, M. (2019). Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi dengan Menerapkan Model Cooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) dan Tipe IOC (Inside Outside Circle) Pada Peserta Didik SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(2), 60–70. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1042
Rinawati, D., & Darisman, E. K. (2020). Survei tingkat kejenuhan siswa SMK belajar di rumah pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan selama masa pandemi covid-19. Journal of Science and Education, 1(1), 32–40.
Supriatna, E., & Wahyupurnomo, M. A. (2015). Keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMAN se-Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(1).
Zabdillah, M. Z. F., Sugiyanto, S., & Januarto, O. B. (2017). Pengaruh Interval Training Terhadap Peningkatan Vo2 Maks Peserta Ekstrakurikuler Futsal Putra Sma. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(2), 229. https://doi.org/10.17977/um040v1i2p229-237
Copyright (c) 2022 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.