PENGEMBANGAN MEDIA INOVATIF BOARD GAME MONOPOLI MATERI KESEHATAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

  • I Ketut Budaya Astra Almada Undiksha Bali
  • I Gede Suwiwa Undiksha Bali
  • Hafidz Almada Undiksha Bali
Keywords: Model ADDIE, Media Inovatif, Pengembangan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) menggambarkan proses rancang bangun media inovatif pada mata pelajaran PJOK SMP kelas VIII, dan 2) mengetahui hasil validasi media inovatif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan model ADDIE. Langkah-langkah pengembangannya meliputi: analisis (Analyze), perencanaan (Design), pengembangan (Development), penerapan (Implementation), evaluasi (Evaluation). Setelah mencapai tahap pengembangan dihasilkan produk awal kemudian divalidasi oleh seorang ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket/kuesioner. Pada penelitian ini, kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data hasil review ahli. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan proses rancang bangun Media Inovatif terdiri dari lima tahapan model ADDIE yaitu analisis (Analyze), perancangan (Design), pengembangan (Development), penerapan (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Hasil validasi multimedia interaktif dari: 1) uji ahli isi berada pada nilai 87% (baik); 2) uji ahli desain pembelajaran pada nilai 93% (sangat baik); 3) uji ahli media pembelajaran pada nilai 93% (sangat baik).

References

Amkas, S. (2017). Pengembangan Media Papan Ludo Word Game Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SDN 1 Banjar Bali Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Universitas Pendidikan Ganesha.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fiktiany, M. (2007). Efektifitas Permainan Acak Huruf dalam Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim , et al. (2004). Media Pembelajaran. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.

Maulana, G. R. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Pola Hidup Sehat Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/6933 (diakses tanggal 06 September 2019).

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Rohayati, Y. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Materi Kesehatan pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Rekreasi. Tersedia Pada https://ejournal.undiksha.ac.id (diakses tanggal 06September 2019).

Rozak, A & Wahdi, S. (2006). Remaja dan Bahaya Narkoba. Jakarta:Prenada.

Sadiman, A. S. et al. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudarma, I. K. & Oka, G. P. A. (2008). Teknik Produksi dan Pengembangan Multimedia Pembelajaran. Singaraja: Undiksha.

Tegeh, I .M. & Kirna, I. M.. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I. M. & Jampel I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Singaraja: Undiksha.

Published
2020-11-23
How to Cite
AlmadaI. K. B. A., I Gede Suwiwa, & Hafidz Almada. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA INOVATIF BOARD GAME MONOPOLI MATERI KESEHATAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 66-71. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.931