PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN KASPALE SEBAGAI ALTERNATIF VARIASI PERMAINAN BOLA KECIL DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian Pengembangan ini dilakukan berdasarkan masalah yang dialami siswa dilapangan saat bermain kasti. Beberapa dari siswa merasa kesulitan memukul bola yang dilemparkan temannya. Adanya KASPALE ini memudahkan siswa saat memukul bola, karena memukul dengan bantuan pelontar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development mengacu pada model Borg and Gell. Hasil penelitian pengembangan ini yaitu (1) menghasilkan bahan ajar permainan KASPALE, (2) bahan ajar permainan KASPALE memiliki kriteria kevalidan oleh validasi isi materi mencapai 88%, validasi ahli desain mencapai 89%, penilaian oleh praktisi 90%, dan nilai dari responden skala kecil dengan nilai 87% responden skala besar dengan nilai 87%. Hal tersebut menunjukan bahwa bahan ajar permainan KASPALE tidak perlu direvisi, dan permainan KASPALE sangat disukai oleh peserta didik.
References
Adjirante, Ardi Dj dkk. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 10 Keramat Melalui Media Gambar Pada Pembelajaran IPA Materi Tentang Alat-alat Indera. https://media.neliti.com/media/publications/111612-ID-peningkatan-hasil-belajar-siswa-kelas-iv.pdf. diakses pada 10 September 2019.
Alifudin, Ferman. 2011. Model Pembelajaran Permainan Sederhana Dalam Penjasorkes Pada Siswa Kelas III SDN 2 Tambakrejo Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal.
Baiti, Intan Fitri Nur. 2014. Pengaruh Permainan Kasti Tradisional dan Modifikasi Terhadap Peningkatan Kelincahan Anak Usia 8-9 Tahun Di SDN Pabelan 03 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Eprints.ums.ac.id/28625/14/11_naskah_publikasi.pdf. Diakses pada 10 September 2019.
Dermawan, Gatot dkk. 2013. Upaya Meningkatkan Ketrampilan Memukul Bola Kasti Melalui Metode Pembelajaran Modifikasi Pada Siswa Kelas IV Sdn Rungkut Menanggal II/583 Surabaya. Jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/viewfile/3088/5852. Diakses pada 10 September 2019.
Guntur, Tri Basuki. 2012. Pengembangan Model Permainan “Tembak Kaleng” Sebagai Alternatif Variasi Permainan Bola Kecil Dalam Pembelajaran Penjasorkes Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Patebon Kabupaten Kendal Tahun 2012.
Kamaluddin. 2019. Penerapan Modifikasi Permainan Lari “KASVOL (Kasti Voli)” Dalam Meningkatkan Kebugaran Jasmani Di Kelas X SMKN 1 Sakra. Ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara. Diakses pada 10 Desember 2019.
Musfiroh, Tadkiroatun. Teori dan Konsep Bermain. Repository.ut.ac.id/4699/1/paud4201-m1.pdf. Diakses 23 Maret 2019.
Nisa, Khairatun. 2017. Pengaruh permainan Modifikasi Bola Kasti Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Ar-Rahman T.A 2016-2017. Jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/download/14653/11996. Diakses pada 10 September 2019.
Prana A. W, indiyah. 2018. Permainan Tradisional Jawa.
Pratama, Gde Nugrah dkk. 2017. Pengembangan Model Variasi Permainan Bola Kecil Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Siswa Kelas IV SD. Journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/download3158/pdf. Diakses pada 10 September 2019.
Pratiwi, Ayu Gandhy. 2015. Model pengembangan permainan kasti melalui permainan kasti HARLIT dalam PENJASORKES bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Wirasaba Kecamatan Bukateja Kabupaten Prubalingga Tahun 2015.
Prayogo, Rosyid Dian. 2015. Penerapan Modifikasi Permainan Bola Kasti Dalam Pembelajaran PENJASORKES Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sembaturagung 01 Pati 2015. http://lib.unnes.ac.id/23309/1/6101411062.pdf Diakses pada 10 September 2019.
Ratriningrum, Novita Arjin. 2012. Pengembangan Model Permainan KASKOR Dalam Pembelajaran PENJASORKES Kelas IV Sekolah Dasar. Journal.unnes.ac.id/index.php/peshr/article/download/425/474. Diakses pada 10 September 2019.
Siahaan, Josua Irvandi. Peraturan Permainan Kasti. http://josuairvandi94.blogspot.com/2014/03/peraturan-permainan-kasti.html?m=1. Diakses 24 Maret 2019.
Sukrisno. 2013. Meningkatkan teknik dasar memukul bola kasti melalui bermain TOKAS pada siswa kelas IV SD Negeri Ngempon 01 Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2013.
Sumarna. 2015. Pengaruh Permainan Kasti Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Bagi Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar Negeri Tegiri Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. Eprints.uny.ac.id/26072/1/SKRIPSI%20PAK%20SUMARNA.pdf. Diakses pada 10 September 2019.
Sutijo, Sukawati. 2017. Motivasi Bermain Kasti Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kraton Yogyakarta. Journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd-penjaskes/article/download/7381/7033. Diakses pada 10 September 2019.
Sutisyana, Ari dkk. 2017. Pelaksanaan Permainan Bola Kasti Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SD/MI Kota Bengkulu. Ejournal.unib.ac.id/index.php/kinestetik/article/download/3378/1776. Diakses pada 10 September 2019.
Wahyudi, Arif. 2016. Pengaruh Pembelajaran Permainan Bola Kecil (Permainan Bola Bakar) Terhadap Nilai Disiplin Siswa Pada Mata Pelajaran Pasca Pendidikan Jasmani. Pada Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Volume 1 Nomor 1.
www.google.com/amp/s/afifbenzumaen.com/jumlah-pemain-kasti/amp/. Diakses 23 MAret 2019.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.