DESAIN PEMBELAJARAN PERMAINAN KINESTETIK LTBS (LEMPAR TANGKAP BOLA ESTAFET) UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

  • Nur Ahmad Muharram Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wing Prasetya Kurniawan Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: Permainan Kinestetik, LTBS, Desain Research

Abstract

Proses belajar mengajar dalam sebuah pendidikan menjadi suatu wadah atau instasi formal dengan tujuan agar peserta didik menjadi berkembang, yang semula belum menguasai kemudian dengan adanya pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar menjadi menguasai. Dalam kegiatan belajar mengajar siswa dituntut untuk selalu aktif pada saat proses belajar mengajar agar bisa mengembangkan kemampuan yang dimilikinya, baik kemampuan spiritual, keagamaan, mengendalikan diri, pribadi yang cerdas, berakhlak baik serta mempunyai skill yang harus peserta didik miliki, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research type validation study yang bertujuan untuk membuktikan teori-teori pembelajaran. Aktivitas yang berkaitan dengan kinestetik LTBS melalui pembelajaran yang dilakukan pada siswa meliputi: 1) mendesain gerakan LTBS, 2) memahami bentuk permainan LTBS, 3) mengidentifikasi dan memahami permainan kinestetik LTBS, dan 4) menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran penjasorkes yang berhubungan dengan gerak kinestetik melalui permainan LTBS. Dari keseluruhan penelitian ini diperoleh jawaban bahwa tahapan aktivitas fisik yang sudah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa bentuk permainan LTBS dapat membantu siswa dalam memahami gerak kinestetik.

References

Akker, J. van den, Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (2006). Educational. Design Research. London: Routledge Taylor and Francis Group.

Bustang, B., Zulkardi, Z., Darmawijoyo, D., Dolk, M. L. A. ., & van Eerde, H. A. A. (2013). Developing a Local Instruction Theory for Learning the Concept of Angle Through Visual Field Activities and Spatial Representations. International Education Studies, 6(8), 58 –70.

Campbell, L. (2006). Bruce Campbell, Dee Dickinson.200 Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. (Penerjemah: Tim Intuisi). Depok: Intuisi Press.

Dimyati, M. (2013). Belajar dan Pembelajaran - Google Books.

Gardner, H. (2018). Frances of Mind : The Theory of Multiple Intelligence. New York: Basic Book.

Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2006). Design Research from a Learning Design. Perspective. New York: McGraw Hill.

Hernacki, B. D. dan M. (2009). Quantum Learning. .Bandung : PT. Mizan Pustaka.

Muharram, N. A. (2020). Paradigma Pendidikan Kritis Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Jasmani Dimasa Pandemi Covid 19. In Bunga Rampai.

Muharram, N. A., & Harmono, S. (2021). Peningkatan pembelajaran table tennis melalui teknik holding bet pada siswa sekolah dasar. JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran & Penelitian Tindakan, 1(1), 20-24.

Muharram, N. A., & Kholis, M. N. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Servis Atas melalui Model Pembelajaran Problem Based Introduction dalam Permainan Bola Voli. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN CITRA BAKTI (JIPCB), 5(2), 103–107.

Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.

Tim Penyusun. (2003). BAHASA Indonesia : kurikulum berbasis kompetensi / Tim Penyusun. Klaten : Intan Pariwara.

Published
2021-12-07
How to Cite
Nur Ahmad Muharram, & Wing Prasetya Kurniawan. (2021). DESAIN PEMBELAJARAN PERMAINAN KINESTETIK LTBS (LEMPAR TANGKAP BOLA ESTAFET) UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(2), 279-284. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i2.1560

Most read articles by the same author(s)