PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL ADDIE PADA MATERI TEKNIK DASAR TENDANGAN PENCAK SILAT KELAS VII SMP NEGERI 4 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Liberta Loviana Carolin Undiksha Singaraja
  • I Ketut Budaya Astra Undiksha Singaraja
  • I Gede Suwiwa Undiksha Singaraja
Keywords: Media Video, Pencak Silat, Model ADDIE.

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengembangkan media video pembelajaran teknik dasar tendangan pencak silat dengan model ADDIE. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan model ADDIE, yaitu: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Validasi bahan ajar model ADDIE yaitu: uji ahli isi mata pelajaran, uji ahli media pembelajaran, uji ahli desain pembelajaran, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif adalah teknik analisis yang digunakan. Tanggapan ahli isi mata pelajaran memperoleh persentase 94% dengan kualifikasi sangat baik. Tanggapan ahli media pembelajaran memperolehpersentase 90% dengan kualifikasi sangat baik. Tanggapan ahli desain pembelajaran memperoleh presentase 94% dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan uji coba peserta didik tidak bisa dilakukan karena adanya pandemi covid19 yang mengharuskan peserta didik belajar dirumah secara online/daring. Hasil penelitian disimpulkan bahwa media video pembelajaran teknik dasar tendangan pencak silat layak digunakan menurut uji ahli isi mata pelajaran, uji ahli media pembelajaran dan uji ahli desain pembelajaran karena sudah memenuhi kriteria sesuai ketentuan dan sudah melaksanakan tahapan model ADDIE secara keseluruhan. Saran dari peneliti terhadap penelitian pengembangan ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif sumber balajar dan penelitian ini dapat dieksperimenkan sehingga keefektifan dapat diketahui.

 

References

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangankan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Atapukang, N. (2016). Kreatif Membelajarkan Pembelajar dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Tepat sebagai Solusi dalam Berkomunikasi. Jurnal Media Komunikasi Geografi. VOL. 17. (2): 3.

Ayuningrum, F. (2012). Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Siswa Kelas X pada Kompetensi Mengolah Soup Kontinental di SMK N 2 Godean. Yogyakarta: UNY.

Busyaeri, dkk. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Jurnal Pendidikan Guru MI. VOL. 3(1): 12.

Junaedi, A. (2015). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olaharaga dan Kesehatan Di SMA, SMK dan MA Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal. VOL. 3. (3): 3.

Kriswanto, E.S. (2015). Pencak Silat: Sejarah dan Perkembangan Pencak Silat, Teknik-Teknik dalam Pencak Silat. Pengetahuan Dasar Pertandingan Pencak Silat. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Lubis, J. (2004). Pencak Silat Panduan Praktis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada 2004.

Mahadewi, dkk. (2012). Media Video Pembelajaran. Singaraja: UNDIKSHA.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran islam. VOL. 37. (1):2.

Mardotillah, M. (2016). Silat Identitas Budaya, Pendidikan, Seni Bela Diri, dan Pemeliharaan Kesehatan. Jurnal Antropologi. VOL. 18 (2): 2.

Mustofa, H.K. dan Kurniawan, A. (2020). Pengembangan Bola Banel Sebagai Media Pembelajaran Bola Voli Di SDN 1 Buluagung. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani dan Olah Raga. VOL.--5.-(1): 2.

Nusufi, M. (2015). Hubungan Kelentukan dengan Kemampuan Kecepatan Tendangan Sabit pada Atlet Pencak Silat Binaan Dispora Aceh (Pplp dan Diklat) Tahun 2015. Jurnal Ilmu Keolahragaan. VOL. 14. (1): 2.

Purwanto, D. (2017). Pengembangan Model Latihan Sundulan (Heading) untuk Pemula pada Peserta Extrakulikuler Sepak Takraw di SMP Negeri 6 Palu. Jurnal Penjaskesrek.VOL. 4. (2): 5.

Suandi, dkk. (2016). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi. Singaraja: UNDIKSHA.

Suprapto, H. (2016). Implementasi Lesson Study dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Video pada Kelas XII IPS SMA 1 Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. VOL. 4. (1): 5.

Turyati, dkk. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Edukasi Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gondangrejo. Jurnal PKN Progresif. VOL. 11. (1): 4.

Published
2020-10-26
How to Cite
Liberta Loviana Carolin, I Ketut Budaya Astra, & I Gede Suwiwa. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL ADDIE PADA MATERI TEKNIK DASAR TENDANGAN PENCAK SILAT KELAS VII SMP NEGERI 4 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 12-18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.934