MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PJOK DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Latar belakang pemilihan judul ini didasarkan pada permasalahan yang penulis dapat ketika adanya kasus covid-19 yang melanda Indonesia sejak awal tahun 2020. Dua bulan setelah pertama kali ditemukan di akhir Bulan Desember 2019 pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan untuk mempersempit penyebaran kasus covid-19 dengan kata lain kebijakan lockdown. Kebijakan itu berdampak pada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, terutama pada sektor Pendidikan Indonesia. Dari kebijakan yang telah diputuskan mengakibatan proses Pendidikan disekolah menjadi terganggu sehingga proses belajar mengajar tidak dapat dilaksanakan secara luring atau tatap muka. Dengan tujuan agar tetap bisa menjalankan proses pembelajaran yang ada disekolah-sekolah akhirnya metode pembelajaran daring merupakan pilihan yang tepat. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki tentang: (1) Motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan jasmani di masa pandemic. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi covid-19 dapat dikatagorikan baik yaitu berada pada presentase 58%.
References
Aji, S. H. (2018). Pengembangan Aplikasi Layanan Pesan Instan Whatsapp Sebagai Sumber Belajar Mandiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Materi Pokok Efek Rumah Kaca Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Purwokerto. Univesitas Negeri Yogyakarta.
Bice, M. R., Ball, J. W., & McClaran, S. (2016). Technology and physical activity motivation. International Journal of Sport and Exercise Psychology, 14(4), 295–304. https://doi.org/10.1080/1612197X.2015.1025811
Chaturvedi, K., Vishwakarma, D. K., & Singh, N. (2021). COVID-19 and its impact on education, social life and mental health of students: A survey. Children and Youth Services Review, 121(July 2020), 105866. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105866
Cortés, A. S., Correa-Díaz, A. M., Benjumea-Arias, M. L., Valencia-Arias, A., & Bran-Piedrahita, L. (2017). Motivational Factors and Effects Associated with Physical-sport Practice in Undergraduate Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 237(June 2016), 811–815. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.153
Coşkun, H., Yıldırım, N., & Gündüz, S. (2021). The spread of COVID-19 virus through population density and wind in Turkey cities. Science of the Total Environment, 751. https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2020.141663
Davies, B., Nambiar, N., Hemphill, C., Devietti, E., Massengale, A., & McCredie, P. (2015). Intrinsic Motivation in Physical Education. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 86(8), 8–13. https://doi.org/10.1080/07303084.2015.1075922
Ng, B. (2018). The neuroscience of growth mindset and intrinsic motivation. Brain Sciences, 8(2). https://doi.org/10.3390/brainsci8020020
Nia, B. S., Mizany, M., Sajadi, S. N., & Rahimizadeh, M. (2012). A comparison between attitudes of active and inactive students toward sport and physical activities. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31, 61–65. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.017
Nur, L., Suherman, A., Subarjah, H., & Budiana, D. (2019a). Motivation in Learning Physical Education for Junior High School Students in Indonesia. 11(Icsshpe 2018), 269–273. https://doi.org/10.2991/icsshpe-18.2019.77
Nur, L., Suherman, A., Subarjah, H., & Budiana, D. (2019b). Physical Education Learning Motivation: A Gender Analysis. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 8–13. https://doi.org/10.17509/jpjo.v4i1.13790
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281
Rothan, H. A., & Byrareddy, S. N. (2020). The epidemiology and pathogenesis of coronavirus disease (COVID-19) outbreak. Journal of Autoimmunity, 109(February), 102433. https://doi.org/10.1016/j.jaut.2020.102433
Sukendra, D. M. (2015). Efek Olahraga Ringan Pada Fungsi Imunitas Terhadap Mikroba Patogen : Infeksi Virus Dengue. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 5(2), 57–65. https://doi.org/10.15294/miki.v5i2.7890
Syuhada, K., Wibisono, A., Hakim, A., & Addini, F. (2021). Covid-19 risk data during lockdown-like policy in Indonesia. Data in Brief, 106801. https://doi.org/10.1016/j.dib.2021.106801
Wriessnegger, S. C., Steyrl, D., Koschutnig, K., & Müller-Putz, G. R. (2014). Short time sports exercise boosts motor imagery patterns: Implications of mental practice in rehabilitation programs. Frontiers in Human Neuroscience, 8(JUNE), 1–9. https://doi.org/10.3389/fnhum.2014.00469
Copyright (c) 2022 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.