POCKET BOOK DEVELOPMENT MOBILE LEARNING-IOT (INTERNET OF THINKING) BERBASIS ANDROID TENTANG SINYAL-SINYAL WASIT BOLA VOLI KOTA KEDIRI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah pocket book mobile learning berbasis android didalamnya berisi tentang materi sinyal wasit, khususnya dalam penelitian ini yaitu wasit yang berada di Kota Kediri. Dengan ini diharapkan para wasit lebih bersemangat memimpin jalannya pertandingan dan mengurangi tingkat kesalahan dalam mempimpin pertandingan. Penelitian ini menggunakan metode research and development, dimana didalamnya terdapat analisis kebutuhan dan menggunakan metode wawancara yang digunakan untuk melihat masalah yang sering terjadi tentang sinyal-sinyal wasit bola voli di Kota Kediri. Setelah melakukan wawancara didapat hasil dilapangan yaitu belum menggunakan pocket book tentang sinyal-sinyal wasit yang berbasis mobile learning. Dari analisis kebutuhan ini dihasilkan evaluasi dari ahli dan uji coba yang disajikan pada bagian ini. Untuk data dari ahli itu sendiri meliputi saran dan hasil evaluasi dari 2 orang yang ahli dibidang IT khususnya pada pembelajaran, 3 Orang Desain Grafis,5 Orang ahli dibidang perwasitan dan 5 orang ahli di dunia bola voli. Dari hasil evaluasi dihasilkan data kuantitatif yang berupa prosentase dan menunjukkan kelayakan produk yang mempunyai kategori baik sekali sehingga bisa dikatakan sudah memenuhi kriteria jika ingin dipergunakan, yaitu sebesar 95%. Berdasarkan hasil uji coba skala kecil dan skala besar terkait dengan pengembangan pocket book tentang sinyal-sinyal perwasitan bola voli terdapat 93% dalam uji skala kecil dan menunjukkan bahwa produk ini layak untuk digunakan atau dalam kategori baik sekali. Sedangkan untuk uji skala besar berada pada kategori baik sekali atau jika di prosentasekan yaitu sebesar 97% tentang sinyal-sinyal wasit bola voli.
References
Borg, W.R. & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction, Fourth Education. New York & London: Longman.
Darmawan, D. (2011). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dwiyogo, W. D. (2008). Aplikasi Teknologi Pembelajaran Media Pembelajaran Penjas & Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang.
F.I.V.B. (2012). Official Volleyball Rules 2013-2016. F.I.V.B.
Hartanto, H. (2013). Keluarga Berencana dan Kontrasepsi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Kitsiou, A., et al. (2020). Tendencies of the volleyball serving skill with respect to the serve type across genders. Jurnal of Physical Education and Sport (JPES), 564 – 570.
Muharram, N. . & Putra, R. P. (2019). Pengembangan Buku Saku Mobile Learning Berbasis Android Tentang Signal-Signal Wasit Bola voli Kota Kediri. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG) 2 (1)
Murniati, A. (2012). Pemanfaatan E-Journal Dan E-Book Oleh Mahasiswa Di Lingkungan kultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN SUSK Riau.
Rusman, et al. (2013). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Setyosari, P. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sihkabuden. (2011). Media Pembelajaran. Malang: Malang: FIP-UM.
Sugiyono. (2013). Metodologi Peneltian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sutopo, A. H. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: raha Ilmu.
Syah, M. (2005). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.