KELIMPAHAN RELATIF DAN SIMILARITAS KELAS GASTROPODA WILAYAH ESTUARI MANGROVE KECAMATAN MUNCAR BANYUWANGI

  • FIYA MAGHFIROH UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI
  • FUAD ARDIYANSYAH UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI
  • HASYIM AS'ARI UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI
Keywords: Gastropoda; kelimpahan; similaritas

Abstract

Wilayah estuari mangrove mrupakan sebuah kawasan ekosistem yang khas dan berdekatan dengan hutan mangrove sehingga memiliki karakteristik air payau dan daratan berlumpur. Terbatasnya informasi mengenai kelimpahan dan similaritas Gastropoda yang ada diwilayah estuari mangrove di kecamatan Muncar Banyuwangi, mendorong peneliti untuk melakukan pendahuluan penelitian dengan Tujuan yaitu untuk mengetahui keanekaragaman dan kelimpahan kelas Gastropoda di wilayah estuari mangrove kecamatan Muncar. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 13 juli-27 juli 2022. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode sampling. Pengambilan sampel dilakukan dengan membuat 3 stasiun yang berukuran 10×10 m2, dalam plot tersebut didalamnya  terdapat 5 sub plot yang berukuran 1×1 m2. Berdasarkan pengamatan di ketiga stasiun pada wilayah estuari mangrove Kawang ditemukan 9 jenis spesies Gastropoda yang menunjukkan kelimpahan relatif tertinggi terdapat pada spesies Melanoides Requeti, Cerithidea cingulata, Nerita Balteata dan Nerita planospira. Berdasarkan pengamatan di ketiga stasiun pada wilayah estuari mangrove Kili-kili ditemukan 10 jenis spesies Gastropoda yang menunjukkan kelimpahan spesies tertinggi terdapat pada spesies Sphaerassiminea miniata,Nerita planospira, Cerithidea cingulata, Nerita undata. Berdasarkan kesamaan (similaritas) pada stasiun 1, stasiun 2 dan stasiun 3 berkisar antara 70-90%.  Kesamaan (similaritas) mangrove Kili-kili stasiun 1,stasiun 2 dan stasiun 3 berkisar antara 30-50%.

References

Barus, T. A. (2004). pengantar limnologi studi tentang ekosistem air daratan. medan: USU Press .

Budiawan, hendri, A. (2020). keanekaragaman spesies kelas gastropoda pada hutan mangrove pantai bama taman nasional baluran. jurnal biosense.

Hutabarat, e. (1986). Kunci identifikasi plankton. jakarta: universitas indonesia jakarta.

Kustanti, A. (2011). Manajemen hutan mangrove. bogor: IPB press Bogor.

Michael, P. (1994). Metode Ekologi untuk Penyelidikan Ladang dan Laboratorium. Jakarta: Universitas Undonesia Press.

Paerman, P. B. (2002). the scale of community structure . habitat varution and avian Guilds in the tropical forest, 19-39.

Russel. (1983). the molusca . new york: syrause University press.

Setiani,D. O. C. (2013). struktur komunitas gastropoda dipantai panimbang, kabupaten padeglang, banten. jakarta: universitas indonesia depok.
Published
2023-06-03
How to Cite
MAGHFIROHF., ARDIYANSYAHF., & AS’ARIH. (2023). KELIMPAHAN RELATIF DAN SIMILARITAS KELAS GASTROPODA WILAYAH ESTUARI MANGROVE KECAMATAN MUNCAR BANYUWANGI. JURNAL BIOSENSE, 6(01), 12-25. https://doi.org/10.36526/biosense.v6i01.2493

Most read articles by the same author(s)