IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL MAMEONG-MEONGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEBUGARAN JASMANI
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar materi kebugaran Jasmani,melalui implementasi permainan tradisional mameong-meongan jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV SD N 2 Guwang yang Terdiri dari 28 siswa dengan jumlah sisiwa laki-laki sebanyak 20 orang dan siswa perempuan sebanyak 8 orang, Urutan penelitian ini terdiri dari empat alur yaitu perencanaan, pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi teknik pengumpulan data menggunakan RPP, Lembar observasi, dan dokumentasi serta analisis data mengunakan deskripsi presentase, hasil analisis data penelitian mengenai hasil belajar materi kebugaran jasmnai lari zig-zag, balance test, lari cepat 30 meter diambil Pada Aspek pengetahuan siklus I nilai ketuntasannya adalah (85%) dan pada siklus II menjadi (89%) Pada aspek keterampilan siklus I nilai ketuntasannya adalah (60%) dan pada siklus II menjadi (93%). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Impelementasi permainan tradisional mameong-meongan berpengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar materi kebugaran jasmani lari zig-zag, balance test dan lari cepat 30 meter.
References
Adi, B. S. (2020). Jurnal Pendidikan Anak , Volume 9 ( 1 ), 2020 , 33-39 Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. 9(1), 33–39.
Adiatmika, I. P. G., & Santika, I. G. N. A. (2016). Bahan Ajar Tes dan Pengukuran Olahraga. In Udayana University Press (p. 80).
Agustin, M. S., & Muhammad, N. H. (2015). Pengaruh Aktivitas Gerak Permainan Tradisional Terhadap Kelincahan Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 549–553.
Alaswati, S. (2016). Journal of Physical Education and Sports. 5(2), 111–119.
Didi Yudha Pranata, & Tuti Sarwita. (2019). Permainan Tradisional Englolibaba Biskuit Meningkatkan Kelincahan Anak Sekolah Dasar. Visipena Journal, 10(2), 294–302. https://doi.org/10.46244/visipena.v10i2.509
Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85
Jayendra, P. S. (2019). Permainan Tradisional Bali Juru Pencar Sebagai Media Pembelajaran Dan Pembentukan Karakter. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 65. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.906
Kusumawati, O. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4, 124–142.
Mulyatiningsih, E. (2009). Modul Pelatihan Pendidikan Profesi Guru Fakultas Teknik Universitas Negri Yogyakarta. Bandung Rosdakarya, 1–22. staff.uny.ac.id.
Pasaribu, A. M. N. (2020). Tes dan Pengukuran Olahraga. In Tes dan Pengukuran Olahraga.
Prasetio, E., Sutisyana, A., & Ilahi, B. R. (2017). Tingkat Kebugaran Jasmani Berdasarkan Indeks Massa Tubuh Pada Siswa SMP Negeri 29 Bengkulu Utara. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(2), 86–91.
Prasetio, E., Sutisyana, A., Ilahi, B. R., & Defliyanto, D. (2018). Tingkat Kebugaran Jasmani Berdasarkan Indeks Massa Tubuh Pada Siswa Smp Negeri 29 Bengkulu Utara. Kinestetik, 2(2), 166–172. https://doi.org/10.33369/jk.v2i2.8738
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Saleh, Y. T., Nugraha, M. F., & Nurfitriani, M. (2017). Model Permainan Tradisional “Boy-boyan” untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak SD. Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2b), 127–138.
Sepriadi, S. (2017). Kontribusi status gizi dan kemampuan motorik terhadap kesegaran jasmani siswa sekolah dasar. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 194. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.15147
Copyright (c) 2022 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.