INTEGRATIVE-INTERCONNECTIVE APPROACH IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION CURRICULUM
Problematika Implementasi Pendekatan Integratif-Interkonektif dalam Kurikulum PAI
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Kurikulum PAI, Pendekatan Integratif-Interkonektif, Problematika, Implementasi.
Abstract
Implementasi pendekatan integratif-interkonektif dalam pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan upaya penting untuk mengembangkan kompetensi holistik siswa. Namun, proses ini tidak bebas dari tantangan dan masalah. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika yang dihadapi dalam penerapan pendekatan tersebut di berbagai lembaga pendidikan di Indonesia, serta menawarkan solusi yang mungkin untuk mengatasi kendala tersebut. Data dikumpulkan melalui studi literatur review untuk mengidentifikasi dan menganalisis tantangan serta solusi yang telah diusulkan dalam berbagai penelitian terdahulu
References
Aji Suprayitno, Muhammad dan Moh. Moefad, Agoes. (2024). Peran Pendidikan Islam Terintegrasi dalam Pembentukan Karakter dan Keterampilan Sosial Generasi Muda Muslim di Era Globalisasi. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) (eISSN: 2614-8854). Volume 7, Nomor 2,Februari2024 (1763-1770). Hlm. 1764.
https://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/3658/3124
Anwar, Syaiful. (2022). Evaluasi PendidikanMenuju Insan KamilPerspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara; Vol. 1No.1,202. Hlm 72. http://doi.org/10.55080/jpn.v1i1.7
Arasyia. (2020). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Manajer Pendidikan. Vol 14 (2) 2020 Hlm. 7. https://ejournal.unib.ac.id/manajerpendidikan/article/view/11375
Aristo Sadewa, Mohamaad. (2022). Meninjau Kurikulum Prototipe Melalui Pendekatan Integrasi-InterkoneksiProf M Amin Abdullah. JPDK: Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022Research & Learning in Primary Education. Hlm 274.
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/3560/2326
Depdiknas. (2016). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas. Hlm. 23.
Dhobith, Anwar. Hamami, Tasman. (2023). Urgensi Pengembangan Kurikulum Pai Melalui Pendekatan Integratif-Interkonektif. RAUDHAHProud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah Volume 8 Nomor 3 Edisi Desember 2023 P-ISSN : 2541-3686. E-ISSN :2746-2447. Hlm. 1043. https://ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah/article/view/320/259
Ferdinan. (2023). Implementasi Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik di MTs Muhammadiyah Datarang Kabupaten Gowa. Journal on EducationVolume 06, No. 01, September-Desember 2023. Hlm. 8579. E-ISSN: 2654-5497, P-ISSN: 2655-1365. http://jonedu.org/index.php/joe
Isa Anshori, Muhammad. dkk. (2022). Paradigma Integratif-Interkonektif Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah. Vol 7. No. 2 Deseber 2022. Hlm. 34. https://ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah/article/view/186/114
Jannah, Atiratul. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950 Volume 08 Nomor 02, September 2023. Hlm. 2763.
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/10090/4081
Mardiyanto, Agus. Dkk. (2024). Pendekatan Interdispliner Dalam Studi Islam: Pengembangan Paradigma Integratif-Interkonektif Tradisi Ngebuyu DiLampung Dalam Perspektif Islam. BLAZE: Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan. Vol.2, No. 2 Mei 2024. e-ISSN: 3025-2423; p-ISSN: 3025-2415. Hlm. 190.
https://doi.org/10.59841/blaze.v2i2.1217
Maulana, Taufik. (2019). Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Kompetensi Professional Guru PAI (Studi Penelitian Di MA Baabussalaam Kota Bandung). Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Volume 4 No. 1 Mei 2019. p-ISSN : 2502 – 9398. e-ISSN : 2503 – 5126. Hlm. 58. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/Tahdzibi
Mulyasa. (2018). Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Hlm. 32
Musa, Muhajir. dkk. (2024). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Journal on Education. Volume 06, No. 03, Maret-April 2024. Hlm. 16036. http://jonedu.org/index.php/joe
Nada, Ana Quthratun, dan Sentosa, Sedya. (2023). Pembelajaran Tematik-Integratif: Studi Relevansi Terhadap Integrasi-Interkoneksi Keilmuan Dalam Pendidikan Islam(M. Amin Abdullah). Mentari : Journal of Islamic Primary School. Vol. 1 No. 2 Juni 2023. E-ISSN: 3021-8497. Hlm. 69. https://www.ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1158
Ruhama’, Ulfatur. (2016) Integrasi Interkoneksi Pendidikan Agama Islam Dan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Kepribadian Siswa. JOIES: Journalof Islamic Education Studies. Volume 1, Nomor 2, Desember 2016; p-ISSN 2540-8070, e-ISSN 2541-173X. Hlm. 347. https://jurnalpps.uinsa.ac.id/index.php/joies/article/view/15/14
Trianto. (2017). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara. Hlm. 45.
