SURVEI KARAKTER PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PJOK DI MIN 7 JEMBRANA
Abstract
Nilai dari sebuah pembelajaran PJOK dapat menumbuhkan karakter peserta didik. Permasalahan karakter yang tercermin dalam peserta didik antara lain adalah kurangnya kejujuran, kurangnya rasa tanggung jawab, rendahnya tingkat kedisiplinan, kurangnya kerja sama, kurangnya kesadaran akan keadilan dan kurangnya kepedulian. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil karakter peserta didik pada pembelajaran PJOK melalui permainan tradisional di MIN 7 Jembrana. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis, faktual dan akurat terhadap suatu populasi atau daerah tertentu, mengenai sifat-sifat dan fakta-fakta tertentu. Berdasarkan hasil dari analisis data Deskriptif Kuantitatif, maka dapat disimpulkan bahwa Survei Karakter Peserta Didik Pada Pembelajaran PJOK di MIN 7 Jembrana adalah 97,61% dengan kategori sangat tinggi. Peserta didik akan dapat menjaga dan meningkatkan karakter yang baik, baik di lingkungan belajar maupun di lingkungan sosial.
References
Adi, B. S., Sudaryanti, S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375
Adnyana, S., & Gunarto, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dalam. 4(1), 12–30.
Ayi Suherman. (2018). Kurukulum Pembelajaran Penjas (Muhammad Nur Alif (ed.); Cetakan Ke). UPI Sumedang Press.
Baharuddin, B. (2017). Pembentukan Karakter Siswa dan Profesionalisme Guru Melalui Budaya Literasi Sekolah. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 21–40.
Depdiknas. (2010). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional.
Furqon. (2006). Mendidik Anak Dengan Bermain. Universitas Sebelas Maret.
Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60–73.
Haryati, S. (2013). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013 Oleh: Sri Haryati (FKIP-UTM). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013, 19(2), 259–268.
Perdima, F. E., & Kristiawan, M. (2021). Nilai-nilai Karakter pada Permainan Tradisional Hadang di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5342–5351. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1640
Rahmat Permana. (2020). Teori dan Praktik Pendidikan Jasmani di Perguruan Tinggi (Zulfikar (ed.); Cetakan Pe). Edu Publisher.
Ramdani, A. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DIMASA PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN PANDANGAN SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI 1 BINANGUN. Skripsi Fakultas Ilmu Keolahragaan Negeri Yogyakarta.
Riadnya, I. M. N., Panca Adi, I. P., & Satyawan, I. M. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Daring Pjok Smp Negeri 12 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 9(1), 1. https://doi.org/10.23887/jjp.v9i1.36645
Tansri, M. (2019). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENJAS TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMP NEGERI 1 PINRANG. Universitas Negeri Makassar.
Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas BermainDalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1).
Wijiningsih, N., Wahjoedi, W., & Sumarmi, S. (2016). Kebutuhan Untuk Mengembangkan Bahan Ajar Berbasis Budaya Lokal Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2.
Zaman, B. (2019). Urgensi Pendidikan Karakter Yang Sesuai Dengan Falsafah Bangsa Indonesia. Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 2(1), 16–31.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana.
Copyright (c) 2022 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.