IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL MAMEONG-MEONGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEBUGARAN JASMANI

  • I Putu Gede Aryananda Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Yogi Parta Lesmana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Peby Gunarto Universitas Pendidikan Ganesha
Keywords: Permainan Tradisional Mameong-meongan; Hasil Belajar Materi Kebugaran Jasmani

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar materi kebugaran Jasmani,melalui implementasi permainan tradisional mameong-meongan jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV SD N 2 Guwang yang Terdiri dari 28 siswa dengan jumlah sisiwa laki-laki sebanyak 20 orang dan siswa perempuan sebanyak 8 orang, Urutan penelitian ini terdiri dari empat alur yaitu perencanaan, pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi teknik pengumpulan data menggunakan RPP, Lembar observasi, dan dokumentasi serta analisis data mengunakan deskripsi presentase, hasil analisis data penelitian mengenai hasil belajar materi kebugaran jasmnai lari zig-zag, balance test, lari cepat 30 meter diambil Pada Aspek pengetahuan siklus I nilai ketuntasannya adalah (85%) dan pada siklus II menjadi (89%) Pada aspek keterampilan siklus I nilai ketuntasannya adalah (60%) dan pada siklus II menjadi (93%). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Impelementasi permainan tradisional mameong-meongan berpengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar materi kebugaran jasmani lari zig-zag, balance test dan lari cepat 30 meter.

References

Adi, B. S. (2020). Jurnal Pendidikan Anak , Volume 9 ( 1 ), 2020 , 33-39 Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. 9(1), 33–39.

Adiatmika, I. P. G., & Santika, I. G. N. A. (2016). Bahan Ajar Tes dan Pengukuran Olahraga. In Udayana University Press (p. 80).

Agustin, M. S., & Muhammad, N. H. (2015). Pengaruh Aktivitas Gerak Permainan Tradisional Terhadap Kelincahan Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 549–553.

Alaswati, S. (2016). Journal of Physical Education and Sports. 5(2), 111–119.

Didi Yudha Pranata, & Tuti Sarwita. (2019). Permainan Tradisional Englolibaba Biskuit Meningkatkan Kelincahan Anak Sekolah Dasar. Visipena Journal, 10(2), 294–302. https://doi.org/10.46244/visipena.v10i2.509

Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85

Jayendra, P. S. (2019). Permainan Tradisional Bali Juru Pencar Sebagai Media Pembelajaran Dan Pembentukan Karakter. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 65. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.906

Kusumawati, O. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4, 124–142.

Mulyatiningsih, E. (2009). Modul Pelatihan Pendidikan Profesi Guru Fakultas Teknik Universitas Negri Yogyakarta. Bandung Rosdakarya, 1–22. staff.uny.ac.id.

Pasaribu, A. M. N. (2020). Tes dan Pengukuran Olahraga. In Tes dan Pengukuran Olahraga.

Prasetio, E., Sutisyana, A., & Ilahi, B. R. (2017). Tingkat Kebugaran Jasmani Berdasarkan Indeks Massa Tubuh Pada Siswa SMP Negeri 29 Bengkulu Utara. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(2), 86–91.

Prasetio, E., Sutisyana, A., Ilahi, B. R., & Defliyanto, D. (2018). Tingkat Kebugaran Jasmani Berdasarkan Indeks Massa Tubuh Pada Siswa Smp Negeri 29 Bengkulu Utara. Kinestetik, 2(2), 166–172. https://doi.org/10.33369/jk.v2i2.8738

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Saleh, Y. T., Nugraha, M. F., & Nurfitriani, M. (2017). Model Permainan Tradisional “Boy-boyan” untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak SD. Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2b), 127–138.

Sepriadi, S. (2017). Kontribusi status gizi dan kemampuan motorik terhadap kesegaran jasmani siswa sekolah dasar. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 194. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.15147

Published
2022-09-16
How to Cite
I Putu Gede Aryananda, Kadek Yogi Parta Lesmana, & Peby Gunarto. (2022). IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL MAMEONG-MEONGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEBUGARAN JASMANI. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(2), 81-91. https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i2.2107