UNESCO. (2015). Education 2030: Incheon Declaration and Framework for Action. UNESCO.
https://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/3658/3124
Anwar, Syaiful. (2022). Evaluasi PendidikanMenuju Insan KamilPerspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara; Vol. 1No.1,202. Hlm 72. http://doi.org/10.55080/jpn.v1i1.7
Arasyia. (2020). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Manajer Pendidikan. Vol 14 (2) 2020 Hlm. 7. https://ejournal.unib.ac.id/manajerpendidikan/article/view/11375
Aristo Sadewa, Mohamaad. (2022). Meninjau Kurikulum Prototipe Melalui Pendekatan Integrasi-InterkoneksiProf M Amin Abdullah. JPDK: Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022Research & Learning in Primary Education. Hlm 274.
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/3560/2326
Depdiknas. (2016). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas. Hlm. 23.
Dhobith, Anwar. Hamami, Tasman. (2023). Urgensi Pengembangan Kurikulum Pai Melalui Pendekatan Integratif-Interkonektif. RAUDHAHProud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah Volume 8 Nomor 3 Edisi Desember 2023 P-ISSN : 2541-3686. E-ISSN :2746-2447. Hlm. 1043. https://ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah/article/view/320/259
Ferdinan. (2023). Implementasi Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik di MTs Muhammadiyah Datarang Kabupaten Gowa. Journal on EducationVolume 06, No. 01, September-Desember 2023. Hlm. 8579. E-ISSN: 2654-5497, P-ISSN: 2655-1365. http://jonedu.org/index.php/joe
Isa Anshori, Muhammad. dkk. (2022). Paradigma Integratif-Interkonektif Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah. Vol 7. No. 2 Deseber 2022. Hlm. 34. https://ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah/article/view/186/114
Jannah, Atiratul. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950 Volume 08 Nomor 02, September 2023. Hlm. 2763.
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/10090/4081
Mardiyanto, Agus. Dkk. (2024). Pendekatan Interdispliner Dalam Studi Islam: Pengembangan Paradigma Integratif-Interkonektif Tradisi Ngebuyu DiLampung Dalam Perspektif Islam. BLAZE: Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan. Vol.2, No. 2 Mei 2024. e-ISSN: 3025-2423; p-ISSN: 3025-2415. Hlm. 190.
https://doi.org/10.59841/blaze.v2i2.1217
Maulana, Taufik. (2019). Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Kompetensi Professional Guru PAI (Studi Penelitian Di MA Baabussalaam Kota Bandung). Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Volume 4 No. 1 Mei 2019. p-ISSN : 2502 – 9398. e-ISSN : 2503 – 5126. Hlm. 58. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/Tahdzibi
Mulyasa. (2018). Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Hlm. 32
Musa, Muhajir. dkk. (2024). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Journal on Education. Volume 06, No. 03, Maret-April 2024. Hlm. 16036. http://jonedu.org/index.php/joe
Nada, Ana Quthratun, dan Sentosa, Sedya. (2023). Pembelajaran Tematik-Integratif: Studi Relevansi Terhadap Integrasi-Interkoneksi Keilmuan Dalam Pendidikan Islam(M. Amin Abdullah). Mentari : Journal of Islamic Primary School. Vol. 1 No. 2 Juni 2023. E-ISSN: 3021-8497. Hlm. 69. https://www.ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1158
Ruhama’, Ulfatur. (2016) Integrasi Interkoneksi Pendidikan Agama Islam Dan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Kepribadian Siswa. JOIES: Journalof Islamic Education Studies. Volume 1, Nomor 2, Desember 2016; p-ISSN 2540-8070, e-ISSN 2541-173X. Hlm. 347. https://jurnalpps.uinsa.ac.id/index.php/joies/article/view/15/14
Trianto. (2017). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara. Hlm. 45.
UNESCO. (2015). Education 2030: Incheon Declaration and Framework for Action. UNESCO.
Published
2025-05-09
How to Cite
Khairul Rofiah, Ruminda Hutagalung, Rizki Kurniati, Tomi, & Azizatul Istaurina. (2025). INTEGRATIVE-INTERCONNECTIVE APPROACH IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION CURRICULUM: Problematika Implementasi Pendekatan Integratif-Interkonektif dalam Kurikulum PAI. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 9(2), 723-733. https://doi.org/10.36526/santhet.v9i2.4984
Section
Artikel