PENGEMBANGAN PEMANASAN DINAMIS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Johandi Yusuf Program Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Muhammad Muhyi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Yoso Wiyarno Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Pemanasan, Dinamis, Siswa, Pembalajaran, PJOK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar  untuk pemanasan dinamis sebagai media pelaksanaan pembelajaran pemanasan dimanis kepada siswa dalam pembelajaran  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan, lokasi penelitian di SMP Socah Kabupaten Bangkalan, Subjek penelitian yang telibat dalam penelitian adalah 36 siswa SMP. Langkah-langkah pengembangan bahan ajar pemanasan dinamis SMP (1). Analisis Kebutuhan, (2) Mendesain Gerakan pemanasan dinamis, (3) Validasi ahli desain dan validasi isi bahan ajar pemanasan dinamis, (4) Ujicoba gerak pemanasan dinamis pada kelompok pertama (kecil) dan melakukan revisi, (5) Ujicoba gerak pemanasan dinamis pda kelompok kedua (sedang) dan merevsi, (6) Ujicoba gerak pemanasan dinamais pada kelompok tiga (besar), (7) produk hasil pengembangan pemanasan dinamis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deksriptif kuantitatif. Hasil Penelitian diperoleh bahwa bahan ajar pemanasan dinamis untuk siswa SMP Negeri Socah Bangkalan sudah siap divalidasi. Hasil validasi ahli rata-rata 3.75, dan hasil validasi desain rata-rata 3.52. Hasil ujicoba kelompok kecil diperoleh ada perubahan tingkat kelentukan, demikian juga pada hasil ujicoba kelompok sedang dan besar sehingga bahan ajar layak digunakan. Simpulan hasil penelitian (1) bahan ajar pemanasan dinamis dinyatakan layak sebagia bahan ajar dalam pembelajaran PJOK untuk siswa SMP di Socah Bangkalan, (2) bahan ajar pemanasan dinamis dapat diterapkan di pembelajaran PJOK SMP materi permainan di Socah Bangkalan.

 

References

AAnderson, B dan Anderson, J. (2008) Stretching (Peregangan), Jakarta, PT Serambi Ilmu Sementara.

Andriyani, F.D dan Praimbadha, A.A. (2017) Teknik Peregangan yang Tepat Sebagai Sarana Pemaksimalan Prestasi Olahraga, Proceeding Seminar Nasional Olahraga LPTK VIII, Tema Mewujudkan Insan Olahraga yang Inovatif dan Berkarakter dalam Pencapaian Prestasi Olahraga di Asia, Fakultas Ilmu Keolahragan Universitas Negeri Yogyakarta 16 Maret, 207. Yogyakarta.

Arifin, Z. (2015) Aktivitas Pemanasan dan Pendinginan Pada Siswa Esktrakurikuler Olahraga di SMP Negeri Semarang Timur Kota Semarang, Journal Physical Education, Sport, and Health, 4 (2) Halaman 1567-1573.

Kiswanto, D dan Wijaya, M.R.A. (2018). Perbandingan Pemanasan Bermain dan Pemanasan Classic (Statis, dan Dinamis) Terhadap Minat Dalam Pembelajaran Renang Gaya Dada Pada Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Sukabumi Tahun 2018. Seminar Nasional Pendidikan Jasmani UMMI ke 1 Tahun 2018.

Leonardo, V.D. (2008) Overview of Recent Innovative Practices in Physical Education and Sports in Asia, Editor Lay Chen Tan, Innovative Practice in Physical Education and Sports in Asia, UNESCO, Asia and Pacific Regional Bureau for Education, Thailand.

Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga, Surabaya, Unesa, University Press.

Muhyi, M. (2006). Pendidikan Jasmani Berdasarkan Kurikulum 2016 KTSP, Tingkat Sekolah Menangah Pertama, Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Muhyi, M. (2008) Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Permainan Sepakbola, Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo), Jakarta.

Mutohir, T.C, Muhyi, M., Fenanlampir, A. (2011) Berkarakter dengan Berolahraga, Berolahraga dengan Berkarakter, Surabaya, Java Pustaka Jakarta.

Paul, U. (1986) Latihan Peregangan, Terjemahan Iskandar Z.A. & Kosasih E, Jakarta, Akademika Pressindo.

Yusuf, W.B, dan Yuli S.C.H. (2014). Pengaruh Pemanasan Dalam Bentuk Permainan Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Studi pada Siswa Kelas X SMKN 1 Dlanggu Mojokerto, Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan 2 (1) Halaman 64-66.

Published
2020-04-30
How to Cite
Johandi Yusuf, Muhammad Muhyi, & Yoso Wiyarno. (2020). PENGEMBANGAN PEMANASAN DINAMIS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(1), 79-85. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i1.762