PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK PJOKTEMA DIRIKU PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 SD DI KECAMATAN BULELENG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembembelajaran tematik PJOK tema diriku pada peserta didik kelas 1 SD di Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan modul pembelajaran tematik PJOK menggunakan model Borg & Gall hanya sampai tahap 5 yaitu tahap penelitian dan pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap, mengembangkan bentuk pendahuluan produk, tahap uji lapangan persiapan, dan tahap revisi produk utama. Langkah validasi modul pembelajaran tematik PJOK mengadopsi model Borg & Gall yaitu: uji lapangan persiapan dan peneliti menambahkan uji ahli isi dan uji ahli media agar penelitian lebih signifikan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi modul pembelajaran PJOK ditinjau dari aspek isi oleh ahli isi adalah sangat baik dengan presentase 91,76%. Ahli media berada pada kualifikasi baik dengan presentase 83,33%. Hasil uji lapangan persiapan dari peserta didik memperoleh presentase 96,84% dan guru PJOK memperoleh presentase 96,85% berada pada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa modul pembelajaran tematik PJOK tema diriku pada kelas 1 SD di Kecamatan Buleleng layak digunakan ditinjau dari uji ahli isi, uji ahli media dan uji lapangan persiapan. Penelitian ini diharapkan dapat dieksperimenkan untuk mengetahui efektivitas dari modul pembelajaran tematik PJOK.
References
Arum, T. S., & Wahyudi, W. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik Untuk Kelas 5 SD. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p239-250
Estuwardani. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Tematik-integratif Dalam Peningkatan Karakter Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8620
Huraibi, Chabib, Zain, C., & Indahwati, N. (2018). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK. 583–586.
Kadir, A. & H. A. (2015). Pembelajaran Tematik. PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Maulana Arafat Lubis, M. P. (2016). Pembelajaran Tematik DI SD/MI Pengembangan Kurikulum 2013. In A. C (Ed.), CEUR Workshop Proceedings (pertama, Vol. 13, Issue 1). Katalog Dalam Terbitan (KDT) ©.
Mukhlis, M. (2012). Pembelajaran Tematik Pembelajaran Tematik Mohamad Muklis STAIN Samarinda. Fenomena, IV(20), 63–76.
Nafi, I., Muakibatul, H., & Mudiono, A. (2016). Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(5), 901–904.
Pgmi, J., Tarbiyah, F., & Keguruan, D. (2015). Tematik Sd. 2, 34–49.
Rahayu. (2016). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sma, Smk, Dan Ma Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 834–842.
Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA/MA (Pertama, C). Prenada Media Group.
Sari, P. (2015). Pengembangan Buku Pelajaran Tematik-Integratif Berbasis Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab di Sekolah DasaR. Jurnal Prima Edukasia. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4070
Sukayati. (2009). Pembelajaran Tematik di SD (A. Waluyati (ed.)). PPPPTK Matematika.
Tegeh, I Made dan Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. UNDIKSHA.
Tirtoni, F. (2018). Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar (S. B. M. T. M. Santika (ed.); Septi Budi). Umsida Press.
Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1), 1–9.
Copyright (c) 2021 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.