SURVEY PELAKSAAN PEMBELAJARAN PJOK SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Nurul Raodatun Hasanah Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Panca Adi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Suwiwa Universitas Pendidikan Ganesha
Keywords: Learning CHD, Covid-19 online learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran PJOK secara daring pada masa pandemic covid-19 dikelas VIII SMP Negeri 4 tejakula. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif berdasarkan analisis data pada penilaian katagori, pelaksanaan pembelajaran PJOK memperoleh nilai 62 dengan katagori cukup baik. dan dilihat dari pembelaran pendahuluan, pembelajaran inti, serta pembelajaran penutup sehingga rata-rata keseluruhan perolehan nilai yang di dapatkan 62 berada pada katagori  cukup baik.  hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa survey pelaksanaan pembelajaran PJOK secara daring pada masa pandemi Covid-19 dikelas VIII SMP Negeri 4 tejakula tahun pelajaran 2020/2021. berada pada katagori  cukup baik Diharapkan agar menigkatkan proses pembelajaran pendidikan jasmani, Olahraga dan Kesehatan di masa pandemi Covid-19 sehingga dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan diri dan mencetak prestasi meskipun belajar dirumah.

References

Ammigan, R. (2018). Improving the Student Experience: Learning From a Comparative Study of International Student Satisfaction. Journal of Studies in International Education, 22(4), 283–301. https://doi.org/10.1177/1028315318773137

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING (FULL ONLINE) DIMASA PANDEMI COVID- 19 PADA JENJANG SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SUBANG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 4–8.

Huda, S., Firmansyah, M., Rinaldi, A., Suherman, Sugiharta, I., Astuti, D. W., Fatimah, O., & Prasetiyo, A. E. (2019). Understanding of Mathematical Concepts in the Linear Equation with Two Variables: Impact of E-Learning and Blended Learning Using Google Classroom. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 261–270. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i2.5303

Husdarta, H. J. S. (2009). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung. Alfabeta.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/

Mahardika, A. A. N. Y. M., & Heryanda, K. K. (2020). Keberterimaan Dosen FE Undiksha terhadap Pemanfaatan Gawai Seluler dalam Pembelajaran Daring. Seminar Nasional Riset Inovatif, 198–206.

Marheni, E., Ridwan, M., S, A., Purnomo, E., & Soniawan, V. (2020). Meningkatkan Gairah Belajar PJOK Siswa Pasca Pandemi Covid-19. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(3), 149. https://doi.org/10.24036/sb.0590

Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi Peserta Didik terhadap PJJ pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 75–82.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020a). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020b). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sari, D. P., & Sutapa, P. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK). Pediatric Critical Care Medicine, Publish Ah, 19–29.

Simatupang, N. I., Sitohang, S. R. I., Patricia, A., Situmorang, & Simatupang, I. M. (1981). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENGAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN METODE SURVEY SEDERHANA. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Widyaningsih, E. (n.d.). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( DARING ). 117, 9–15.

Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515–526.

Yudiawan, A. (2020). BELAJAR BERSAMA COVID 19: Evaluasi Pembelajaran Daring Era Pandemi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Papua Barat. AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 10–16. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i1.64

Published
2021-04-25
How to Cite
Nurul Raodatun Hasanah, I Putu Panca Adi, & I Gede Suwiwa. (2021). SURVEY PELAKSAAN PEMBELAJARAN PJOK SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 189-196. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1295